Batu Pertama

Peletakan Batu Pertama Gedung Gereja Kampus

Kampus Unpatti-Ambon, Selasa(9/10/2018). “Tidak hanya melalui pembelajaran akademik namun sentra pembinaan rohani, mental dan spiritual mahasiswa, dosen dan pegawai juga diperlukan” ujar Ketua Pembangunan Gedung Gereja Kampus Dr. Jusuf Madubun, Msi, yang juga adalah Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, ketika menyampaikan laporan pada acara Peletakan Batu Pertama Gedung Gereja Kampus UNPATTI yang berlokasi di samping GOR Unpatti.

Melalui SK Rektor nomor 551 Tahun 2017 tertanggal 23 Mei 2017 tentang Pembentukan Panitia Pembangunan Gedung Gereja Kampus Universitas Pattimura, dalam pelaksanaannya beberapa kendala dialami diantaranya penentuan lokasi pembangunan gedung gereja ini yang sejak tahun lalu diupayakan lokasi yang pas dan representatif. Hal ini menjadi proses yang dikaji dan digumuli hampir setahun lebih dan akhirnya awal Oktober 2018 Rektor menetapkan lokasi ini sebagai tempat pembangunannya, ulas Madubun menceritakan kronologis pembentukan Panitia hingga penetapan lokasi pembangunannya.

Batu Pertama
Lebih jauh Madubun jelaskan bahwa Gedung yang akan dibangun mempunyai Luasan bangunan 40×20 M2 yang akan diperkirakan menghabiskan dana sekira 3-4 milyar dengan target pengerjaan selama 2-3 tahun, tentunya diperlukan dana untuk pembangunan gedung gereja ini yang berupa donasi dari berbagai sumber maupun bantuan pemerintah dan sumbangan lain yang tidak mengikat.

Pemprov Maluku berikan bantuan Rp. 200 juta dan Dirjen Bimas Kristen Kemenag Agama berjanji akan memperjuangkan sejumlah dana untuk dihibahkan bagi pembangunannya dalam anggaran Kemenag TA 2019. Saat ini tanpa di lelang, tercatat 10 donasi berupa tiang kolom penyangga yang hingga saat ini telah di donasi 10 sehingga saat ini nilai sumbangan berjumlah Rp. 240 juta. Diakhir laporannya Madubun himbau para donatur untuk silahkan menyumbang melalui panitia yang dibentuk.
“Biasanya dalam kegiatan ini banyak yang takut hadir sewaktu di undang karena biasanya diadakan lelang namun, kali ini tidak diadakan lelang, tapi hanya dengan ketulusan dan tergerak hati untuk menyumbang jika pembangunan ini dianggap penting dan tentunya dengan sukarela”, ujar Rektor dalam sambutannya.

“Mohon kita doakan bersama mulai dari hari ini Selasa tanggal 9 Oktober 2018 agar pembangunan gedung gereja Kampus Universitas Pattimura dapat cepat terselesaikan dan dimulai nantinya dengan peletakan batu alas pembangunannya” harap Rektor di akhir sambutannya.

Acara dilanjutkan dengan peletakan Batu Pertama Pembangunan berturut-turut oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Poka Pdt. Jerry Siahay, Rektor Prof. Saptenno, dilanjutkan Kabiro Kesra Setda Maluku, Ibu M. Tupamahu mewakili Walikota Ambon, yang Mewakili Komandan Denzipur-5 , WR II dan WR IV Unpatti lainnya yang kemudian di tuntaskan oleh Ketua Panitia Pembangunan Gedung Gereja Kampus UNPATTI Dr. J. Madubun.

Turut hadir, perwakilan Umat Hindu, Perwakilan Mitra kerjasama, Perwakilan Pemerintah Negeri Rumahtiga Para Dekan, Wadek, Wadir Pasca, Pejabat Struktural Unpatti dan Undangan lainnya.
Ora et Labora … HOTUMESE

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *