Wisuda Dan Dies Natalis Ke-56, Rektor Lepas 1.462 Wisudawan

Unpatti,- Rapat Senat Terbuka Luar Biasa dalam rangka Dies Natalis ke-56 dan Wisuda sebanyak 1.462 lulusan terdiri dari 1.254 lulusan Sarjana, 8 lulusan Profesi Dokter, 39 lulusan Guru Profesional dan 161 lulusan Magister Periode April 2019 yang bertempat diruang Auditorium Universitas Pattimura, Kampus Poka-Ambon. Rapat Senat Terbuka dipimpin dan dibuka secara resmi oleh Ketua Senat Universitas Pattimura Prof. Dr. S. E. M. Nirahua, SH, M.Hum. Selasa (23/4).

Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH, M.Hum dalam sambutannya merincikan, di periode  April 2019 ini, sarjana Strata Satu (S1) yang diluluskan berjumlah 1.301, sementara Strata Dua (S2) sebanyak 161 orang. Diakuinya, lulusan dengan Predikat “Pujian” atau Cumlaude pada priode ini sebanyak 73  orang dengan rincian, Fakultas Hukum sebanyak 32 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 4 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 4 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 8 orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 18 orang serta Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebanyak 5 orang. Saya juga mengucapkan selamat untuk 10 Doktor yang diperoleh tahun ini, terdiri dari Fakultas KIP sebanyak 4 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 2 orang, Fakultas MIPA sebanyak 2 orang dan Fakultas Teknik sebanyak 2 orang. Rektor berharap, lulusan sarjana harus inovatif, kreatif dan mampu menciptakan lapangan kerja baru sehingga menjadi orang yang mandiri dan bebas, tidak bergantung dan hanya berorentasi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) semata, melainkan lebih berorentasi menjadi wiraswasta, terlebih karena potensi sumber daya alam di Maluku cukup berlimpah.

“Semakin banyak Wisudawan yang kita hasilkan baik di Unpatti maupun Universitas lainnya, maka orentasi mereka bukan lagi menjadi Pegawai Negeri semata, melainkan lebih banyak berpotensi untuk menjadi Wiraswasta. Ini yang paling penting, karena potensi sumber daya alam di Maluku sangat banyak tapi orentasi yang lulus sarjana hanya mau menjadi PNS”, ujar Saptenno.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Senat Unpatti Prof.Dr.S.E.M.Nirahua,SH,M.Hum dalam sambutannya, berharap perjalanan panjang dan peran Unpatti sejak tahun 1956 ditambah dengan Visi strategis Unpatti, lebih memantapkan langkah kita bahwa keberadaan komunitas akademik Unpatti semakin relevan dan menjadi salah satu kekuatan akademik yang terpercaya.

Diakhir sambutannya, atas nama senat Universitas menyampaikan Selamat merayakan Dies Natalis ke-56 Universitas Pattimura, dan juga menyampaikan selamat kepada Wisudawan dan keluarga. Tetapi ingatlah seperti yang dikatakan Claude T Bissel “Ambillah resiko yang lebih besar dari apa yang di pikirkan orang lain aman. Berilah perhatian lebih dari apa yang orang lain pikir bijak. Bermimpilah lebih dari apa yang orang lain pikir masuk akal” Pungkasnya.

Plh Gubernur Maluku, Ronny S. W. Tairas dalam sambutannya menyampaikan selamat merayakan Hari Paskah bagi saudara-saudaraku Umat Nasrani di Maluku, dan selamatn merayakan Hari Kartini bagi kita semua sebangsa dan  setanah air. Momentum hari Kartini tahun ini adalah suatu sukacita bagi Civitas Akademika Universitas Pattimura yang melaksanakan Dies Natalis ke-56 dan pelaksanaan Wisuda Sarjana dan Magister.

Kematangan pengelolaan Universitas Pattimura di usia ke-56 semakin maju, apalagi pengelolaan Perguruan Tinggi di Indonesia semakin ketat. Sebagaimana UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (UU DIKTI) telah mengisyaratkan tentang Penjamin Mutu Perguruan Tinggi. Implementasi dari undang-undang ini telah diakomodir dalam Permen RISTEKDIKTI nomor 44 tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tingggi, dan nomor 62 tahun 2016 tentang Sistem Penjamin Mutu Pendidikan Tinggi. Dengan berpegang teguh pada aturan ini, maka semakin memberikan nilai terbaik bagi Universitas Pattimura di masa depan. Termasuk memberikan jaminan mutu dan akreditasi pengelolaan perguruan tinggi bagi masyarakat (publik) di negeri ini, ujar Tairas.

Harapannya, kepada seluruh lulusan agar meningkatkan kemampuan melalui belajar, bekerja keras dan mengabdi bagi negeri. Mimpi besar harus dicanangkan dan raihlah mimpi itu. “Kita tidak akan sukses jika hanya bermimpi tanpa mewujudkannya”.

Dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-56, dalam acara wisuda juga dibawahkan pidato orasi ilmiah Dies Natalis yang dibawakan oleh Jonny Latuny, ST., M.Eng, Ph.D dari dosen dari Fakultas Teknik dengan Orasi Ilmiah berjudul Universitas Pattimura dalam Tantangan Pendidikan Tinggi Memasuki Era Revolusi Industri 4.0. Dalam orasi ilmiah tersebut dipaparkan uraian-uraian mengenai revolusi industri 1.0, 2.0, 3.0 hingga 4.0. Salah satu konsep yang dibahas didalam orasi ilmiah tersebut adalah konsep Pendidikan 4.0. Yang didalamnya dikemukakan pemikiran-pemikiran mengenai tantangan perguruan tinggi umumnya dan Unpatti khususnya dalam mempersiapkan berbagai aspek pendidikan dalam menghadapi penyiapan lulusan perguruan tinggi yang nantinya mampu berkompetisi di dunia kerja dalam era Revolusi Industri 4.0.

Aldo V. B. Puturuhu, S.Pt wisudawan lulusan Fakultas Pertanian yang mendapat predikat Cumlaude dengan  IPK 3,92 berkesempatan menyampaikan pidato mewakili Wisudawan Universitas Pattimura.

Ikut hadir pada acara ini FKPD Maluku, para Rektor/Direktur  PTS, Ketua DW Unpatti, lulusan Doktor baru, civitas Akademika, Alumni Unpatti serta para orangtua, Suami/Isteri dan Wisudawan.

HOTUMESE…….!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.