Universitas Pattimura Melaksanakan UTBK Jalur Mandiri

Universitas Pattimura, melaksanakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Jalur Mandiri, 26 – 29 Agustus 2020. Jumlah Peserta yang mendaftar untuk mengikuti UTBK Jalur Mandiri adalah 3,031 peserta.

Selain di Universitas Pattimura, Lokasi pelaksanaan kegiatan UTBK Mandiri Tahun 2020 juga berlangsung di beberapa kabupaten/kota, dan lokasi tersebut adalah :

  1. Kampus Poka Ambon
  • Ruang Unit Pelaksana Teknologi dan Informasi Komunikasi
  • Laboratorium Komputer Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Laboratorium Komputer Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Laboratorium Komputer Fakultas Kedokteran
  • Perpustakaan Fakultas Hukum
  1. Laboratorium Komputer SMA Negeri 1 Tual
  2. Laboratorium Komputer SMA Negei 5 Tual
  3. Laboratorium Komputer SMK Negeri 1 Tual (Maluku Tenggara)
  4. Laboratorium Komputer SMA Negeri 13 Tiakur
  5. Laboratorium Komputer SMA Yos Sudarso Dobo
  6. Laboratorium Komputer SMA Negeri 8 Kepulauan Tanimbar
  7. Laboratorium Komputer SMK Negeri 6 Kepulauan Tanimbar

Untuk pelaksanaan UTBK di Universitas Pattimura berlangsung dari tanggal 26 – 29 Agustus 2020, Untuk Kabupaten MBD dan Kepulauan Aru akan berlangsung tanggal 27 – 29 Agustus 2020, dan Untuk Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara dan  Kepulauan Tanimbar akan berlangsung  tanggal 29 Agustus 2020.

Dalam penjelasannya,  Rektor Universitas Patttimura Prof. Dr.  M. J. Saptenno, SH., M.Hum mengatakan pelaksanaan kegiatan UTBK Jalur Mandiri Tahun 2020 dilaksanakan sesuai dengan protokol Covid 19 dan memang terjadi penurunan jumlah peserta mengingat  kondisi pandemi yang terjadi sampai saat ini.

Universitas Pattimura mendapat rekomendasi pelaksanaan dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Ambon, Nomor : 235/GTPP-C19/m/2020, yang ditandatangani oleh Sekretaris Kota Ambon selaku Sekretaris  Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19. Pelaksanaan Tes UTBK dilaksanakan sesuai schedule yang ditetapkan. Panitia pelaksanan senantiasa menerapkan Protokol Kesehatan dengan memperhatikan jarak duduk peserta disetiap ruang, penyemprotan disinfektan sebelum dan sesudah pelaksanaan UTBK berlangsung pada tiap sesi di tiap ruang, memastikan ruang dan semua peralatan yang digunakan steril, menyiapkan wastafel, handshop dan tissue bagi peserta sebelum masuk ruangan, mengecek suhu badan peserta, mewajibkan penggunaan masker bagi peserta dan panitia, dan menyediakan handsanitaizer pada tiap-tiap ruang di masing-masing lokasi pelaksanaan.

Dr. J. Pagaya, M.Kes  yang mewakili Rektor pada saat membuka kegiatan mengatakan, UTBK Mandiri tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena  selain dilaksanakan dalam situasi pandemic covid 19, hanya ada satu tes yang diuji yakni Tes Potensi Skolastik untuk mengukur kemampuan penalaran dan pemahaman umum. Apabila para peserta mampu mengerjakannya dengan baik itu akan menunjukan kemampuan dan kesiapan untuk melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi. Beliau berharap, para peserta dapat menyelesaikan tes ini dengan baik sesuai mekanisme yang telah ditentukan dan berhasil masuk ke Perguruan Tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.