SEMINAR RUU PENYELENGARAAN PEMERINTAH DAERAH WILAYAH KEPULAUAN DALAM BINGKAI NKRI

_dsc9166Ketua DPD RI, Mohamad Saleh dalam arahanya mengatakan bahwa RUU ini telah diperjuangkan beberapa tahun silam, bahkan setahun ini setelah beruba nomenklaturnya menjadi RUU penyelengaraan pemerintah daerah wilayah kepulauan berbasis NKRI sudah masuk dalam program legislasi nasional (PROLEGNAS) tahun 2017, beliau mengaskan bahwa DPD RI siap menjadi motor teredepan dalam memperjuangkan RUU tersebut. Di Indonesia terdapat tujuh provinsi yang memiliki karakter kepulauan ditanah air yakni Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Bangka Belitung dan Kepulauan Riau.

Sementara itu, ketua Komite DPD RI Akhmand Muquan menambahkan bahwa lebih dari 50 RUU yang telah dimaksukan dalam prolegnas untuk dibahas tahun ini salah satunya yang diperjuangkan yakni RUU tentang penyelenggaraan pemerintah diwilaya kepulauan berbasis NKRI selanjutnya beliau mengatakan saat ini pandangan dalam penyelenggaraan pemerintah masih berdasarkan pada negara, argraris oleh karena itu untuk dapat mengkomodir kebutuhan pembangunan didaerah wilayah kepulauan membutuhkan solusi berupa regulasi atau undang-undang yang mengatur tentang penyelenggaraan pemerintah di wilayah kepuluan tersebut.

Kegiatan ini dihadiri oleh wakil ketua DPR RI Farouk Muhamad, Senator- Senator DPD RI dari Provinsi- Provinsi Kepulauan.

_dsc9139Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH.,M.Hum mengatakan perjuangan panjang ini membutuhkan kajian-kajian secara akademis, kalau tidak kepentingan politik yang ada itu akan membatasi ruang gerak dari wilayah-wilayah yang mungkin di anggap kurang cocok kalau provinsi kepulauan itu akan melahirkan negara di dalam negara dan ini pandangan yang sangat keliru dan besok kalau tidak ada halangan saya akan menyampaikan secara langsung kepada Presiden Jokowi Widodo, tinggal kuncinya ada di DPD RI supaya lembaga ini sinergis dan mempunyai Visi yang sama.

 

Mentri juga memberi masukan yakni Menko Bidang Kemaritiman RI serta Menteri Perhubungan RI yang juga memberikan presentasi mengenai pembangunan Tol Laut. (Humas)_dsc9164

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *