Prodi Transportasi

Menhub Siap Dukung Pembukaan Prodi baru Teknik Transportasi Kelautan di UNPATTI

Ambon, Humas UNPATTI, Senin (13/8/2018). Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi disela waktu sebelum acara FGD Manajemen Komunikasi Pemerintah di Era Digital dimulai, bertemu dalam pertemuan terbatas dengan Pimpinan Unpatti di ruang Meeting Hotel HS Ambon dan sampaikan pentingnya mengelola potensi kelautan Maluku yang luar biasa untuk dikembangkan. Hal yang akan dikembangkan Kementerian Perhubungan adalah pendidikan dan intensifikasi.

Untuk itu terkait pendidikan dan pengembangan SDM, Menhub mendukung pendirian satu program studi baru yakni Prodi Teknik Transportasi Kelautan pada fakultas Teknik UNPATTI. Hal ini dikatakan Menhub sangat penting untuk bagaimana mendukung program Tol Laut dengan mengatasi disparitas pengangkutan barang/hasil bumi dan perikanan Maluku. Di bidang intensifikasi, pemberdayaan masyarakat pengelola perikanan perlu juga dilakukan kajian dan semiloka oleh UNPATTI.

Kepastian dan dukungan yang diberikan oleh Menhub bagi pendirian prodi Teknik Transportasi Kelautan di UNPATTI juga mendapat respon baik saat Menhub melalui sambungan telepon menghubungi Menristekdikti. dikatakan oleh Menhub bahwa Menristekdikti menyambut baik keinginan Menhub untuk pendirian prodi baru tersebut. Selanjutnya Menhub harapkan UNPATTI segera mengajukan proposal dan berproses mempersiapkan kebutuhan dokumen dan kelengkapan lainnya bagi pendirian prodi baru, disamping itu membuat program kajian dan semiloka terkait transportasi kelautan dan program pemberdayaan masyarakat. Dana bagi pendirian prodi dan dukungan program terkait lainnya difasilitasi kemenhub.

Prodi Transporasi

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Fredrik Rieuwpassa berterimakasih dan mengapresiasi keinginan Menhub yang memperhatikan pembangunan SDM melalui pendidikan tinggi dengan pendirian prodi baru yang sangat dibutuhkan bagi pengembangan suatu fakultas dan jurusan. Dicontohkannya untuk pendirian prodi baru, penyiapan kelengkapan dokumen hingga izin pendirian jurusan Teknik Geologi, Geofisika dan Teknik Perminyakan skema blok Masela tidak memakan waktu lama karena adanya data/dokumen yang lengkap sesuai persyaratan serta dukungan dan kolaborasi dengan ITB.

Diyakinkan olehnya bahwa di tahun akademik 2019 Prodi baru tersebut sudah menerima mahasiswa baru. Prof. Marcus Tukan, guru besar pada fak Teknik Unpatti bidang Transportasi juga utarakan bahwa dari sisi tenaga pendidik terkait bidang teknik transportasi sudah ada dan cukup, kurikulumnya juga sudah dipersiapkan terlebih lagi dimungkinkannya dengan kerjasama Segitiga Biru (kerjasama beberapa perguruan tinggi dengan minat yang sama) dimana ITS merupakan salah satu anggotanya yang akan dirujuk untuk berkolaborasi terkait pendirian prodi ini.

WR Bidang Kerjasama dan Perencanaan DR. Muspida dikesempatan yang sama sampaikan bahwa kerjasama dengan Kemenhub telah berlangsung selama dua tahun dan implementasi kerjasama telah dilakukan dan sampaikan terimakasih atas hibah bantuan kendaraan dari Kemenhub, dan akan membantu persiapan tim pendirian prodi baru agar secepatnya merespon peluang baik ini.
Ikut hadir dalam pertemuan itu Dirjen Perhubungan Laut, jajaran Dinas Perhubungan Pemda Maluku, dan Humas UNPATTI….
Pengembangan Akademik terus dipacu… prodi baru pun lahir… maju terus UNPATTI.. HOTUMESE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *