Mahasiswa Program PERMATA Asal UNPAD tiba di UNPATTI

Ambon-UNPATTI: Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si. bersama dengan Pembantu Rektor I Dr. Ir. Muh. R. Uluputty, M.P., Pembantu Rektor IV Prof. Ir. J. W. Mosse, M.Sc, Ph.D, serta kepala Biro AAKPSI Drs. J. Ririhena kemarin (3/09/2015) menyambut kedatangan dua mahasiswa program Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara (PERMATA) Tahun 2015.

Rektor Universitas Pattimura dalam sambutannya kepada Fatkhurrochman dan Luthfi Fauzan Akuan menyampaikan ucapan selamat datang di kota Ambon, terkhususnya di Universitas Pattimura. Selain itu, Rektor Universitas Pattimura juga menyampaikan agar kedua mahasiswa program PERMATA ini dapat memanfaatkan kesempatan selama satu semester di Univeristas Pattimura untuk belajar mengenai budaya dan kehidupan di lingkungan kampus maupun di tengah-tengah masyarakat, dan meminta kedua mahasiswa agar dapat mengambil hal-hal yang positif selama mereka beraktivitas sebagai mahasiswa universitas Pattimura.

“Kehidupan dan budaya mahasiswa di Univeristas Pattimura pasti berbeda dengan kehidupan mahasiswa di Universitas Padjajaran, kami orang Maluku mungkin terlihat kasar dan keras ketika berbicara tetapi sesungguhnya kami memiliki nilai kekeluargaan yang tinggi” ujar Prof. Dr. Thomas Pentury, M.Si.

Menyambung sambutan rektor tersebut, Pembantu Rektor I yang bertanggung jawab pada bidang Akademik di Univeristas Pattimura juga menyampaikan agar para mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini untuk bisa belajar bagaimana menjalani kehidupan dalam lingkungan budaya dan karakter yang beraneka ragam, menurutnya program ini bisa membekali para mahasiswa untuk menjadi pemimpin-pemimpin hebat dimasa yang akan datang.

Kedua mahasiswa yang mengikuti Program PERMATA di Universitas Pattimura yaitu Fatkhurrochman dan Luthfi Fauzan Akuan yang merupakan mahasiswa semester 5 pada program studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Padjajaran. Kedua mahasiswa ini akan menjalani kuliah selama satu semester di program studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Pattimura. Mereka akan didampingi oleh mahasiswa pendamping dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura yang akan memandu dan mengenalkan mereka akan kehidupan di kampus maupun di kota Ambon.

Bagi Fatkhur dan Luthfi, menjadi mahasiswa Universitas Pattimura akan menjadi tantangan dan ketertarikan tersendiri, karena selama kurang lebih 6 bulan mereka akan beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan memiliki teman-teman yang beru pula.

“Kedatangan ke Ambon ini merupakan pengalaman pertama buat kami berdua, awalnya kami tidak memiliki gambaran tentang kota Ambon, terlebih lagi kehidupan perkuliahan di Univeristas Pattimura. Tetapi begitu kami melihat keindahan pulau ambon, sepertinya keindahan seperti ini tidak bisa kami temukan di tempat lain” tutur Fatkhur ketika diberikan kesempatan oleh Rektor Univeristas Pattimura untuk menyampaikan kesan mereka ketika menginjakan kaki di kota Ambon.

[KGVID poster=”https://i.ytimg.com/vi_webp/ZGRPUos8eO8/mqdefault.webp” width=”640″ height=”360″]http://noc.web.unpatti.ac.id/wp-content/uploads/2015/09/testimoniPermata.mp4[/KGVID]

Pembantu Rektor IV Prof Ir. J. W. Mosse, M.Sc. Ph.D selaku ketua Program PERMATA menyampaikan bahwa memang yang menjadi tujuan utama dari program ini adalah agar mahasiswa yang menjadi peserta dalam program PERMATA ini dapat belajar hal baru terkait ragam budaya dan kehidupan kampus tempat mereka ditempatkan, tetapi untuk urusan akademis juga perlu diperhatikan oleh karena hasil studi selama satu semester yang akan mereka tempuh ini akan terekam sebagai hasil studi mahasiswa yang bersangkutan pada universitas asal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *