SEMINAR PARTISIPASI DAN KOMITMEN PEMUDA MALUKU DALAM MENJAGA PERDAMAIAN JELANG PEMILU 2019

Unpatti,- Yayasan Sagu Salempeng mengadakan seminar dengan tema Partisipasi dan Komitmen Pemuda Maluku Dalam Menjaga Perdamaian Jelang Pemilu 2019, (11/4), di Aula Gedung Rektorat Universitas Pattimura.

Diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, pimpinan Yayasan Sagu salempeng Pdt. Jeny Elna Mahupale, S.Si, MA mengatakan “kita harus optimis bahwa anak-anak mudalah yang mampu membawa perubahan sebagaimana yang dipesankan oleh Bung Karno”.

Ia berharap, dengan berbagai isu yang ada, anak muda di Maluku, lebih khususnya di kota Ambon, mampu memberikan yang terbaik untuk perubahan. “Bagi Yayasan Sagu Salempeng, titik penting untuk bergerak dalam perdamaian adalah anak muda”, ujarnya.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Fredrik Rieuwpassa, MS dalam sambutannya mengatakan seminar yang diadakan pada hari ini oleh Yayasan Sagu Salempeng sangat bermanfaat bagi pemuda-pemudi Provinsi Maluku. Harapan beliau, hasil dari seminar ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan tiap pemuda dari hari ke hari dan Pemuda mampu menjaga perdamaian jelang pemilu.

Acara dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dari Yayasan Sagu Salempeng kepada Universitas Pattimura dan selanjutnya seminar di buka oleh wakil dari MPH Sinode GPM Pdt. Dr. Nick Sedubun dengan pemukulan Tifa.

Polda Maluku, melalui Komisaris Besar Polda, A. Wantri Yulianto. SH., menjelaskan jelang pemilu, polisi sudah menyiapkan keamanan yang akan ditugaskan diberbagai pelosok dan Kota Ambon secara khusus. “Pada tahun ini ada peningkatan pastinya untuk keamanan pemilu, namun jumlah personil yang akan ditugaskan pada lokasi belum bisa dipastikan”, ungkapnya.

Menghadirkan salah satu Akademisi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon, Dr. Abdul Manaf Tubaka M.Si., sebagai pembicara. Tubuka menjelaskan bahwa tingkat partisipasi pemuda dalam mengawal pemilih 2019 ini meningkat.

“Kali ini ada peningkatan tentunya, karena pihak KPU sudah banyak melakukan sosialisasi kepada masyarakat melalui relawan – relawan”, kata Tubaka.

Selain perwakilan Polda Maluku dan Akademisi, narasumber lain yang dihadirkan adalah Pdt. Dr. Jhon Chr. Ruhulessin, M.Si.

Pdt. Dr. Jhon Chr. Ruhulesin, M.Si., saat menyampaikan materinya, ia mengajak seluruh masyarakat untuk menjaga keharmonisan dan keagamaan pada pemilu nanti. Dengan menawarkan lima poin perdamaian, Ruhuleesin menekankan bahwa pentingnya anak muda dalam mengawal pemilu damai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *