Road Show Relawan Jurnal Indonesia

Unpatti,– Bertempat di Lantai IV Ruang Rapat Senat Rektorat Universitas Pattimura, berlangsungnya kegiatan “Road Show Relawan Jurnal Indonesia”, Kamis (8/8/2019).

Kegiatan Road Show Relawan Jurnal Indonesia merupakan kerjasama dengan Universitas Pattimura yang mengusung tema “Directory Of Open Access Jurnal (DOAJ) Menuju Akreditasi Jurnal Ilmiah Tahun 2019”, mendatangkan Pemateri yang juga merupakan perwakilan Koordinator Daerah Sulawesi Selatan, Muh. Ilham Bakhtiar, S.Pd., M.Pd dengan pemateri hak cipta, lisensi dan personalia pengelola jurnal.

Dr. Drs. Joseph Pagaya, M.Kes dalam sambutannya mengatakan, peningkatan jurnal sangat penting dilakukan mengingat salah satu syarat untuk masuk dalam perangkingan Perguruan Tinggi Dikti yaitu inovasi dan penelitian, sehingga apabila Rektor dalam mendata penelitian terekspos dan dipublikasikan pada jurnal yang terakreditasi, maka Perguruan Tinggi akan baik dalam perangkingan.

“Perguruan Tinggi di Maluku belum masuk dalam 100 besar perangkingan. Unpatti sendiri sekarang berada pada rangking 101, karena itu tingkat jurnal harus lebih baik guna peningkatan kualitas Perguruan Tinggi di Maluku”, ujar Pagaya.

Pagaya berharap, tahun ini Unpatti sudah masuk 100 besar, sehingga lewat kegiatan ini bersama pengelola jurnal harus memperhatikan prosedur dan syarat jurnal guna kemajuan Perguruan Tinggi di Maluku.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Panitia, Dr. Fransina Latumahina dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini diselenggarakan diseluruh Indonesia, dimulai dari bulan Agustus sampai dengan bulan September bertujuan agar jurnal-jurnal di Indonesia dapat mengetahui dan memahami perkembangan syarat-syarat indeksasi jurnal di DOAJ. Selain itu juga, Fransina berharap agar dapat menambahkan informasi terkait dengan Akreditasi jurnal Ilmiah dan Manajemen Penerbitan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Relawan Jurnal Indonesia (RJI)., Koordinator Daerah Maluku, Prof. Dr. Ir. Agustinus Kastanya, MS serta 65 peserta dari 9 Perguruan Tinggi Negeri/Swasta di Kota Ambon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *