PRODI MATEMATIKA UNPATTI ADAKAN SEMINAR ONLINE: RISET DAN INOVASI PEMODELAN MATEMATIKA BIOLOGI

UNPATTI,- Program Studi Matematika Fakultas MIPA Unpatti melaksanakan Seminar Online dengan mengangkat tema: Riset dan Inovasi Pemodelan Matematika Biologi, Rabu (19 Agustus 2020), menghadirkan narasumber Prof. Dr. Agus Suryanto, M.Sc dosen matematika Fakultas MIPA Universitas Brawijaya

Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd., M.Si, dalam sambutannya sekaligus membuka Seminar  Online mengatakan melalui Seminar ini kita mendapatkan banyak ilmu baik untuk pengembangan diri maupun pengembangan keilmuan, selain itu juga  kegiatan ini merupakan tempat berbagi ilmu dan pengalaman secara online yang berdampak positif dan bermanfaat bagi dosen, guru mahasiswa maupun pendidik yang mengampu Bidang Studi Biologi.

Harapannya melalui kegiatan ini para peserta mendapatkan informasi secara komperhensif. Sementara itu Ketua Program Studi Matematika Fakultas MIPA Unpatti, Zeth A. Leleury, S.Si, M.Si dalam wawancaranya mengatakan tema yang diangkat kali ini yaitu Riset dan Inovasi Pemodelan Matematika Biologi, mengingat kondisi dunia yang sementara dilanda dengan pandemi covid-19, dengan demikian bagaimana peran ilmu matematika tidak hanya menjawab persoalan-persoalan terkait dengan pandemi saja, akan tetapi secara umum bagaimana peran matematika lewat pemodelan matematika bisa diterapkan dalam dunia nyata terlebih khusus dalam ilmu biologi yakni interaksi populasi. Sehingga output yang diharapkan melalui kegiatan ini yakni muncul riset-riset yang inovatif dan kekinian yang bisa menjawab tantangan-tantangan yang terjadi di masyarakat saat ini, selain itu juga melalui seminar online ini muncul kolaborasi penelitian di antara sesama ilmuwan matematika terlebih khusus dengan Universitas Brawijaya.

Seminar Online ini diikuti oleh 665 peserta dari seluruh Indonesia baik kalangan dosen, guru, peneliti praktisi, Litbang, BPS, Balai Kesehatan. Dan untuk mahasiswa diwajibkan mengikuti seminar ini karena merupakan salah satu bagian dari materi perkulihan Pemodalan Matematika dan mendapat gambaran untuk penyelesaian tugas akhir.

Prodi Matematika akan tetap menggelar Webinar selama Pandemi dan hari ini Webinar dilaksanakan oleh devisi matematika terapan dan komputasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *