Dies 55 Logo

Sumber Daya Laut Berkelanjutan

UNPATTI-Ambon, Jumat (23/3/2018), Dies Natalies UNPATTI ke 55 Tahun 2018 yang mengusung tema “Pengembangan Sumberdaya Manusia Berbasis Kepulauan”, dipakai sebagai momentum keterlibatan segenap civitas akademika UNPATTI untuk merubah mindset masyarakat untuk mengelola secara arif dan bijak potensi kemaritiman dan perikanan di Maluku.
Rektor UNPATTI, Prof. M. J Saptenno harapkan masyarakat tidak menjadikan SDA yang dimiliki sebagai sesuatu yang sifatnya sub-sistem, artinya potensi Sumberdaya Laut dan Pertanian yang ada dan dimiliki tersebut hanya dikelola dan diambil hanya sekedar makan saja, tapi bagaimana mendidik masyarakat agar mengelola potensi yang ada menjadi perekonomian yang berkelanjutan.

RectorUNPATTI melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan memanfaatkan bagian teluk dalam Pulau Ambon untuk mengelola keramba apung selain membudidayakan ikan sebagai bagian penelitan tapi juga mengelola hasil budidaya itu sebagai potensi ekonomi yang berkelanjutan.
Pusat Kemaritiman UNPATTI yang selain penelitian dan kajian-kajian akademiknya terkait kemaritiman, dibidang pengabdian masyarakatpun melakukan diseminasikan hasil penelitian dan kajian terkait Kemaritiman dan tata kelola perikanan dan kelautan Maluku yang kaya ragam agar bermanfaat guna secara berkesinambungan bagi masyarakat maupun dunia akademis.

Untuk menjaga Sustainable Marine Resources, terkait tercemarnya lingkungan pesisir di bagian Teluk Dalam Ambon, Rektor sampaikan bahwa penataan lingkungan pesisir juga merupakan tanggungjawab UNPATTI saja namun semua stakeholders, pemerintah, LSM dan pemerhati lingkungan serta masyarakat pesisir harus bekerjasama dan secara terus menerus mensosialisasikan dan mengajak masyarakat yang bermukim disekitar pesisir teluk dalam dan masyarakat yang bermukim di daerah pinggiran sungai atau kali untuk ‘Sadar Bahaya Pencemaran’, baik sampah plastik dan limbah racun lainnya terhadap lingkungan laut perusak karang (yang sangat lambat pertumbuhannya) dan juga biota lainnya merupakan kewajiban yang harus dijaga, dirawat agar lestari dan dan kelak dapat menghasilkan potensi kemaritiman dan perikanan yang dapat dikelola untuk peningkatan dan pendapatan ekonomi yang berkelanjutan.
Mari jaga lingkungan laut kita untuk anak cucu dan masa depan Maluku…. HOTUMESE!

do not litter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *