Dialog Publik “Mengawal Visi dan Misi Kepala Daerah Baru”

Unpatti,- Bertempat di Aula Rektorat Lt.II Universitas Pattimura, berlangsung kegiatan Forum Dosen Indonesia Dalam Acara Dialog Publik dengan tema “Mengawal Visi dan Misi Kepala Daerah Baru”, Selasa (28/5). Menghadirkan Keynote Speaker adalah Wakil Gubernur Maluku, Drs.   Barnabas N. Orno, juga hadir Narasumber pada Sesi Pertama antara lain Rektor Unpatti, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum., Rektor IAKN Ambon, Ketua Komisi C DPRD Provinsi Maluku, Anos Yeremias., Tenaga Ahli Utama Kedeputian 1 Kantor Staf Presiden, Febry Tetelepta., Dekan Fakultas ISIP Unpatti, Prof. Dr. Tonny D. Pariela, MA dan Narasumber pada Dialog Publik Sesi 2 antara lain Dosen IAIN, Dr. Abidin Wakano., Pengurus FDI Provinsi Maluku, Dr. Joseph Ufie., Direktur I-News TV, I. Syahbarawati., Ketua DPD KNPI Maluku, Sabban Pattimahu., Wakil Ketua DPRD Maluku, Richard R. Rahakbauw, SH dan yang bertugas sebagai moderator pada Sesi 1 dan Sesi 2 adalah Dr. R. Rugebreght dan Happy Lelapary, S.Pd., M.Pd.

Dalam sambutannya Rektor Unpatti mengatakan, Forum Dosen Indonesia adalah Forum yang sangat penting untuk dilakukan, bukan hanya sekali  karena mengawal seluruh visi dan misi 5 tahun kedepan. Tanggung jawab yang dilakukan bukan hanya bagi para dosen tetapi juga kepada seluruh masyarakat dan golongan kelompok yang ada di Maluku. Dilihat dari potensi sumberdaya alam, Maluku adalah salah satu Provinsi yang kaya-raya, tetapi masih berada pada kelompok termiskin nomor empat dari bawah. Itu berarti kurang adanya kesadaran dalam mengelola jenis sumberdaya, termasuk sumberdaya manusia untuk meningkatkan perubahan ekonomi.

Rektor berharap, dengan visi dan misi yang dikembangkan dengan baik akan terlaksana sumberdaya perikanan, pariwisata dan pertanian di bidang ekonomi dan kedepannya ada perhatian khusus disekolah-sekolah seperti sekolah unggulan di semua Kota dan Kabupaten untuk menunjang proses pendidikan yang berkualitas, supaya generasi Maluku semakin cerdas dan mampu bersaing di kancah Nasional maupun Internasional.

Pada kesempatan yang sama, dalam sambutannya Wakil Ketua FDI, Happy Lelapary, S.Pd., M.Pd mengatakan, Agenda ini merupakan salah satu agenda rutin dialog diskusi reguler negeri yang biasanya berlangsung diseluruh Perguruan Tinggi di Kota Ambon. Dengan tema yang dipilih merupakan langkah awal masyarakat Maluku memberi tanggungjawab moral untuk mengawal kepemimpinan Kepala Daerah Maluku 5 tahun kedepan. Dipastikan akademisi di Maluku memberi kualifikasi akademik yang tidak kalah dengan daerah lain, sehingga ruang diskusi dibuka untuk melihat peluang yang bisa dilakukan bagi daerah tercinta.

Turut hadir, jajaran Forkopimda Provinsi Maluku, perwakilan Ketua LPMP Provinsi Maluku, Ketua Komisi C DPRD Provinsi Maluku, Rektor IAKN, Rektor IAIN, perwakilan Sinode Ambon, Civitas Tenaga Kependidikan dan Tenaga Pendidik dalam lingkungan Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *