Program Studi Statistika Menggelar Seminar Online Series 1

UNPATTI,- Program Studi Statistika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pattimura Menggelar Seminar Online Series 1 dengan tema Pemodelan dan Peramalan Data Google Trends dengan Pendekatan Time Series Klasik dan Modern : Trends, Seasonal, dan Calendar Variation.

Seminar ini menghadirkan Narasumber dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Dr. Suhartono, M.Sc (Dosen Departemen Statistika) yang juga merupakan Ketua Forum Pendidikan Tinggi Statistika, dan dipandu oleh Moderator dari Universitas Pattimura, Sanlly J. Latupeirissa, S.Si, M.Si (Dosen Program Studi Statistika).

“Saat ini kita berada pada Era Revolusi 4.0 dan implementasinya baru kita rasakan karena Pandemi Covid-19 yang terjadi sampai di pelosok-pelosok tanah air, dan mengharuskan untuk kita melakukan aktivitas sebagian besar secara online, bahkan dunia pendidikan sangat merasakan kondisi pandemi termasuk bidang-bidang lainnya”, ujar Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. P. Kakisina, S.Pd, M.Si saat membuka kegiatan Seminar Online Series 1, Sabtu (1 Agustus 2020). Lanjut, berdasarkan data online, orang Statistik dapat bekerja dan bisa mengeluarkan hasil-hasil riset yang akurat.

“Bagi orang-orang di Laboratorium yang harus melakukan penelitian, ada kendala yang dihadapi. Tetapi orang Matematika dan Statistika, saat ini punya kesempatan untuk bisa menghasilkan pikiran-pikiran serta tulisan-tulisan yang bermanfaat dalam kondisi Pandemi Covid-19”, katanya.

Sebagai Pimpinan Fakultas, saya mengucapkan terimakasih untuk kehadiran peserta dalam acara Seminar Online Series 1. “Dari Kota Ambon, tepatnya di Fakultas MIPA Unpatti, Kampus Orang Basudara, saya menyampaikan “Selamat Seminar” semoga Seminar ini bermanfaat bagi kita semua”, tutup Prof Kakisina

Beliau berharap, seminar dihari ini akan memberikan manfaat yang luar biasa bagi semua peserta yang mengikuti Seminar Online Series 1. Beliau menambahkan, Seminar saat ini bukan yang pertama untuk dilaksanakan tetapi akan dilanjutkan dengan seminar-seminar yang lainnya sehingga kita semua dapat memberikan kontribusi kepada daerah dan juga kepada Indonesia.

Ketua Prodi Statistika, Ferry Kondo Lembang, S.Si, M.Si mengatakan  pemilihan tema seminar online seri 1 ini adalah untuk memperkenalkan kepada khalangan umum bahwa akademisi dan statistician bisa tetap produktif dalam melaksanakan riset dan melakukan pengelolaan data meskipun ada dalam Pandemi Covid-19, dan masyarakat umum juga dapat memanfaatkan data-data yang ada pada Geogle Terends untuk melakukan riset. “Jadi intinya tujuan seminar ini adalah tetap produktif di masa WFH sebagai seorang statistika“, ujarnya.

Kegiatan yang diikuti oleh 427 orang yang terdiri dari Guru Besar, akademisi, mahasiswa S1, S2 dan S3, institusi pemerintah seperti Badan Pusat Statistik, Otoritas Jasa Keuangan, serta masyarakat umum dari berbagai daerah di Indonesia, disambut baik oleh para  peserta kegiatan.

“Diharapkan dari kegiatan ini akan menambah pengetahuan dan kemampuan para peserta untuk memodelkan data di Geogle Trend, membantu mahasiswa untuk  menyelesaikan tugas akhir yang terkait analisis Times Series dan mensosialisasikan keberadaan Program Studi Statistika kepada masyarakat umum“ hal ini disampaikan oleh Ketua Pelaksana Seminar, Lexy Janzen Sinay, S.Si, M.Sc

Beliau menambahkan, Program Studi Statistika sebagai pioneer di Maluku berupaya untuk terus mensosialisasi Ilmu Statistik karena banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh. Kebijakan dan penyusunan arah pembangunan memerlukan kajian data sehingga Pemerintah Daerah, Kabupaten/Kota di Maluku diharapkan bisa berkerjasama dan memperoleh data melalui riset dengan Perguruan Tinggi dalam hal ini Program Studi Statistik dan Universitas Pattimura akan mensupport Prodi Statistika untuk membangun Maluku dari sisi keilmuan. Lanjut, direncanakan kedepan Program Studi Statistika akan membuka Lembaga Layanan Riset Statistika dan siapapun yang memiliki riset dan membutuhkan analisa data bisa berkonsultasi dengan Prodi Statistika Universitas Pattimura.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *