Semangat Memperingati Hari Lahir Pancasila

Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2020 mengusung tema “Pancasila Dalam Tindakan Melalui Gotong Royong Menuju Indonesia Maju”. Pancasila adalah dasar Negara yang harus menjadi landasan kehidupan dan dipahami oleh semua lapisan masyarakat Indonesia dalam tindakan yang nyata. Sesungguhnya Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia yang memberikan kekuatan dalam peradaban bangsa dan menyatu dengan kehidupan bernegara. Sehingga nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari akan mencerminkan harkat dan derajat bangsa Indonesia sebagai bangsa yang beradab, Jumat (29/5)

Peringatan hari lahirnya Pancasila akan mengokohkan kembali komitmen untuk bersama mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, nilai toleransi, saling menghormati, bergotong royong, menjaga persatuan dan kesatuan demi keutuhan NKRI.

Peringatan di tahun ini serasa begitu berbeda, karena kita ada dalam keprihatinan bersama ketika Pandemi Covid-19 mewabah di Ibu Pertiwi. Pengaruhnya bukan hanya pada sisi kesehatan, tetapi juga perekonomian, sosial budaya, pertahanan keamanan, politik, hukum, termasuk dunia pendidikan. Beberapa stimulus ekonomi diluncurkan, bahkan kebijakan yang ditempuh oleh berbagai institusi pemerintah, termasuk yang dirasakan di dunia pendidikan ketika kita harus belajar dan bekerja dari rumah.

Miris rasanya melihat kondisi saat ini, sebagai warga Negara Indonesia yang memiliki jiwa Pancasila saat ini kita akan bersama menunjukan nilai ‘Gotong Royong sebagai budaya leluhur bangsa Indonesia. Bersama membantu meringankan beban saudara-saudara kita, mencegah meluasnya wabah ini dengan mengikuti anjuran pemerintah, bersama kita menunjukan nilai ‘Persatuan’ untuk tetap menjaga keutuhan Bangsa dan Negara dari berbagi isu provokatif dan berita Hoax. Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila kita akan membawa Indonesia lebih maju dan menjadi Negara yang tangguh.

“Sesungguhnya sejarah telah mengungkapkan bahwa Pancasila adalah jiwa seluruh rakyat Indonesia yang memberikan kekuatan hidup kepada bangsa Indonesia serta membimbingnya dalam kehidupan lahir batin yang makin baik dalam masyarakat Indonesia yang adil dan makmur “

Selamat memperingati hari lahirnya Pancasila 1 Juni 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *