Membangun dari yang Terbuang dan Ditinggal: “Pusat Riset Terintegrasi (i-LAB) & Pemetaan Energi”

UNPATTI,- Membangun dari yang Terbuang dan Ditinggal: “Pusat Riset Terintegrasi (i-LAB) & Pemetaan Energi” merupakan kajian yang ditulis oleh Hendry Izaac Elim, Ph.D selaku Dosen Jurusan Fisika pada Fakultas Matematika dan Ilmu Pemgetahuan Alam, Universitas Pattimura Ambon.

Ilustrasikanpada gambar di atas menggambarkan sesuatu masalah yang sangat kompleks di alam semesta, tidak mudah dipahami oleh siapapun termasuk para ahli (professor), peneliti (researchers), mahasiswa maupun siswa dan orang awam (orrdinary people). Yesus pernah hidup di bumi pada 5 (SM) hingga 28 (AD) atau sekitar 33,3 tahun menerapkan metode perumpamaan. Pada setiap perumpamaan yang berjumlah puluhan dalam 3 tahun plus 4 bulan terakhir hidup-Nya, Yesus berhasil mendidik berbagai orang yang mendengar-Nya. Perumpamaan – perumpamaan-Nya telah mengajak berbagai level pendidik dan pendengar untuk berpikir dan menganalisa sesuai dengan kemampuan (talent) setiap orang yang berbeda beda.

Pada penjelasan tentang pemanfaatan sesuatu yang terbuang (garbage/ rubbish) dan ditinggal (not respected) di Alam Semesta,kami dapat kami mengambarkanya dalam 1 gambar untuk memudahkan pemikiran dan penglihatan setiap orang sesuai dengan jumlah talenta mereka yang berbeda beda. Pertama-tama, untuk berhadapan dengan kompetisi pengembangan ilmu yang terdepan (frontier science) sangat diperlukan ilmuan yang cara kerjanya multitasking dengan selalu berkolaborasi pada 2 atau 3 ilmuan lainnya. Selanjutnya, ilmuan tersebut harus mampu Membangun Lab Riset-nya sendiri dibantu oleh rekan kerja lainnya serta merupakan tempat utama untuk mendidik para mahasiswa. Berikutnya, diperlukan Kolaborasi dengan berbagai ilmuan negara lainnya untuk sama-sama bertumbuh di tempat yang berbeda budaya, ekonomi, politik, sosial dan lainnya. Dari kerja Riset ke kerja Riset lainnya yang saling berkaitan baik langsung maupun tidak langsung, di peroleh berbagai produk-produk unggulan yang menjadi contoh untuk pihak lainnya.

Produk-produk kerja keras dan efektif tersebut meliputi: (1). International publications seperti karya ilmiah di jurnal yang bereputasi dan teridex Web of Science (WoS) dan/ atau SCOPUS, (2). Prototypes devices atau peralatan Teknologi, (3). Produk makanan/obat/vitamin/suplemen, serta (4). Karya-karya seni dan siaran di radio/TV maupun internet seperti YouTube/Whats App (WA)/Facebook untuk mendidik banyak orang/masyarakat serta berguna bagi anda untuk sharing bagi yang membutuhkan sebagai impementasi dan semangat berjuang sangat diperlukan dari berbagai lapisan perorangan maupun masyarakat. Sedangkan untuk membuktikan kehebatan Tim anda, perlu ditinjau dari pihak penguasa politik, agama maupun sosial dan ekonomi sehingga pengambaran seperti “perumpamaan” yang terlukis di atas dapat memberikan inspirasi, penemuan, dan Inovasi buat berbagai pihak yang menghargai serta menerapkannya. Pengalaman  kami untuk menjadi teladan yang terdepan di bumi diperlukan paling sedikit 3 hingga 5 tahun bekerja dengan cerdas dan penuh hormat pada atasan anda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *