Lomba Seni Mahasiswa

Rektor Lepas Peserta PEKSIMINAS XIV dan Peserta Lomba Canta al mar-Festival Coral Internacional

Kampus UNPATTI, Kamis (11/10/2018) Rektor Unpatti Prof. M.J. Saptenno, melepas kontingen ke Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XIV tahun 2018 dengan kekuatan peserta 19 mahasiswa yang akan mengikuti 10 dari 15 tangkai lomba yang di lombakan di berbagai venue dan kampus di Jogyakarta pada 15 – 20 Oktober 2018.

Lomba Seni Mahasiswa
Screenshot

Peksiminas XIV Tahun 2018 yang merupakan even 2 tahunan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdiktidalam hal ini oleh Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) yang beranggotakan BPSMI di 34 Provinsi. Peksiminas XIV 2018 bertemakan “Merajut Budaya Nusantara”. Peksiminas bertujuan meningkatkan kualitas dan kemampuan praktis mahasiswa dalam menumbuhkan apresiasi terhadap seni, baik seni suara, pertunjukan, sastra dan seni rupa.

Dikesempatan yang sama juga di lepas PS Hotumese UNPATTI untuk mengikuti lomba inter culture yaitu “ the 7-th Canta al mar-Festival Coral Internacional” di Barcelona, Spanyol pada 26-27 Oktober 2018 yang diikuti 64 peserta yang merupakan perwakilan dari 43 negara peserta.

Saat diminta keterangan sebelum acara dimulai, Vecky Ruhunlela Wadek III FISIP selaku salah satu official PS Hotumese untuk lomba inter culture tersebut jelaskan “Anggota PS Hotumese yang mengikuti lomba ini dari berbagai level angkatan, fakultas dan jurusan dengan kekuatan Tim sebanyak 62 orang termasuk official dan 3 pelatih”. Lebih lanjut Ruhunlela katakan, “Kami memilih kategori Lomba Mix dan Pop yang masing-masing akan membawakan 3 lagu dan menargetkan membawa pulang medali sebagaimana kami mengikuti lomba yang hampir serupa di Kolombo tahun lalu yang sukses mendulang 3 emas”.

Di sela acara Ketua Kontingen Peksiminas XIV Unpatti, Ir. Latuhorte Wattimura, MT, menargetkan beberapa lomba yang akan menuai medali yakni pop, seriosa, monolog, baca puisi, desain poster, keroncong, dan fotografi.

Terkait Status kepesertaan lomba, Latuhorte katakan bahwa “ telah selesai diurus KTM setiap peserta, namun yang penting adalah semua peserta telah terdaftar di PDPT dan PD Dikti sebagai salah satu syarat bahwa mereka adalah mahasiswa aktif”.

Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Jusuf Madubun yang juga adalah Ketua BPSMI Maluku dalam penjelasan dan arahannya sampaikan bahwa Kontingen BPSMI Maluku yang mengikuti Peksiminas kali ini keseluruhan pesertanya adalah mahasiswa UNPATTI berjumlah 19 mahasiswa ditambah 12 orang Official dan tenaga teknis dan para Wadek III dengan biaya sendiri dari dekanat fakultasnya, keterlibatan Wadek III untuk memotivasi dan mendukung peserta, sementara official dan tenaga teknis dibutuhkan untuk mengatur dan memobilisasi peserta ke tempat lomba/venue yang tersebar di beberapa lokasi dan kampus di Jogya.

Lebih lanjut Madubun jelaskan dari 15 tangkai lomba ditambah 1 tangkai lomba eksibisi (lomba musik rebana), BPSMI Maluku mengikuti 10 tangkai Lomba dengan 19 Peserta dengan memilih tangkai lomba yang ditarget dapat memperoleh medali.

Bagi PS Hotumese, Madubun harapkan hasil yang maksimal bagi PS Hotumese untuk mengulang sukses di Kolombo tahun lalu. “Ukir prestasi dengan modal suara sebagaimana Maluku dikenal dengan gudangnya penyanyi”, motivasi Madubun di akhir arahannya Rektor Prof. Saptenno dalam arahannya saat akan melepas kedua kontingen sampaikan bahwa mahasiswa merupakan aset suatu universitas, tanpa mahasiswa takkan ada suatu universitas.

Dengan kegiatan bidang kemahasiswaan yang diikuti baik di tingkat nasional maupun internasional, juga turut mendongkrak peringkat kemenristekdikti PTN dari 151 ke 103 sekaligus berharap tahun depan proses pendokumentasian dan data kegiatan yang harus lebih baik dan cermat lagi termasuk lomba karya ilmiah, debat dan lainnya.

Rektor memotivasi dengan prinsipnya yakni Bekerja dan berdoa, hal itu penting walaupun kita memiliki talenta, namun doa merupakan landasan dasar untuk melaksanakan segala sesuatu terkait aktivitas kita semua. “Kita kecil tapi kecil yang bermakna, “small is beatiful” kita tunjukan bahwa kita punya talenta untuk itu”. “Jaga Kesehatan dan kondisi agar penampilan tetap prima dan persiapkan diri untuk even yang lebih tinggi”. Pesan Rektor diakhir arahannya.

Rektor tak menjanjikan bonus jika menang nanti namun nanti lihat saja jika ada kebijakan untuk itu.
Hadir dalam acara pelepasan, WR Bidang Akademik, Para Wadek III, Kabag, Kasubbag, Pembina, Rohaniwan dan undangan lainnya. Acara ditutup dengan penyerahan bendera kontingen kepada kedua Ketua Kontingen Lomba dan diakhiri dengan doa oleh rohaniwan Islam Uztad Arman Anwar dan Kristen oleh Ketua Majelis Jemaat GPM Rumahtiga.

Bekerja dan Berdoa… Selamat berjuang Patimura Muda,Raih Prestasi dan Berikan Yang Terbaik…. HOTUMESE.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *