Publication Management Center (PMC) Universitas Pattimura Selenggarakan Webtalk Seri III

UNPATTI,- Webtalk seri III dengan tema “ Peningkatan Tata Kelola Jurnal Menuju Akrditasi Nasional dan Penulisan Artikel Ilmiah”, diselenggarakan oleh Publication Management Center (PMC) Universitas Pattimura dalam rangka meningkatkan kuantitas dan kualitas publikasi bagi satf dan dosen di lingkungan Universitas Pattimura di buka oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum, Kamis (13/8/2020).

Tujuan dari pelaksanaan Webtalk Seri III yakni

  1. Menambah wawasan dan pengetahuan para pengelola jurnal di lingkungan Unpatti tentang tata kelola jurnal yang baik dan berkualitas menuju Akreditasi Sinta
  2. Memberikan pemahaman kepada para pengelola jurnal di Unpatti tentang tips dan trik penilaian akeditasi agar jurnal-jurnal yang belum terakreditasi dapat segera mengajukan proses akreditasi
  3. Memberikan Motivasi kepada para pengelola jurnal di lingkungan Unpatti yang sudah terakreditasi agar dapat membenahi jurnalnya dalam rangka peningkatan akreditasi jurnal yang lebih tinggi.

Ketua  PMC Unpatti, Dr. Ir. Fransina S. Latumahina, S.Hut., MP.IPP dalam laporannya menjelaskan, melihat situasi perkembangan pengelolaan jurnal di Unpatti yang semakin membaik dalam dua tahun belakangan ini, sehingga dipandang perlu untuk menyatukan persepsi semua pengelola jurnal yang ada melalui beragam pelatihan dan pencerahan ilmu pengetahuan terkait dengan pengelolaan jurnal yang semakin berkembang di Idonesia, untuk itu PMC sebagai wadah baru di Universitas Pattimura di harapkan dapat menjadi motor penggerak bagi perkembangan jurnal di Unpatti.

“Kami berharap semoga para pengelola jurnal di lingkungan Unpatti dapat bekerja sama dengan Publication Management Center (PMC) Unpatti untuk memajukan jurnal- jurnal yang tumbuh di lingkungan Universitas Pattimura sehingga lebih subur untuk sampai pada tingkatan akreditasi tertinggi di Indonesia dan apabila di mungkinkan akan muncul jurnal-jurnal bereputasi Internasional dari Universitas Pattimura Ambon suatu hari nanti “ ungkapnya.

Sementara itu Rektor dalam sambutannya mengatakan sesuai dengan data, Indonesia memiliki budaya baca yang rendah di bandingkan dengan Malasia dan Singapura, oleh karena perlu adanya rumusan,tema ,judul, dan jurnal ilmiah yang menarik  yang memiliki nilai jual sehingga membuat orang tertarik untuk membaca, dan mereka dapat mengembangkan diri dalam masyarakat, tulisan tersebut harus dapat dikaji secara ilmiah. oleh karena itu di harapakan bagi para pengelola jurnal di tuntut untuk dapat menulis dengan baik dan berkualitas.

Kegiatan Webtalk ini di ikuti oleh 65 orang peserta yang terdiri dari para Dekan, Ketua Lembaga dan para pengelola jurnal dalam Lingkup Universitas Pattimura dengan menghadirkan nara sumber Prof. Dr. Irwansyah, SH., M.H yang merupakan Dosen Fakultas Hukum Universitas Hasanudin yang juga merupakan Asesor Akreditasi Jurnal Ilmiah dan EditorIn Chief Jurnal Hasanudin Law Review.

Leave a Reply

Your email address will not be published.