Penandatanganan Kerjasama (MoU/PKS) Antara PT. Pegadaian (Persero) Area Ambon Dengan Universitas Pattimura Ambon (Unpatti)

UNPATTI,- Rabu, tanggal 23 September 2020 berlangsungnya Penandatanganan Kerjasama (MoU/PKS) antara PT. Pegadaian (Persero) Area Ambon dengan Universitas Pattimura Ambon (Unpatti). Penandatanganan dilakukan oleh Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum selaku Rektor Universitas Pattimura dan Asih Subekti, S.E, M.M selaku Deputi Bisnis PT. Pegadaian (Persero) Area Ambon.

Nota Kesepahaman ini dibuat berdasarkan itikad baik dan prinsip-prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik (Good Corporate Governance), serta tunduk pada semua ketentuan hukum dan ketentuan Peraturan perundang-undangan yang berlaku. Dalam melaksanakan Nota Kesepahaman ini, para Pihak memberikan kontribusi sesuai dengan peran dan kompetensi serta ketersediaan aset yang dimiliki oleh masing-masing Pihak.

Maksud Nota Kesepahaman ini adalah sebagai landasan hukum bagi para pihak untuk melakukan kerjasama yang berdasar pada asas saling membantu, mendukung dan taat pada peraturan perundang-undangan yang berlaku. Tujuan Nota Kesepahaman ini adalah untuk mengoptimalisasikan kemampuan masing-masing Pihak dalam melaksanakan, mengembangkan serta meningkatkan fungsi dan tugasnya.

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, Universitas Pattimura menyambut baik pelaksanaan  Penandatanganan Kerjasama (MoU/PKS), apalagi saat ini status Unpatti beralih dari Perguruan Tinggi Satuan Kerja (Satker) menjadi Badan Layanan Umum (BLU). Dengan demikian Unpatti diberi kewenangan mengelola aset sebagai sumber pendapatan negara bukan pajak (PNBP) dan dapat digunakan untuk peningkatan pelayanan pendidikan.

Lanjut dikatakan, Unpatti mempunyai aset lahan yang dapat dimanfaatkan dan terbuka untuk badan-badan usaha lainnya dan saat ini Unpatti telah berkerjasama dengan Pihak Perbankan, yakni Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Mandiri, Bank Tabungan Negara (BTN). Prof Saptenno berharap, kerjasama yang dilakukan antara PT. Pegadaian (Persero) Area Ambon dengan Universitas Pattimura Ambon lewat pembukaan cabang “The Gade Coffee And Gold” diarea Universitas Pattimura, dapat menjawab kebutuhan dan mengatasi masalah-masalah yang dihadapi masyarakat ditengah Pandemi Covid-19 maupun kehidupan normal mendatang.

Unpatti juga akan terus mendorong peningkatan kerjasama untuk membuka peluang bagi pengembangan serta pengelolaan semua bidang termasuk pada Bidang Pertanian dan Perikanan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *