UNPATTI – HALUT JALIN KERJASAMA

1Tobelo-Halmahera Utara (Halut). Kemitraan dan kerjasama dibidang Tridharma Perguruan Tinggi terus digagas oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. M. J. Saptenno. Hal itu ditandai dengan ditandatanganinya Naskah Kesepahaman dengan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara tentang Penyelenggaraan Tri Dharma Perguruan Tinggi, Pemerintahan, Hukum, dan Program Sosial Kemasyarakatan.

Disaksikan oleh Wakil Bupati dan Sekretaris Daerah serta jajaran Pimpinan Satuan Kerja Pemerintahan Daerah (SKPD), Pejabat Struktural Pemkab. Halut., Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan UNPATTI Dr. Jantje Tjiptabudi, Staf Ahli Rektor Prof. Oszaer dan Kasubbag Humas UNPATTI Marlon Soplantila, SH., Naskah Kesepahaman ditandatangani  oleh Rektor dan Bupati Halmahera Utara Ir. Frans Manery.

Mengawali sambutannya, Ir. Frans Manery menegaskan kerjasama ini bukan kali pertama dilakukan dengan UNPATTI, sudah pernah dijalin kerjasama serupa akan tetapi masih terbatas untuk proses pembelajaran Magister Ilmu Hukum bagi staf Pemkab dalam kerangka pengembangan SDM. Peningkatan di berbagai bidang kerjasama yang dilakukan saat ini dipastikan akan membawa dampak yang besar bagi peningkatan SDM dan pengelolaan SDA Pemerintah Kabupaten Halut.

Sejalan dengan harapan Bupati atas kerjasama yang dilakukan, Rektor mengatakan “dengan kerjasama ini nantinya segala hasil penelitian ataupun2 kajian yang dilakukan harus ditindaklanjuti jangan disimpan sebagai dokumen saja, melainkan hasil-hasil tersebut harus diikuti dengan kegiatan yang bersifat produktif”, ujar Rektor. Sesuai isi pasal dalam Naskah Kesepahaman tersebut bahwa tindaklanjut naskah tersebut dalam kurun 6 (enam) bulan ke depan sudah harus diimplementasikan dalam bentuk Perjanjian Kerja Sama.

Pada malam harinya bertempat di rumah dinas Bupati, digelar temu alumni yang melibatkan 100 orang lebih alumni UNPATTI dari berbagai fakultas. Antusias kehadiran mereka yang digagas oleh Ir. A. Tumewu, M.Sc (Kabanlitbang) dan S. Koloba, SH, MH (Kabagumkeu ) merupakan reperesentasi dari kebanggaan akan almamater UNPATTI sebagai Bunda Asuh yang sudah membesarkan mereka, semua mereka larut dalam suasana kebersamaan dan kegembiraan.

3Menurut Bupati Pemkab Halut yang juga alumni UNPATTI, ada 100an alumni UNPATTI yang meniti karir di birokrasi pemerintahan pada Pemkab Halut saat ini, dan 200an lebih alumni yang bergerak di sektor swasta dan yang menjadi politisi. Hubungan emosional juga merupakan satu faktor terciptanya kerjasama ini.

 

 

 

 

4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *