REMBUKNAS AKHIR TAHUN 2019 PIMPINAN PERGURUAN TINGGI BIDANG KEMAHASISWAAN se-INDONESIA LAHIRKAN DEKLARASI AMBON

UNPATTI,- “Dari Ambon ada satu deklarasi khusus tentang bagaimana kita membangun pemuda terutama mahasiswa supaya kedepan mereka menjadi baik” pinta Rektor saat memberikan sambutan pada Rembuk Nasional akhir tahun Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan tahun 2019 yang berlangsung di Hotel Santika Premiere, Jumat (6/12/19). Dengan mengangkat Tema “Pelestarian Nilai dan Semangat Kepahlawanan Di kalangan Mahasiswa”. Rektor berharap, melalui Rembuk Nasional Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan ini dapat memberikan konsep pemikiran yang baru, khususnya terkait dengan karakter mahasiswa yang bisa dibina sehingga pada saat mereka menjadi alumni, mereka mampu mengendalikan bangsa ini menjadi baik.

Selain itu Dirjen Belmawa Prof. Dr. Ismunandar mengatakan di era revolusi 4.0 ini Perguruan Tinggi dituntut untuk tidak hanya menghasilan Sumber Daya Manusia yang berkualitas saja, akan tetapi memiliki kecerdasan ilmu pengetahuan yang diimbangi dengan kemampuan berinovasi sehinga harapannya lewat kegiatan ini menghasilkan sumbangsih pemikiran yang dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Agenda Rembuk Nasional kali ada beberapa hal yang dibahas antara lain: Pembentukan Tim Perumus dan Penyusun Rekomendasi, Pemilihan dan Penetapan Lurah Forkomawa periode 2019-2020, Paripurna Draft dan Finalisasi Rekomendasi Penetapan Tuan Rumah Rembuknas 2020 dan salah satu agenda tambahan adalah pembahasan Deklarasi Ambon.

Dari hasil rembuk bersama mendapatkan sebuah kesepakatan sesuai dengan hasil voting bersama para Pimpinan Perguruan Tinggi Bidang Kemahasiswaan, maka  Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin diangkat kembali sebagai Lurah Forkomawa periode 2019-2020, Sekretaris Prof. Dr. drg. A. Arjunan Arsin, M.Kes dan Bendahara Dwi Ermayanti Susilo serta penetapan Deklarasi Ambon. Penetapan Deklarasi Ambon disepakati bersama dalam Rembuk Nasional bukan hanya sekedar permintaan Rektor Unpatti, tetapi dibuat dengan harapan yang besar bahwa nilai-nilai kepahlawanan harus di miliki oleh setiap mahasiwa.

Kegiatan ini dihadiri oleh, Pimpinan Perguran Tinggi Negeri dan Swasta se-Kota Ambon, para Pimpinan Universitas Pattimura, para Pimpinan Bank, dan para mahasiswa serta menghadirkan 4 Narasumber yakni, Dirjen Belmawa, Prof. Dr. Ismunandar, Direktur Kemahasiswaan, Dr. H. Didin Wahidin, Prof. Dr. Ir. Darsono dan Prof. Dr. Mus Huliselan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *