Universitas Pattimura Menjadi Tuan Rumah Lokakarya UI Green Matric Wilayah Timur Indonesia Yang Digelar Secara Virtual

UNPATTI,- Universitas Pattimura, dipercaya menjadi Tuan Rumah Pelaksanaan Lokakarya UI Green Matric untuk Wilayah Indonesia Timur, 6 Agustus 2020 mendatang.

Tema dari UI Green Metric tahun 2020 dimana adalah menuju kampus berkelanjutan dalam tatanan baru, dimana tema ini disesuiakan dengan sutuasi Pandemi 19, maka dipersiapkan kampus yang juga berdamai dengan Covid-19. Dalam rangka mensukseskan rangkaian kegiatan UI Green Metric 2020 ini maka diadakan kegiatan dalam bentuk lokakarya secara virtual pada tanggal 6 Agustus 2020 yang terbagi kedalam tiga sesi.

Dalam lokkarya ini akan ini akan membahas mengenai perkembangan UI Greenmetric World Univeristy Rankings Network (UI GWURN) Indonesia dan diskusi kegiatan UI GWURN yang mencakup shaping global higher education and research in sustainability, creating global sustainability leaders dan partnering on solutions to sustainability challenges.

Dan Juga akan ada sesi deklarasi UI Greenmetric. Dimana akan  diawali dengan penjelasan mengenai tentang pembangunan di Maluku yang dilakukan oleh kepala BAPEDA, kemudian penandatanganan deklarasi UI Greenmetric oleh pemangku kepentingan, penjelasan mengenai UI Greenmetric dan UI GWURN (GreenMetric World University Rankings Network) serta indikator dan kuisioner UI Greenmetric. Kemudian dilanjutkan dengan lokakarya yang terbagi menjadi tiga sesi berdasarkan tema masing-masing, sesi pertama bertema penataan dan insfrastruktur, Sesi kedua energi dan perubahan iklim, limbah. Dan sesi ketiga bertema air, transportasi, pendidikan dan penelitian.

“Universitas Pattimura siap melaksanakan Lokakarya UI Green Metric yang bertujuan mensosialisasikan standar baku dalam pembangunan kampus hijau”, hal ini disampaikan oleh Dr. P. J. Kunu, MP selaku Kepala Pusat Studi Lingkungan Universitas Pattimura, yang menjadi Ketua Panitian Pelaksanaan UI Green Metric di Wilayah Timur Indonesia. Lanjut dikatakan  “persiapan-persiapan terus dilakukan oleh panitia yang dibentuk dengan SK Rektor Nomor : 814/UN13/SK/2020 dan kegiatan tersebut diharapkan diikuti oleh berbagai institusi yang nantinya diharapkan terlibat dalam pelaksanan Lokakarya tersebut dan  kita bersyukur bahwa banyak Universitas terkemuka di Indonesia sudah mempunyai komitmen untuk pengembangan kampus dengan memperhatikan kelestarian lingkungan dan Universitas Pattimura juga akan melakukan hal yang sama, untuk itulah kami siap menjadi tuan rumah penyelenggaraan pelaksanaan Lokakarya UI Green Matric Bagian Timur Indonesia”, ujarnya.

Universitas Pattimura sendiri telah berkomitmen dalam pembangunan Kampus Hijau dengan dilakukannya pencanangan Hutan Kota Pela Gandong oleh Menteri Lingkungan Hidup  Baltasar Kambuaya 12 Pebruari 2013 lalu  dan penandatangan Nota Kesepahaman antara Universitas Pattimura dan Kementerian Lingkungan Hidup yang menjadi

Apa itu UI Green Metric World University Rankings?

Universitas Indonesia (UI) mengawali sebuah Peringkat Universitas Dunia pada tahun 2010 yang kemudian dikenal dengan nama “UI GreenMetric World University Rankings” untuk mengetahui usaha berkelanjutan kampus. Hal ini dimaksudkan untuk membuat survei online untuk melihat program dan kebijakan berkelanjutan pada Universitas di seluruh dunia.

Secara umum, mendasarkan penilaiannya dalam konsep kerangka lingkungan, ekonomi dan persamaan. Agar indikator dan kategori pemeringkatan dapat relevan bagi semua universitas, telah merancangindikator dan bobot sedemikian rupa sehingga jauh dari bias. Pekerjaan mengumpulkan dan mengirimkan data jauh lebih mudah dan membutuhkan waktu yang relatif singkat. Sembilan puluh lima universitas dari 35 negara ambil bagian dalam GreenMetric 2010 yakni sebanyak 18 dari Amerika, 35 dari Eropa, 40 dari Asia dan dua dari Australia. Pada tahun 2018 sebanyak 719 universitas dari 81 negara di seluruh dunia ikut berpartisipasi. Hal ini menunjukkan bahwa UI GreenMetric dikenal sebagai yang pertama dan satu-satunya pemeringkatan universitas dunia dalam hal berkelanjutan.

Narasumber pada kegiatan ini adalah :

  • Gunawan Tjahjono, Staf Ahli UI GreenMetric, Universitas Indonesia.

Penjelasan UI GreenMetric dan UI GWURN (UI GreenMetric World University Ranking Network), Indikator dan Kuesioner UI GreenMetric

  • Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum, Rektor Universitas Pattimura.

Pengelolalaan Penataan dan Infrastruktur di Universitas Pattimura

  • Dr. Lalu Husni, S.H, M.Hum, Rektor Universitas Mataram.

Pengelolaan Energi dan Perubahan Iklim di Universitas Mataram

  • Dr. Muhammad Zamrun F, S.Si, M.Si, M.Sc, Rektor Universitas Halu Oleo.

Pengelolaan Limbah di Universitas Halu Oleo

  • Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A, Rektor Universitas Hasanuddin.

   Pengelolaan Air di Universitas Hasanuddin.  

  • Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, M.Sc, DEA, Rektor Universitas Sam Ratulangi.

Pengelolaan Transportasi di Universitas Sam Ratulangi

  • Dr. Julyeta P. A. Runtuwene, MS, Rektor Universitas Negeri Manado.

Pengelolaan Pendidikan di Universitas Negeri Manado

Tema tahun ini adalah “Sustainable University in a Changing World: Lessons, Challenges and Opportunities”, yang menitikberatkan kepada usaha universitas bersama mitra berkaitan dengan isu keberlanjutan dan melihat lebih jauh kemitraan universitas untuk memperbaiki keberlanjutan kampus.

Tujuan UI Green Metric

  • Berkontribusi dalam wacana berkelanjutan dalam bidang pendidikan dan penghijauan kampus.
  • Mempromosikan universitas sebagai agen perubahan sosial berkaitan dengan tujuan-tujuan berkelanjutan.
  • Menjadi alat penilaian diri tentang keberlanjutan kampus untuk institusi pendidikan tinggi di seluruh dunia.
  • Menginformasikan kepada pemerintah, badan lingkungan setempat dan internasional serta

masyarakat tentang program-program berkelanjutan di kampus.

Partisipan Kegiatan

Semua universitas di seluruh dunia yang mempunyai komitmen tinggi terhadap permasalahan keberlanjutan lingkungan bisa ikut serta dalam pemeringkatan tahunan UI GreenMetric.

Manfaat UI Green Metric

  • Internasionalisasi dan pengakuan

Keikutsertaan dalam UI GreenMetric bisa membantu usaha internasionalisasi dan pengakuan dengan penyajian usaha-usaha keberlanjutannya pada percaturan global. Selain itu , partisipasi pada UI Green Metric akan menghasilkan meningkatnya jumlah pengunjung website, meningkatnya jumlah “mention” ke institusi berkaitan dengan keberlanjutan dan akhirnya meningkat pula korespondensi dengan calon mitra.

  • Meningkatkan kesadaran tentang permasalahan keberlanjutan

Keikutsertaan dapat membantu kesadaran di universitas dan sekitarnya tentang pentingnya permasalahan keberlanjutan. Dunia menghadapi masalah yang tak pernah terjadi sebelumnya seperti membengkaknya jumlah populasi, pemanasan global, eksploitasi sumber daya alam yang berlebihan, ketergantungan minyak,air dan ketahanan pangan dan berkelanjutan. Kami manyadari bahwa peran perguruan tinggi sangat penting terhadap perubahan tersebut. UI GreenMetric menggunakan peran penting dari institusi perguruan tinggi

untuk meningkatkan kesadaran dengan cara menilai dan membandingkan sejauh mana usaha yang dilakukan dunia pendidikan terhadap pembangunan yang berkelanjutan, riset yang berkelanjutan, penghijauan kampusdan pengaruh sosialnya.

  • Perubahan dan aksi sosial

UI Green Metric bertujuan meningkatkan kesadaran namun perkembangannya di masa mendatang dapat diadaptasi menjadi perubahan yang sesungguhnya. Pemahaman perlu diubah menjadi aksi nyata apabila semua pihak menganggap bahwa menghadapi tantangan global adalah penting.

  • Jejaring

Semua peserta UI GreenMetric secara otomatis akan menjadi anggota UIGWURN (UI GreenMetric World University Rankings Network). Dalam jejaring ini, anggota dapat berbagi pengalaman terbaiknya dalam menjalankan program-program berkelanjutan dan juga membangun jejaring dengan mitra dari seluruh dunia dalam pertemuan tahunan baik tingkat nasional dan internasional di universitas penyelenggara yang sudah ditetapkan. Peserta juga bisa menyelenggarakan lokakarya teknis di masing-masing universitasnya. Sebagai platform yang akan mengubah isu menjadi aksi, jejaring ini dikelola oleh UI GreenMetric sebagai sekretariatnya. Program dan arahan diajukan dan ditentukan oleh komite pengarah yang terdiri dari sekretariat UI GreenMetric, koordinator regional dan nasional. Saat ini jaringan UI GreenMetric terdiri dari 719 universitas yang berasal dari Asia, Eropa, Afrika, Australia,Amerika dan Oceania serta 1,997,294 staf pengajar, 16,413,522 mahasiswa dengan US$ 7,529,219,073 dana riset untuk lingkungan dan keberlanjutan.

Keterlibatan berbagai pihak dalam konsep pelestarian lingkungan hijau dari waktu ke waktu terus meningkat baik secara nasional dan  Internasional dan keterlibatan perguruan tinggi serta kesadaran seluruh civitas akademika menjadi basic pembangunan  “Green Campus”.

Lokakarya UI GreenMetric untuk Wilayah Indonesia Timur 2020

6 Agustus 2020

Universitas Pattimura, Indonesia

(Zoom Cloud Meeting, WIB, GMT+7)

Program Tentative
Waktu (WIB) Kegiatan
08.00 – 08.30 ·         Ramah-tamah

·         UI GreenMetric Video Profile

·         Universitas Pattimura Video Profile

08.30 – 08.40 Sambutan

·       Prof. Dr. Marthinus J. Saptenno, SH., M.Hum, Rektor, Universitas Pattimura

·       Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M., Ketua UI GreenMetric World University Rankings

08.40 – 08.55 Keynote Speaker:

·         Nama, Posisi, Institusi

Judul Presentasi

08.55 – 09.30 Sesi 1: UI GreenMetric

Moderator:

Nama, Posisi, Universitas Pattimura

Pembicara:

·         Prof. Gunawan Tjahjono Staf Ahli UI GreenMetric, Universitas Indonesia (20 menit)

Penjelasan UI GreenMetric dan UI GWURN (UI GreenMetric World University Ranking Network), Indikator dan Kuesioner UI GreenMetric

Tanya Jawab (15 menit)

09.30 – 09.35 Deklarasi Keanggotaan UI GreenMetric World University Rankings
09.35 – 10.30 Sesi 2: Pengelolaan Penataan dan Infrastuktur, Energi dan Perubahan Iklim, Limbah

Moderator:

Nama, Posisi, Universitas Pattimura

Pembicara:

·         Prof. Dr. Marthinus J. Saptenno, SH., M.Hum, Rektor, Universitas Pattimura*

(15 menit)

Pengelolalaan Penataan dan Infrastruktur di Universitas Pattimura

·         Prof. Dr. Lalu Husni, SH., M.Hum. Rektor, Universitas Mataram* (15 menit)

Pengelolaan Energi dan Perubahan Iklim di Universitas Mataram

·         Prof. Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc., Rektor, Universitas Halu Oleo* (15 menit)

Pengelolaan Limbah di Universitas Halu Oleo

Tanya Jawab (10 menit)

10.30 – 11.25 Sesi 3: Pengelolaan Air, Transportasi, Pendidikan dan Penelitian

Moderator:

Nama, Posisi, Universitas Pattimura

Pembicara:

·         Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu, M.A., Rektor, Hasanuddin University* (15 menit)

Pengelolaan Air di Hasanuddin University

·         Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc. DEA., Rektor, Universitas Sam Ratulangi*

(15 menit)

Pengelolaan Transportasi di Universitas Sam Ratulangi

·         Prof. Dr. Julyeta P. A. Runtuwene, MS., Rektor, Universitas Negeri Manado* (15 menit)

Pengelolaan Pendidikan di Universitas Negeri Manado

Tanya Jawab (10 menit)

11.25 – 11.30 Sambutan tuan rumah Lokakarya UI GreenMetric untuk Wilayah Indonesia Timur 2021 oleh …
11.30 – 11.40 Penutup:

·         Prof. Dr. Marthinus J. Saptenno, SH., M.Hum, Universitas Pattimura

·         Prof. Dr. Ir. Riri Fitri Sari, M.Sc., M.M., Ketua UI GreenMetric World University Rankings

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.