Seminar Nasional Pendidikan Kebahasaan Dan Sastra Kesastraan Indonesia

Unpatti,- Senin, (29/7) Bertempat di Aula Lantai II Rektorat Universitas Pattimura berlangsungnya kegiatan GELIAT BAHASA DALAM ERA INDUSTRI 4.0 Seminar Nasional Pendidikan Kebahasaan Dan Kesastraan Indonesia III Tahun 2019. Kegiatan yang dilaksanakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia FKIP-UNPATTI ini diikuti oleh 256 peserta yang berasal dari para guru se-Kota Ambon, Mahasiswa dan stakeholder.

Ketua Lembaga Pendidikan, Pembelajaran dan Penjamin Mutu, Dr. Drs. Joseph Pagaya, M.Kes dalam sambutannya mengatakan Bahasa adalah lambang komunikasi. Menurutnya di era ini semua aktivitas manusia cenderung diganti oleh teknologi dan apa yang menjadi tantangan di era 4.0 yakni narasi-narasi yang dibangun dalam bahasa haruslah dapat membentuk karakter anak bangsa yang positif.

“Ada dua hal yang perlu diperhatikan bersama yaitu pertama, mengarahkan penggunaan Bahasa Indonesia yang benar dan yang kedua, menggunakan narasi yang positif dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar”, ujar Pagaya.

Harapannya, kegiatan seminar seperti ini harus lebih intensif lagi sehingga dapat menggelorakan minat mahasiswa menggunakan narasi Bahasa Indonesia yang benar.

Kegiatan ini menghadirkan sembilan pembicara yang berasal dari Universitas Pattimura dan pembicara utama, Dr. M. Rohmadi, M.Hum yang merupakan dosen FKIP UNS. Kegiatan ini dimeriahkan oleh Sanggar Cakadidi yang merupakan Sanggar Binaan dari Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *