Guest Lecture Explosive or Effusive

UNPATTI,- Exposive or Effesive : Investigating the Factors Controlling Volcano Explosivity adalah topik Kuliah Tamu (Guest Lecture) yang diselenggarakan atas kerjasama Program Studi Geologi Universitas Pattimura dengan Institut Teknologi Bandung, melalui Zoom Cloud Meeting, Selasa (16/6). Pembicara dalam kegiatan ini adalah Michael Cassidy, BSc (Hons), M.Sc, Ph.D dari Research Fellow at Oxford University Inggris, yang merupakan Universitas terbaik I di Dunia. Moderator kegiatan ini adalah Dr. Eng Mirzam Abdulrrahman, S.T, M.T selaku Dosen ITB yang sekaligus sebagai tenaga pengajar pada Program Studi Geologi Universitas Pattimura.

Kegiatan ini memberikan gambaran bagaimana mengenal lebih dekat letusan eksplosif dan efusif dengan melakukan investigasi terhadap faktor yang mengontrolnya. Seperti yang diketahui, Maluku merupakan wilayah kepulauan yang dikategorikan ‘Ring or Fire’ sehingga rentan terhadap gempa, salah satunya contoh adalah terdapat Gunung Api Banda yang merupakan Gunung Api aktif, ini yang melatarbelakangi dan menjadi fokus diselenggarakan kulia tamu, hal ini disampaikan oleh Wilma Latuny, S.T, M.Si, M.Phil, Ph.D selaku Dosen pada Program Studi Geologi Universitas Pattimura yang juga merupakan Ketua International Office Universitas Pattimura. Lanjut, dikatakan bahwa selain sebagai implementasi MoU (Unpatti-ITB) dan MoA (Unpatti dan FITB ITB) khususnya dalam Bidang Teknik Geologi. Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan sebagai Media untuk meningkatkan kualitas pemahaman ilmu di Bidang Teknik Geologi dan Vulkanologi.

Dalam sambutannya ketika membuka Guest Lecture ini, Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini dan memberi atensi kepada Michael Cassidy, BSc (Hons), M.Sc, Ph.D yang berkenan menjadi pembicara dan Dr. Eng Mirzam Abdurrachman, S.T, M.T selaku Dosen ITB yang merupakan Tenaga Pengajar pada Program Studi Geologi Universitas Pattimura yang menjadi Moderator dan Inisiator dalam kegiatan ini. Prof. Saptenno menjelaskan bahwa Universitas Pattimura ada pada wilayah kepulauan yang masuk dalam kategori ‘Ring of Fire’ atau Cincin Api sehingga rentan terhadap gempa dan ini menjadi tantangan bagi Universitas Pattimura terutama para pengajar yang berminat melakukan penelitian tetapi juga memungkinkan untuk dilakukannya Riset bersama di Ambon khususnya terkait Vulkanologi pada zona Ring of Fire. Selain itu, Guest Lecture ini diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan dari para pengajar dan mahasiswa (Sharing Knowladge) Program Studi Geologi yang merupakan Program Studi baru di Universitas Pattimura, sehingga Universitas Pattimura akan terus berkolaborasi dan membangun Network dengan Institusi International sebagai salah satu bentuk Akreditasi Program Studi maupun Akreditas Universitas Pattimura dan berharap dari kegiatan ini diperoleh informasi dan masukkan yang lebih baik untuk pengembangan Bidang Geologi maupun Vulkanologi itu sendiri.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor Universitas Pattimura menyampaikan keinginannya untuk melakukan Riset bersama dan kerjasama lanjut dengan Universitas of Oxford, Inggris, yang akan dibicarakan lebih lanjut setelah Pandemi Covid-19 berkahir.

Guest Lecture dilakukan melalui Zoom Cloud Meeting yang melibatkan para Tenaga Pengajar dan mahasiswa Teknik Geologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *