PENGAMBILAN SUMPAH DAN PELANTIKAN 21 DOKTER BARU FAKULTAS KEDOKTERAN UNPATTI

UNPATTI,- Sebanyak 21 Dokter Baru diambil sumpah pada prosesi pengambilan sumpah dokter angkatan XVI Fakultas kedokteran Universitas Pattimura yang berlangsung di Gedung Student Center, Fakultas KIP UNPATTI, Selasa (11/02).

Acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH, M.Hum, Perwakilan Gubernur Maluku., Ketua LP2M, Prof. Dr. D. Malle, M.Sc., Kepala Biro AKPHM, Ir. Daniel H. Nanuru, M.Si., Ketua IDI Provinsi Maluku, dr. Hendrita Tuanakota, M.Kes.,  Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon, Para Direktur Rumah Sakit, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Provinsi Maluku, Para Wakil Dekan Fakultas Kedokteran UNPATTI, para Dosen,orang tua dan Para Tamu Undangan.

Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Kedokteran, drg. Christiana R. Titaley, MIPH, PhD dalam laporannya mengatakan dengan penambahan 21 dokter, maka jumlah dokter saat ini telah bertambah menjadi 174 dokter. Lanjutnya ke 21 dokter baru ini telah menjalani tahap Pre-Klinik dan provesi dokter selama kurang lebih enam tahun.

“Tahap Kepanitraan klinik telah berlangsung di RS dan Puskesmas di Wilayah Provinsi Maluku, Rumah Sakit serta Rumah Sakit Pemerintah diluar Ambon dan setelah menyelesaikan kepanitraan klinik, mereka mengikuti Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) yang merupakan Exit Exam dalam menentukan kelulusan dan kompetensi mereka yang dilakukan secara nasional”, tuturnya.

Dekan Fakultas Kedokteran, Dr. dr. Bertha J. Que, Sp.S, M.Kes mengatakan sesuai dengan Visi Fakultas Kedokteran yakni sebagai pusat pengembangan pendidikan Dokter yang berorientasi Lingkungan Laut Pulau artinya anak – anak dari FK Unpatti dipersiapkan untuk menjadi dokter pulau ketika menjalankan tugas mampu menolong diri sendiri dan menolong orang lain, maka dokter baru ini harus siap dan ikhlas ditempatkan dimana saja “saya harapkan bagi para dokter baru harus ikhlas bila ditempatkan di pulau – pulau kecil, apalah arti Ilmu dan sumpah dokter yang baru diambil kalau hanya mengabdi di kota saja”. Ia menambahkan, fasilitas bukanlah jaminan para dokter baru ini mampu berhasil namun kemauan dan kerja keras untuk mau belajar dengan segala keterbatasan. Bagi ke-21 dokter baru, ini bukan akhir jalan kamu ini adalah awal untuk melaksanakan tugas pelayanan sebagai seorang dokter.

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH, M.Hum pada kesempatan yang sama mengatakan, dari hasil laporan Wakil Dekan Bidang Akademik bahwa Fakultas Kedokteran UNPATTI tidak kalah dengan Fakultas Kedokteran yang sudah berdiri lebih dahulu dari Fakultas Kedokteran UNPATTI, yang lulus 70% secara Nasional maka tingkat kelulusan UUNPATTI tidak mengecewakan. Terkait dengan penempatan para dokter baru, Rektor berharap janganlah hanya berpikir mengabdi di kota saja akan tetapi sumpah yang sudah di ambil adalah bentuk tanggungjawab dan pelayanan seorang dokter, dimanapun di tempatkan harus bersedia dengan sepenuh hati.

Kegiatan ditutup dengan tanda cinta dari dokter baru kepada orang tua, doa dan foto bersama. Selamat dan sukses. Hotumesse.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *