UNPATTI melakukan seleksi debat Bahasa Inggris 2019 (EDC UNPATTI’S MEMBER SELECTION 2019)

Unpatti-, senin (4/3). Universitas Pattimura kembali melakukan seleksi debat Bahasa Inggris  guna mendapatkan member English Debate Competition (EDC).  Acara ini ditujukan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam menyampaikan pendapat atau argumen, meningkatkan cara berpikir kritis dan analitis, juga meningkatkan kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris.

EDC merupakan kegiatan ekstra kurikuler mahasiswa yang berdiri sejak tahun 2011, memiliki anggota yang tergabung dari semua fakultas di Universitas Pattimura dan memiliki keanggotaan aktif hampir 50 orang yang berlatih setiap minggunya.

EDC merupakan wadah untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Asing yang bertujuan untuk memberikan ruang bagi mahasiswa, mengembangkan kemampuan menganalisa dan berpikir kritis dengan tetap memperhatikan etika dan profesionalitas. Kegiatan ini sebagai seleksi untuk memilih mahasiswa yang akan diikutsertakan ke acara National University Debate Championship (NUDC) atau Lomba Debat Universitas Tingkat Nasional.

EDC Unpatti  sendiri sudah pernah menjuarai beberapa  NUDC dan juga  menimang medali untuk best speaker dan best presenter. senior – senior EDC bahkan telah lulus sertifikasi Adjudikator (juri debat).

Indonesia perlu terus menjadikan debat sebagai bagian kajian akademik dalam bentuk apapun. Kegiatan debat telah lama menjadi kebutuhan dunia akademik mahasiswa. Tuntutan kompetensi penguasaan pengetahuan dan wawasan global menjadi salah satu alasan mengapa debat menjadi bagian akademik mahasiswa. Kegiatan debat menuntut mahasiswa tidak hanya mampu meningkatkan ide dalam bahasa inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan public, ujar Helena M Rijoly, S.Pd. MA ELT, Pembina EDC Unpatti.

Helena juga menambahkan, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan  negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala Internasional, maka tepat jika  institusi pendidikan di Indonesia melaksanakan lomba debat antar mahasiswa.

Kegiatan EDC yang berlangsung di Ruang Rapat Senat Rektorat Lt. IV diikuti oleh 25 peserta dan menghadirkan 5 orang juri yaikni Helena M Rijoly, S.Pd., MA ELT (Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FKIP Unpatti ), Aufasari Bandjar (Pembina EDC dan juga Dosen FISIP Unpatti), Joel Samallo (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpatti), Winny Apituley (Mahasiswa MIPA Unpatti) dan Henry Latuheru (Alumni FKIP Unpatti).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *