PEMBEKALAN MAHASISWA KKN ANGKATAN XLIII GELOMBANG II TA 2016/2017

1(20/03/2017), bertempat di Auditorium Kampus UNPATTI, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. F. Rieuwpassa, MS, meresmikan pembekalan mahasiswa KKN Angkatan 43 Gelombang II Tahun Akademik 2016/2017. Pembekalan Mahasiswa ini mengusung tema “ Peningkatan Kualitas SDM yang Inovatif dalam rangka Pengembangan Ekonomi Kreatif”.
Ketua Panitia Pelaksana Dr. Ir. Tirza Kakisina, MT dalam laporannya melaporkan bahwa Dasar Pelaksanaan Kegiatan Pembekalan dan Pelaksanaan KKN ini berdasar pada Surat Keputusan Rektor Universitas Pattimura Nomor 226/UN13/SK/2017 yang bertujuan2 memberikan bekal berupa pengetahuan dan ketrampilan kepada mahasiswa sehingga mereka mampu berkontribusi positif bagi pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sekitar tempat dilaksanakannya KKN yang dibagi keberbagai Kota/Kabupaten; Kota Ambon, Maluku Tengah, SBB, MTB dan Kep. Aru.
Kegiatan pembekalan berlangsung selama dua hari pada 20-21 Maret2017, jumlah Mahasiswa yang mengikuti pembekalan ini 1.524 mahasiswa; FKIP 177, Fakultas Hukum 215, Fakultas Pertanian 157, Fakultas Perikanan 177, Fakultas MIPA 112, FISIP 283, Fekon dan Bisnis 275, Fak. Teknik 95, dan FK 33 mahasiswa.

3Beberapa narasumber diturunkan untuk membekali para mahasiswa KKN tersebut, diantaranya; Kol. Mokoginta Sihotang, Staf Ahli Pangdam XVI Pattimura bidang 4Ideologi yang membawakan materi berjudul ‘Emas, Biru dan Emas Hijau’., Dr. Jusuf Madubun, M.Si, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni dengan materi ‘Problem Solving’, Kemudian Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, Prof. Dr. Dominggus Male, M.Sc dengan materi ‘Pengembangan Sistem Informasi database Desa’. Setelah ishoma, pematerian terakhir pada hari pertama dengan narasumber Ibu B.M Sri Mulyaningsi, S.Sos., dengan judul materi ‘Peranan Perpustakaan Bagi Pembangunan Desa Menghadapi Perubahan Global’.

Selasa besok (21/03/2017) Kegiatan Pembekalan Mahasiswa KKN hari kedua akan digelar mulai pkl. 08.30 WIT, dengan materi ‘Pembentukan Karakter’ oleh Kolonel D. Pardede, S.IP., SH., MH., (perwakilan BIN Maluku), kemudian Kepala/Perwakilan dari BPTP BALITBANGTAN Maluku dengan materi ‘Model Pengelolaan Tanaman Terpadu pada Tanaman Sayuran’ dan diakhiri dengan materi ‘Program Penanggulangan Kemiskinan Berbasis Kawasan Perdesaan’ oleh Dr. Maryam Sangadji, SE., ME. Acara Penutupan Kegiatan Pembekalan akan dilaksanakan sebelum ishoma. (HOTUMESE)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *