UPACARA KORPRI

UNPATTI,- Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Ir. Frederik Rieuwpassa, MS bertindak selaku Inspektur Upacara dalam rangka memperingati hari KORPRI dengan menyusung tema “KORPRI: Berkarya, Melayani dan Menyatukan Bangsa”, Jumat (29 November 2019) di Lapangan Upacara Universitas Pattimura.

Usai pengibaran Bendera Merah Putih, Frederik membacakan sambutan tertulis Presiden Republik Indonesia selaku Penasehat Nasional Korpri pada hari Ulang Tahun ke-48 Korpri tahun 2019.

Ir. Hj. Joko Widodo mengatakan, saat ini  kita berada di dunia yang berubah dengan cepat, berbeda dengan dua puluh, tiga puluh atau empat puluh tahun yang lalu. Revolusi Industri jilid ke-4 telah mendisrupsi segala lini kehidupan, bukan hanya cara berkomunikasi tapi juga cara mengelola pemerintahan. Disisi lain, persaingan antarnegara semakin sengit untuk berebut teknologi, berebut pasar dan memperebutkan talenta-talenta hebat yang digunakan untuk memajukan negaranya.

“Dalam menghadapi perubahan dan persaingan, kita tidak boleh takut. Kita harus menghadapi persaingan itu dengan cara-cara baru dan terobosan-terobosan baru. Kecepatan, monoton yang tidak kompetitif tidak bisa diteruskan lagi. Kita harus cepat dan lebih baik dibandingkan dengan negara lain. Karena itu, saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk mengambil jalan perubahan, melakukan reformasi secara berkelanjutan. Tidak ada pola pikir lama, tidak ada kerja linear, dan tidak ada kerja rutinitas. Birokrasi harus berubah. Kita harus membangun nilai-nilai baru dalam bekerja cepat dan beradaptasi dengan perubahan.”, ujarnya.

Saya mengajak seluruh anggota KORPRI untuk terus menerus bergerak mencari terobosan, terus menerus melakukan inovasi. Pelayanan yang ruwet, berbelit-belit dan menyulitkan rakyat, harus kita pangkas.  Kecepatan melayani menjadi kunci birokrasi, katanya.

Lanjutmya, saya ingin menyampaikan salam sekaligus apresiasi khusus pada anggota KORPRI yang bertugas di pelosok-pelosok negeri, di pulau-pulau terdepan, di kawasan perbatasan dan wilayah-wilayah terisolir. Mereka adalah abdi negara yang menjalankan tugas dengan penuh dedikasi, untuk memastikan negara hadir di seluruh penjuru tanah air.

Diakhiri sambutannya, Joko Widodo sekali lagi menyampaikan salam hangat kepada segenap anggota KORPRI dimanapun berada. Selamat bertugas, lanjutkan pengabdian dan karya terbaik bagi rakyat, bangsa dan negara.

Upacara ini dihadiri oleh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam lingkungan Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *