Rektor Melantik Dan Melepaskan 1.297 Wisudawan Universitas Pattimura Ambon

Unpatti,- Kamis, (5 September 2019) Bertempat di Gedung Auditorium Unpatti, berlangsungnya Acara Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Pattimura Dalam Rangka Wisuda Sarjana, Profesi Dokter, Guru Profesional, Dan Magister Periode September 2019.

Rektor melantik dan meluluskan 1.297 Wisudawan Universitas Pattimura, masing-masing Fakultas Hukum sebanyak 127 orang, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik sebanyak 51 Orang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan sebanyak 556 orang, Fakultas Ekonomi dan Bisnis sebanyak 116 orang, Fakultas Pertanian sebanyak 84 orang, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan sebanyak 104 orang., Fakultas Teknik sebanyak 98 orang, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam sebanyak 45 orang, Fakultas Kedokteran sebanyak 26 orang, Pascasarjana sebanyak 90 orang dan jumlah lulusan dengan Predikat Pujian/Cumnlaude sebanyak 67 orang.

Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH., M.Hum dalam sambutannya mengatakan SELAMAT kepada para lulusan yang telah menyelesaikan masa studi tepat pada waktunya dan selanjutnya para lulusan dapat melangkah untuk mencari lapangan pekerjaan. “Jangan hanya mencari pekerjaan, tetapi bagaimana juga menciptakan lapangan pekerjaan”, katanya.

Saptenno juga menyampaikan terimakasih kepada para Orangtua karena mempercayakan Universitas Pattimura sebagai wadah untuk anak-anaknya menimba Ilmu di kampus tercinta, kampus orang basudara sehingga dapat meraih sebuah kesuksesan.

Lanjutnya, Universitas Pattimura saat ini meraih beberapa keberhasilan yang dicapai hingga Bulan Agustus Tahun 2019 dengan mendapatkan 6 (enam) orang Doktor (Dr) diantaranya, Dr. Margi Gladis Sopacua (Fakultas Hukum)., Dr. Merhat M. Solissa, S.Pd., M.Pd., Dr. Nessi Pattimukay, S.Pd., M.Pd., Dr. Betty D. S. Hetarion, S.Pd., M.Pd., Dr. Ivone Telussa, S.Si., M.Si., Dr. I Wayan Sutepa, S.Si., M.Si.

“Marilah berkompetisi dengan baik, karena masa depan sesungguhnya milik orang-orang yang mau berusaha. Jangan pernah lupa pada Almamater, karena Almamater adalah Ibu Asuh yang memberikan Ilmu. Ketika Anda sudah besar, ingatlah! Semuanya itu bersumber dari Ibu Asuh sehingga Anda menjadi orang-orang yang terpandang didalam Masyarakat ”, tuturnya.

Sambutan juga disampaikan oleh Ketua Senat Universitas Pattimura, Prof. Dr. Salmon E. M. Nirahua, SH., M.Hum mengatakan tepat dihari ini tanggal 5 September 2019, Universitas Pattimura menyelenggarakan Rapat Terbuka Luar Biasa Senat Universitas Pattimura dalam Rangka Wisuda Periode September 2019 bagi lulusan Sarjana, Profesi Dokter, Guru Profesional, Dan Magister. “Atas nama seluruh Civitas Akademika dan Tenaga Kependidikan mengucapkan SELAMAT kepada para Wisudawan, kiranya ilmu yang diperoleh menjadi tambahan bekal dalam pengabdian kepada Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Spirit kehidupan terbentuk karena adanya motivasi dari diri sendiri, keluarga dan lingkungan. Akan tetapi jika spirit dalam diri lebih kuat, maka akan kokoh walaupun badai mengdatang” tuturnya.

Lanjutnya, tercatat seorang lulusan atas nama Thalia R. Latuperissa, SH  yang memiliki kelemahan tubuh  yang luar biasa namun  bisa lulus dengan Predikat Pujian/Cumlaude. Ini menunjukkan dalam dirinya ada spirit yang sangat kuat untuk bisa menghadapi segala tantangan selama perkuliahan. Nirahua menambahkan cara untuk menjadi terdepan adalah memulai dari sekarang. “Jika dimulai dari sekarang, maka tahun depan Anda akan mengetahui banyak hal yang sekarang tidak Anda ketahui, dan Anda tidak mengetahui masa depan jika Anda hanya menunggu. Hidup ini tidak boleh sederhana, melainkan harus menjadi orang yang terbesar, hebat dan kuat, luas dan bermanfaat” katanya.

Sambutan disampaikan perwakilan wisudawan, Widayanti dari Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian, mengatakan tantangan zaman yang dihadapi kedepan sangat jauh berbeda dibandingkan pada masa 5-10 tahun yang lalu. Diera revolusi industri 4.0 atau biasa disebut dengan era revolusi industri digital, kita harus memperkuat literasi, teknologi dan lainnya untuk memahami sistem mekanika dan teknologi dalam dunia kerja bisa kita hadapi dengan mudah. Industri 4.0 membutuhkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam literasi digital, literasi teknologi dan literasi manusia. “Kita harus memperkaya Ilmu Pengetahuan dan menjadikan diri kita sendirr sebagai Agen of Change dalam membangun bumi Maluku”, katanya.

Lanjutnya, Universitas Pattimura adalah rumah kedua bagi kami dalam menimba Ilmu, belajar dan berdiskusi, mengabdi kepada masyarakat, serta melakukan penelitian ilmiah demi menjunjung Tri Dharma Perguruan Tinggi. Semoga yang kami lakukan ini untuk menjaga Marwah Universitas Pattimura Ambon, sebagai salah satu Perguruan Tinggi di Provinsi Maluku yang akan mencetak generasi pendidik dimasa mendatang. Universitas Pattimura telah menjadikan siapa kami hari ini yang berkumpul disini sebagai Wisudawan Universitas Pattimura Ambon.

Saya tahu bahwa kita semua memiliki kegundahan dan muncul pertanyaan : “Apa yang harus saya lakukan selanjutnya? dan Apakah saya bisa bisa memperoleh pekerjaan?”. Lakukanlah terbaik yang bisa anda lakukan, this is your life and your life be on your hand. Jika dimasa depan kita menghadapi masa yang sulit, ingat kembali bahwa ada kedua Orangtua yang memiliki keterbatasan financial, pendidikan dan tenaga yang tidak pernah menyerah untuk kebaikan anaknya, ujar Widayanti.

Akhirnya, dengan penuh kerendahan hati, Widayanti juga mengucapkan terimakasih kepada Pimpinan dan seluruh Tenaga Pendidik serta Tenaga Kependidikan dalam memberikan Ilmu dan Motivasi dalam membesarkan kami selama ini. Semoga wisuda kali ini menjadi hadiah kecil untuk dipersembahkan kepada Orangtua tercinta.

Kegiatan ini dihadiri oleh Gubernur Maluku, Drs. Murad Ismail., FORKOPIMDA Provinsi Maluku., Ketua Ikatan Alumni, Dr. Zeth Sahuburua SH., MH., Sekertaris dan Anggota Senat Unpatti.,Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam lingkungan Universitas Pattimura., para Orang Tua dan Tamu Undangan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *