sbmptn 2018

FGD Sosialisasi Promosi SBMPTN 2018

sbmptn 2018Jakarta, Kamis (29/3/2018), Focus Group Discussion (FGD) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi (SBMPTN) 2018 yang dihelat di Grand Mercure Hotel, Harmoni Jakarta, membahas Sosialisasi dan Promosi, Distribusi Dokumen, Pengelolaan Ujian Tulis, Ujian Ketrampilan dan Penjaminan Mutu SBMPTN 2018. Sosialisasi dan promosi dilakukan secara merata dengan berbagai bentuk, misalnya melalui siaran RRI, TVRI lokal, media sosial, media cetak dan media elektronik lainnya yang dapat dijangkau di daerah 3T (Terdepan, Terluar. Tertinggal).

Dari FGD SBMPTN 2018 ini beberapa hal pokok dibahas; penyamaan persepsi, mekanisme dan teknis pelaksanaannya, dan hal perubahan mendasar dari tahun sebelumnya, namun difokuskan lebih terintegrasi dan terkoordinasi untuk mendapat hasil yang lebih optimal, misalnya kuota penerimaan mahasiswa jangan sampai berkurang dari tahun lalu, pendaftaran secara online UTBK (khusus) yang dibuka setelah pengumuman hasil SNMPTN. Dalam mekanisme rekruitan dan kompetensi calon mahasiswa baru jalur penerimaan SBMPTN melalui dua ujian tulis, yaitu: Ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBK) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) yang dilakukan pada 83 PTN saja. Beberapa hal yang difokuskan sebagaimana yang disampaikan para dalam FGD itu.

Hal pokok yang mendapat perhatian untuk disosialisasi dan di promosikan terkait pendaftaran yang dilakukan secara online melalui laman resmi http://pendaftaran.sbmptn.ac.id yang resmi di buka tanggal 5-27 April dan pelaksanaan dua jenis ujian tertulis dan ketrampilan, UTBC (ujian Tulis Berbasis Cetak (UTBC) dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) serentak pada tanggal 8 Mei 2018 Pukul 07.00 WIB (atau 09.00 WIT) sedangkan Ujian Ketrampilan bagi prodi tertentu dilaksanakan pada tanggal 9 Mei dan/atau 11 Mei 2018. Pengumuman hasil seleksi tanggal 3 Juli 2018. Informasi dapat diakses melalui laman resmi http://sbmptn.ac.id, dan http://halo.sbmptn.ac.id. Call Center 0804-1-456-456.

Pada FGD kali ini, beberapa prediksi kendala pelaksanaan SBMPTN 2018 dicari solusinya secara bersama pada sesi saran masukan dari beberapa unsur peserta yang hadir dari hampir seluruh PTN yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Humas Panlok. Perwakilan Panlok 93 Ambon yang hadir Prof. Frederick Rieuwpassa, N.A Titioka, dan Marlon Soplantila. HOTUMESE

sbmptn 2018

2 comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *