Pusat Manajemen Publikasi Universitas Pattimura Menggelar Webtalk Seri 2

UNPATTI,- Pusat Manajemen Publikasi Universitas Pattimura menggelar Webtalk Seri 2 dengan tema “Peningkatan Tata Kelola Jurnal Menuju Akreditasi Sinta”, Kamis (06 Agustus 2020). Kegiatan ini menghadirkan 3 Narasumber, yakni :

  1. Lukman, S.T, M.T menjabat sebagai Kasubdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah RISTEKBRIN/Kemenristek/BRIN dan juga Sekretaris LLDIKTI 6 Jawa Tengah, dengan materi “Perkembangan Jurnal Ilmiah Di Indonesia dan Pengembangannya”
  2. Mochammad Tanzil Multazam dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Crossref Ambassador, dengan materi “Digital Object Identifier”
  3. F. J. Polnaya, S.P, M.P selaku Editor In Chief AGRITEKNO : Jurnal Teknologi Pertanian, Team Akreditasi PMC Unpatti, dengan materi “Proses Review dan Maintenance Form Review Pada OJS3”.

Mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerjasama dan Sistem Informasi, Dr. Muspida, M.Si dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada para Narasumber yang bersedia membagikan ilmu kepada seluruh dosen dan para peserta yang membutuhkan pengembangan, khususnya di Bidang Penelitian dan Penulisan Jurnal.

“Salah satu persyaratan didalam Grade University atau Rangking Universitas yang memiliki bobot sangat tinggi adalah keterlibatan dosen didalam jurnal, khususnya jurnal yang berskala International”, ujar Dr. Muspida. Lanjut, kegiatan ini sangat dibutuhkan dan bermanfaat bagi setiap dosen didalam pengembangannya, “Kendala utama yang dihadapi selama ini, baik faktor kenaikan pangkat bahkan mencapai Guru Besar adalah terbatasnya penulisan jurnal”, tandasnya.

Diharapkan, ini menjadi moment bagi para dosen dalam mengikuti Webtalk Seri 2 dengan baik, sehingga dapat berkoordinasi secara langsung dengan para Narasumber terkait tulisan jurnal skala International. Beliau berharap, dalam Webtal Seri 2 ini dapat memberikan peningkatan penulisan jurnal bahkan sampai pada penulisan-penulisan yang berstandar inovasi tinggi. “Banyak hal dapat dilakukan khususnya Sumber Daya Alam di Maluku untuk memperkenalkan potensi-potensi Sumber Daya Alam melalui jurnal-jurnal International”, tutupnya.

“Webtalk Seri 2 PMC kali ini lebih berpusat pada pengelola jurnal, baik dari Perguruan Tinggi, lembaga-lembaga penelitian, sekolah maupun organisasi yang mempunyai Jurnal ditempat kerja. Disisi lain, kami lebih memprioritaskan para Pengelola Jurnal di Universitas Pattimura, karena banyak jurnal yang dalam kondisi tidak sehat, ada yang berjalan tidak baik dan ada yang belum terakreditasi”, tutur Ketua PMC Unpatti, Dr. Fransina Latumahina, S.Hut, M.P, IPP

Lanjut, pada prinsipnya lewat kegiatan ini, semua jurnal-jurnal terkelola di Unpatti bisa sampai pada tahap Akreditasi. “Kami menghadirkan 3 Narasumber dengan kompeten yang bisa mengantar para pengelola jurnal, sehingga jauh lebih baik kedepan”, katanya.

Dr. Fransina menambahkan, ada 3 tujuan kegiatan Webtalk Seri 2 ini, adalah :

  1. Menambah wawasan dan pengetahuan dosen khususnya pengelola jurnal tentang tata kelola jurnal yang baik dan berkualitas menuju akreditasi Sinta
  2. Memberikan pemahaman dan memotivasi para dosen tentang tips dan trik penilaian akreditasi agar jurnal-jurnal yang belum terakreditasi dapat segera mengajukan proses akreditasi
  3. Memberikan pemahaman dan memotivasi para dosen atau para pengelola jurnal yang sudah terakreditasi agar dapat membenahi jurnalnya dalam rangka peningkatan akreditasi jurnal.

“Peserta Webtalk Seri 2 PMC Unpatti sebanyak 604 orang, yang terdiri dari dosen Universitas Pattimura dan dari Perguruan Tinggi lainnya dari Indonesia. Peserta mengikuti Webtalk melalui Aplikasi Zoom dan Live Streaming YouTube”, tutupnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.