983 SARJANA DIWISUDA PADA PERIODE APRIL 2016

Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Dalam Rangka Dies Natalies ke-53 dan Wisuda Universitas Pattimura Periode April 2016 yang di gelar  di Auditorium UNPATTI, Kampus Poka-Ambon, Kamis (21/04), diwisuda sebanyak  983 lulusan. Dari jumlah itu sebanyak 76 lulusan Pascasarjana,  23 lulusan Profesi Dokter, 884 lulusan Sarjana. Secara rinci, sebanyak 884 lulusan Sarjana (S1) terdiri dari: 76 Lulusan Fakultas Hukum, 100 lulusan FISIP, 118 lulusan Fakultas Ekonomi, 395 lulusan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), 66 lulusan Fakultas Pertanian, 48 lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, 7 lulusan Fakultas Teknik, 55 lulusan Fakultas MIPA dan 9 lulusan (S.Ked)  Fakultas Kedokteran.

Lulusan dengan predikat Cumlaude untuk Program Sarjana diraih oleh Dedi Bagong, SE dari program studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dengan IPK 3,95 dan masa studi 3 tahun 7 bulan. Sedangkan untuk program pascasarjana (S-2) diraih oleh Abdul Rachman Tatuhey, lulusan prodi Administrasi Publik, dengan IPK 3,95 dan lama studi 1 tahun 3 bulan.

Rektor UNPATTI, Prof Dr. Marthinus J. Saptenno, SH, M.Hum, dalam pidato sambutannya menyampaikan selamat kepada para wisudawan yang telah berhasil menyelesaikan studinya. “Momentum wisuda merupakan momentum yang sangat bermakna bagi wisudawan. Momonetum ini menandakan berakhirnya tahapan belajar sebagai mahasiswa dan di mulainya tahapan mengamalkan ilmu di dunia kerja dan masyarakat”. “jadikanlah wisuda ini sebagai momentum untuk berusaha dan bekerja lebih keras lagi demi keberhasilan yang akan datang” Himbaunya

Dalam Kerangka Pengembangan jangka panjang sampai tahun 2030, UNPATTI di arahkan menjadi lembaga pendidikan berbasis riset yang unggul dan terdepan dalam pengembangan kemaritiman dan berdaya saing internasional. “Dengan sumber daya manusia yang dimiliki UNPATTI saat ini, dan perencanaan yang cermat dan sistematis serta di dukung oleh komitmen tinggi semua pihak untuk mencapai target pengembangan tersebut, maka cita-cita itu akan tercapai’, optimistis Rektor.

Dikesempatan ini, Rektor mengajak semua Civitas Akedemika menyepakati beberapa hal, pertama, bersama menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang dan Revisi Rencana Strategis Universitas, Kedua,Penyelarasan Rencana Operasional (RENOP) berbasis Lima Pilar; Pendidikan, Penelitian,  Pengabdian pada Masyarakat, Kerjasama dan Tata Kelola, ketiga, Pengimplementasian RENOP mulai TA 2017, keempat, percepatan pencapaian pengembangan UNPATTI yang berbasis lima pilar harus tercermin dalam perencanaan dan pelaksanaan anggaran masing-masing fakultas, lembaga, bagian dan unit.

Dalam upaya menaikkan Angka Partisipasi Kasar Pendidikan Tinggi (APK-PT) dan menjawab kebutuhan pasar kerja sehubungan dengan pembangunan proyek Blok Masela dan pengelolaan SDA lainnya, UNPATTI saat ini sedang berupaya menambah program studi baru jenjang S1 maupun S2, dan bahkan jenjang S3 yang dalam waktu dekat ini Naskah Akademisnya disusun untuk di sampaikan ke Kementerian.

“Saat pelantikannya sebagai Rektor Universitas Pattimura tanggal 24 Februari 2016, Menristekdikti dalam sambutannya mengamanatkan bahwa UNPATTI harus menyiapkan SDM yang berkualitas di bidang teknik, non-teknik dan manajemen untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja guna menjawab tantangan pembangunan proyek perkilangan Gas Blok Masela. Berkenan dengan amanat tersebut, UNPATTI saat ini telah berproses untuk membuka program studi dan fakultas pertambangan dan perminyakan” katanya.

Dalam kesempatan itu, Rektor mengingatkan dan mengajak seluruh wisudawan untuk bersyukur atas semua yang telah dicapai dan mempersembahkannya kembali kepada orang tua, suami, isteri bahkan anak-anak.  “Saya percaya keberhasilan dan keberkahan akan saudara dapatkan jika saudara senantiasa menghargai jasa dan jerih payah keluarga atas keberhasilan saudara”, katanya.

“Kepada para orang tua, kami sampaikan terima kasih atas kepercayaan yang Bapak/Ibu berikan kepada kami untuk mendidik mereka di universitas kebanggaan ini”. Harapan dan doa semoga para wisudawan sukses dalam meniti karir, menutup sambutan Rektor.

Asisten I SETDA Maluku, Drs. Franky Renjaan, M.Pd. MH, membacakan sambutan Gubernur Maluku yang dalam rangka dies natalis UNPATTI ke 53, memaknakan tiga bentuk kehadiran UNPATTI sebagai lembaga pendidikan tinggi di Maluku; Pertama, universitas dibangun sebagai pilar demokrasi Pancasila dan pusat pembinaan nasionalisme kebangsaan. Maka, membangun UNPATTI berarti membangun fondasi dan benteng-benteng nasionalisme, jika di pahami pendirian UNPATTI sebagai sebuah strategis kebudayaan, maka memilih Maluku sebagai bagian dari peradaban Indonesia merupakan pilihan tepat. Kedua, Pendirian UNPATTI adalah juga merupakan bentuk pengakuan republik dan bangsa ini akan eksistensi Maluku sebagai salat satu provinsi yang melahirkan Negara Indonesia. Ketiga, Kehadiran UNPATTI merupakan penegasan di Timur Nusantara ini dan pertumbuhan UNPATTI akan menjadi gambaran nyata dari pertumbuhan Maluku itu sendiri.

Sementara dalam rangka wisuda sarjana pada periode April 2016 ini, Pak Angky (sebutan akrab Assisten 1 SETDA Maluku), menyampaikan bahwa, “Wisuda Sarjana UNPATTI ini mengindikasikan bahwa dinamika pendidikan tinggi di Maluku terus berjalan, bahkan telah menemukan momentum kebangkitannya di tengah-tengah berbagai krisis dan kendala yang mendera dunia pendidikan kita di Maluku”. Ada kebahagiaan yang lebih karena wisuda hari ini merupakan moment di mana untuk pertama kalinya Prof. Nus Saptenno dalam kapasitas sebagai Rektor UNPATTI memimpin Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Dalam Rangka Wisuda periode April 2016. “Itu pertanda, kontinyutas kepemimpinan telah benar-benar berjalan sebagaimana yang kita harapkan bersama”, tandasnya.

“selamat atas segala capaian UNPATTI, kita masih memiliki tanggungjawab bersama untuk menyiapkan Maluku masa depan, yaitu Maluku yang Maju, Maluku yang Berkualitas sebab Maluku memiliki SDM mumpuni dengan daya saing tinggi”, Tuntasnya mengakhiri sambutan Gubernur Maluku.

_MG_7230

 

Penyerahan Alumni oleh Rektor kepada Ikatan Alumni Universitas Pattimura yang diwakili oleh Dr. Romelus Far-far salah satu alumnus UNPATTI yang menduduki jabatan sebagai Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Maluku.

HOTUMESE…!

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *