MABES POLRI – UNPATTI JALIN KERJASAMA

1Senin(25/04) 09.00, di ruang kerjanya, Rektor UNPATTI Prof. Saptenno menerima kunjungan Kombes Pol. Drs. Budi Siswanto, MH, Kabagiat Diklat Biro Jianstra SDM Mabes Polri. Kunjungan awal ini merupakan konsolidasi penandatanganan MoU atas kerjasama yang akan dibangun antar kedua lembaga. Lingkup Kerjasamanya meliputi:
– Pendidikan dan Pelatihan
– Pengkajian, Penelitian dan Pengembangan Kelembagaan
– Penyediaan Tenaga Pengajar dan Tenaga Ahli; dan
– Bidang lain yang disepakati para pihak.
Kerjasama antara UNPATTI dengan pihak Kepolisian (Polda Maluku) sebenarnya sudah sejak lama dibangun dan merupakan kelanjutan atau dapat dikatakan peningkatan kerjasama dengan akan ditandatanganinya MoU dengan pihak Mabes Polri, yang akan merupakan payung hukumnya. Kedua Pihak sepakat menjadwalkan Penandatanganan MoU nanti antara tanggal 16 – 20 Mei 2016.
Dalam kaitan kerjasama dengan pihak Polda Maluku, Rektor mengemukakan bahwa saat ini ada belasan anggota Kepolisian Daerah Maluku yang terdaftar sebagai mahasiswa di Fakultas Hukum UNPATTI dan sementara menempuh pendidikan sarjananya.
Di bidang pengembangan pendidikan tinggi, saat ini Universitas Pattimura telah mendapat penugasan penyelenggaraan PPD (Pendidikan Diluar Domisili) dari Kemristekdikti untuk menyelenggarakan program studi (S1) di Maluku Barat Daya: Ilmu Hukum (Fak. Hukum), Akuntansi (Fak. Ekonomi), PGSD, Pend. Matematika, Pend. Bhs Inggeris (FKIP), dan Peternakan (Faperta). Sementara di 2Kepulauan Aru akan diselenggarakan Program Studi: Ilmu Hukum (Fak. Hukum), Akuntansi (Fak. Ekonomi), PGSD, Pend. Matematika, Pend. Bhs Inggris dan Pend. Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (FKIP), jelas Rektor.
Dengan diselenggarakannya PDD maka terbuka peluang pengembangan SDM bagi masyarakat setempat dan sekitar termasuk bagi anggota kepolisian yang berada di daerah itu.
Esensi utama suatu kerjasama antara kedua belah pihak adalah membangun sinergitas menjalankan kegiatan untuk masyarakat luas. HOTUMESE…!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *