Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019

UNPATTI,- Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Jusuf Madubun M.Si bertindak selaku Inspektur Upacara Bendera dalam rangka Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 yang berlangsung di Lapangan Upacara Universitas Pattimura, Senin (11 November 2019), diikuti oleh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta para Mahasiswa dalam lingkungan Universitas Pattimura.

Diawali Pengibaran Bendera Merah Putih, dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila dan Pembukaan UUD 1945, Madubun kemudian membacakan Amanat Menteri Sosial RI, Juliari P. Batubara

Menteri mengatakan, setiap Hari Pahlawan, kita diingatkan kembali pada peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya sebagai salah satu momen bersejarah dalam merebut Kemerdekaan RI. Pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah melawan pejajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia. Peristiwa perang mengingatkan kita bahwa Kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan luar biasa dari para pendahulu negeri. Semangat yang ditunjukkan para Pahlawan dan pejuang tersebut terus ditumbuhkembangkan dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia.

“Dengan Peringatan Hari Pahlawan, diharapkan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para Pahlawan, sebagaimana ungkap salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan — Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya Dapat Menjadi Bangsa Yang Besar — Selain itu, peringatan Hari Pahlawan dapat dibangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi Pahlawan Masa Kini, sebagaimana tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 — Aku Pahlawan Masa Kini –”, tuturnya.

Lanjutnya, menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat NKRI. “Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjukkan melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa. Sekarang, untuk menjadi Pahlawan, bukan hanya mereka yang berjuang mengangkat senjata mengusir penjajah, tetapi kita juga bisa dengan cara menorehkan prestasi di berbagai bidang kehidupan, memberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama Bangsa di mata Internasional”, ujarnya. Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat.

Akhirnya, dengan menjadikan diri kita sebagai Pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang melanda bangsa dewasa ini dapat teratasi. Marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap insan masyarakat Indonesia. Selamat Hari Pahlawan Tahun 2019, semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatan kepada Bangsa Indonesia dapat menjaga keutuhan NKRI yang telah diperjuangkan oleh para pendahulu negeri. Sekali lagi, jadilah Pahlawan Masa Kini yang membanggakan negeri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *