Pembekalan Mahasiswa KKN Angkatan 42 Gelombang II TA 2015/2016

Rabu, 30 Mar2et 2016, Auditorium UNPATTI., Pembekalan Mahasiswa KKN Angkatan 42 Gel. II Tahun Akademik 2015/2016 dibawah tema “Melalui KKN, Mahasiswa Belajar Bersama Masyarakat Untuk Menata Lingkungan Serta Mensukseskan Ketahanan Pangan di Maluku”, yang diikuti sebanyak 1.558 mahasiswa, hari ini di buka secara resmi oleh Pembantu Rektor Bidang Akademik Dr. Riadh M. Uluputty, MP. Pembekalan berlangsung selama dua hari.

Dr. Riadh M. Uluputty, MP, dalam awal sambutannya menyampaikan bahwa melalui Tema KKN kali ini  mahasiswa di tuntut memberi pencerahan kepada masyarakat bahwa kita harus hidup bersih dengan menata lingkungan sesuai dengan tema yang diusung.

Di bidang Ketahanan P1angan, bahwa ketahanan pangan nasional adalah langkah strategis pemerintah di bidang pertanian nasional untuk menjaga stabilitas pangan dan kesejahteraan masyarakat, Di Maluku keutamaan ketahanan pangan lokal kita; sagu, sayuran, dan umbi-umbian harus menjadi budaya lokal kita, dipelihara dan ditumbuhkembangkan dalam penerapan diseminasi hasil penelitian Dosen dan Mahasiswa.

Akhir sambutannya beliau menyampaikan dengan tegas bahwa mahasiswa harus mengikuti kegiatan pembekalan ini dengan baik dan tuntas agar ketika turun di lokasi dan berada ditengan masyarakat, dapat menjaga nama baik institusi  dan turut memelihara situasi keamanan.

Mendahului sambutan pembukaan itu, Ketua Panpel KKN LPKM UNPATTI Ir. Chris W. Patty, MP dalam laporannya menje3laskan bahwa tujuan Pembekalan KKN agar ada penyeragaman persepsi dan mempersiapkan mahasiswa dalam memberikan kontribusi pemikiran, karsa dan karya yang berkualitas sesuai teori/pengetahuan sesuai disiplin ilmu yang mereka miliki.

Kerjasama yang dibangun dengan Kementerian Pekerjaan Umum terkait KKN Tematik Pemukiman Kumuh, dalam mengimplementasikannya telah dilakukan kaji awal lokasi pemerintahan desa/kelurahan yang akan dilibatkan. Diantaranya desa/kelurahan yang berada di Kawasan Kota Ambon, Kelurahan Benteng, Wainitu, Rijali, Batugajah dan Batumerah. Disamping itu kerjasama dengan Badan Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Maluku akan mensosialisasikan penggunaan obat dan makanan di di beberapa desa-desa yang berada di Kabupaten Maluku Tengah dan Seram Bagian Barat. Keseluruhan kegiatan di lokasi KKN akan berlangsung selama dua bulan terhitung 4 April hingga 4 Juni 2016.

Ketua Panpel KKN, Pak Chris yang ditemui di ruang kerja pengelola KKN usai acara pembukaan pembekalan, menyampaikan bahwa Mahasiswa KKN angkatan ini secara bersama-sama dengan Pemkot Ambon akan mengadakan “JUMPABERLIAN” dalam bentuk pembersihan lingkungan pesisir pantai seputar Poka hingga Tanjung Marthafons, yang akan dilaksanakan pada Jumat 8 April mendatang. Hotumese

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *