SOFWAN EFENDI RESMIKAN GEDUNG BARU FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS

UNPATTI,- Direktur Sumber Daya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,  Dr. M. Sofwan Effendi, M.Ed didampingi Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum., Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Erly Leiwakabessy dan FORKOPIMDA Maluku meresmikan Gedung Baru Fakultas Ekonomi dan Bisnis Kampus B dan C  yang ditandai dengan penandatanganan prasasti dan membuka selubung papan nama Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Kamis (12/3).

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutanya mengatakan Pembangunan  Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan kebutuhan ruang yang diperuntukan kepada 4000 orang mahasiswa yang masuk dalam perencanaan Unpatti dan dijadikan prioritas oleh kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Menteri Keuangan RI dan di tindaklanjuti oleh Bapenas dan Pendanaan SBSN 2019.

Lanjutnya “Pembangunan Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis ini dibuat untuk ruang kuliah, laboratorium dan ruang perkantoran.

Rektor berharap Gedung Fakultas Ekonomi yang berbentuk kapal menganalisa Pola Ilmiah Pokok Universitas Pattimura yaitu Bina Mulia Kelautan ini menandakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis siap mengawal pembangunanan Ekonomi di Provinsi Maluku yang berbasis Kepulauan.

Gubernur Maluku, Murad Ismail menegaskan untuk mewujudkan Sumberdaya Manusia (SDM) yang berkualitas di daerah, maka penyelenggaraan pendidikan di Perguruan Tinggi (PT) harus dilaksanakan secara profesional. Hal itu diungkapkan Gubernur dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan SEKDA Maluku, Kasrul Selang. Gubernur juga memberikan apresiasi kepada Rektor, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPATTI dan Civitas Akademika, yang telah mewujudkan penambahan Gedung B dan C Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPATTI.

Menurutnya, peresmian Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPATTI tersebut tentunya akan menjadi momentum strategis bagi Civitas Akademika untuk lebih meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di Maluku. ”Kita semua tentunya menyadari bahwa peningkatan mutu pendidikan untuk meraih kemakmuran dan kesejahtraan rakyat”, Ungkapnya.

Upaya menciptakan SDM berkualitas, lanjut Gubernur, terus dilakukan oleh seluruh komponen bangsa, termasuk lembaga perguruan tinggi, yang terus memainkan perannya dalam membentuk SDM melalui penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Ini semua, tentunya sangat diharapkan  akan membawa dampak signifikan terhadap peningkatan kualitas SDM serta tumbuhnya kreatifitas dan inovasi masyarakat, serta daya saing dalam persaingan global.

Gubernur mengatakan, sebagai salah satu Lembaga Perguruan Tinggi di Maluku, tentunya seluruh Civitas Akademika UNPATTI tertantang untuk melakukan perbaikan, pembinaan serta pembenahan sistem pendidikan tinggi, yang mampu menghasilkan lulusan yang berkualitas dan kompetitif.

Perwakilan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Nadim Makarim, yakni Direktur Sumberdaya Dirjen DIKTI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Dr. M. Sofwan Effendi mengatakan, keinginana dan impian Wakil Presiden dan Menteri Keuangan RI terwujud sudah yaitu dengan diresmikannya Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dimana hal ini dikarenakan kunjungan Wakil Presiden dan Menteri Keuangan beberapa waktu yang lalu di Maluku. “Harapannya dengan adanya gedung baru ini, dapat menambah semangat belajar, Inovasi dan berkreasi dalam rangka memperbesar UNPATTI dan jangka panjangnya memperbesar Maluku,” ucap Sofwan dalam membaca sambutan Menteri Kebudayaan RI.

Sofwan menambahkan, KEMENDIKBUD saat ini sedang bertansformasi dan melakukan perombakan kebijakan sesuai dengan Visi dan Misi Presiden dan Wakil Presiden di Bidang Pendidikan khususnya Pendidikan Tinggi. Infrastruktur merupakan salah satu tema besar yang digalakan Presiden dan Wakil Presiden dalam rangka peningkatan kualitas keilmuan.

Acara dihadiri oleh FORKOPIMDA Maluku, Alumni Fakultas Ekonomi UNPATTI, Michael Watimena dan seluruh Civitas Akademika Universitas Pattimura.

Acara dilanjutkan dengan Kuliah Umum dengan menghadirkan Narasusmber dari Direktur Sumberdaya KEMENDIKBUD RI, Dr. M. Sofwan Effendi, M.Ed, didampingi Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum serta Moderator, Dr. Gerik Pentury, S.E, M.M. Kuliah Umum kali ini mengangkat tema “Kampus Merdeka” yang dihadiri oleh para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEBIS), Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan dalam lingkungan FEBIS UNPATTI. Usai Kuliah Umum, dilanjutkan dengan pemberian Cenderamata dilanjutkan dengan Sesi Foto Bersama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *