Webinar #3 Education Fair 2020 International Office “University Management in Eastern Indonesia – The New Normal”

UNPATTI,- International Office Universitas Pattimura kembali melaksanakan Webinar seri 3 dengan tema “University Management in Eastern Indonesia – The New Normal” dan sub tema Trend University Management to Support High Quality Teaching and Research (Case Study Pattimura University), 12 Agustus 2020.

Webinar yang dipandu oleh Moderator Dr. Karolis Anaktototy, Ketua Program Studi Bahasa Inggris Pascasarjana Universitas Pattimura menghadirkan Narasumber  dari Universitas Pattimura, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, S.Pd, M.Pd yang adalah Wakil Rektor Bidang Akdemik Universitas Pattimura dan Prof. Dr. Dominggus Malle, S.Pt, M.Sc  yang merupakan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pattimura serta dari  University of  Waterloo : Nello Angerilli, Ph.D, MA

Nello Angerilli, Ph.D, merupakan project manager pada Canadian Eastern Indonesian Universities Development Project. Sebuah proyek yang dibiayai oleh Canadian International Development Agency (CIDA) bekerjasama dengan Simon Fraser University Canada dan bertugas membangun Fakultas Science untuk 5 Universitas di Indonesia dan satu diantaranya adalah di Universitas Pattimura, yakni Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, tetapi juga memberi kesempatan kepada tenaga pendidik di Universitas Pattimura untuk melanjutkan studi di Canada dan berbagai Negara lainnya dengan pembiayaan CIDA sendiri. Nello Angerilli, Ph.D  Pernah menjadi wakil  Rektor di University of  Waterloo Canada dan saat ini beliau bekerja sebagai Specialist consultant of higher education  di Asian Development Bank (ADB) yang sementara mengerjakan projek pendidikan di Universitas Negeri Lampung.  Universitas Pattimura diharapkan bisa mendapat kesempatan berkerjasama dengan Asian Development Bank untuk pembangunan pendidikan yang lebih baik.  Nello Angerilli, Ph.D di kesempatan ini memberikan materi tentang “University Management in Eastern Indonesia – The New Normal” (manajemen Perguruan Tinggi di Indonesia Timur pada Era New Normal) terutama pada Universitas Pattimura.

Bahwa Sistem pendidikan tinggi di Indonesia mengalami peningkatan dengan angka partisipasi kasar telah meningkat secara signifikan, dan sistem yang terus menaiki tangga berkualitas. Tetapi pengembangan sistem tidak seragam di seluruh negeri dan dicirikan oleh mayoritas lembaga bersifat pribadi, relatif kecil dan berkualitas bervariasi. Kesenjangan tetap ada dan perlu diatasi secara institusi. Pentingnya Universitas Pattimura sebagai universitas negeri regional yang menyediakan akses ke pendidikan tinggi bagi ribuan siswa, dan menghasilkan hasil penelitian yang penting secara regional, nasional dan internasional, dari setiap bidang keilmuan, maka tentunya manajemen pengelolaan menjadi penting dan harus diperkuat dan penanganan yang tepat agar Univeritas Pattimura menuju tujuannya.

Dalam Webinar ini Nello Angerilli, PhD, membahas tentang :

  1. Apa yang diinginkan UNPATTI: Universitas riset yang mengajar atau universitas pengajaran yang melakukan riset? Siapa yang harus menentukan ini? Apa keuntungannya?
  2. Apa saja hambatan potensial untuk mencapai tujuan yang disepakati dan bagaimana manajemen dapat menanganinya?
  3. Siapa pemangku kepentingan universitas, secara internal dan eksternal, dan bagaimana mereka harus dilibatkan? Mengapa itu penting?
  4. Bagaimana manajemen memastikan bahwa mahasiswa mendapat informasi tentang pilihan program studi mereka dan pilihan karier yang terkait dengan pilihan itu?
  5. Apa masalah utama dan hambatan yang dihadapi oleh manajer universitas di seluruh dunia? Bagaimana mereka membandingkan dengan universitas di Indonesia? Selain banyak masalah yang sedang berlangsung, Covid-19 Pandemic telah menciptakan lingkungan yang sangat menantang bagi universitas secara global. Adalah tanggung jawab manajemen untuk memastikan bahwa lembaga mereka beroperasi secara optimal, bahkan lebih baik daripada sekarang dengan mempertimbangkan:
  • Cara menciptakan lingkungan belajar yang aman dan efektif untuk beberapa tahun ke depan
  • Bagaimana cara menggunakan peluang yang diciptakan oleh pandemi untuk membuat belajar dan mengajar lebih efektif daripada sebelumnya
  • Bagaimana memastikan kualitas pembelajaran dan pengajaran, termasuk tolok ukur dan tolok ukur internasional.
  • Cara mengatur lembaga yang serumit universitas. Pilihan apa yang terbaik – haruskah manajemen memimpin orkestra atau berpartisipasi dalam Kuartet Jazz – apa bedanya? Mengapa itu penting?
  • Apa yang membuat universitas hebat? Apakah pandemi mengubah ini?

Prof. Dr. F. Leiwakabessy, M.Pd memberikan materi bagaimana Trend Manajemen Universitas Untuk Mendukung Pembelajaran Yang Berkualitas sedangkan Prof. Dr. D. Malle, S.Pt, M.Sc, berbicara  tentang Trend Manajemen Universitas Untuk Mendukung Penelitian Atau Riset Yang Berkualitas. Semua fokus pembahasan dihubungkan dengan kondisi pada Universitas Pattimura.

Mewakili Rektor, Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. F. Leiwakabessy, S.Pd, M.Pd mengharapkan dari Webinar ini Universitas Pattimura mempunyai suatu gambaran tentang bagaimana Manajemen yang baik,  sehingga Univeritas Pattimura bisa lebih maju lagi kedepannya menghadapi Era Normal Baru .

  1. Latuny, ST, M.Si, M.Phil, Ph.D, Ketua Internasional Office mengatakan bahwa ada rekomendasi yang diharapkan dari pelaksanaan webinar ini yaitu tentang tentang bagaimana arah manajemen Univeritas khususnya perguruan Tinggi di Indonesia Timur ini untuk menghadapi New Normal yang terjadi dan strategi apa yang bisa dilakukan untuk menghadapinya. Lanjut dikatakan “diharapkan juga dengan webinar ini ada tindak lanjut terutama ketika Nello Angerilli, PhD, yang merupakan salah seorang yang penting dan berjasa dalam pengembangan fakultas Ilmu dasar dan ilmu alam di Universitas Pattimura, bisa membantu untuk pengembangan projek pembelajaran dan penelitian melalui kerjasama dengan Asian Development Bank (ADB), Academic Without Borders (AWB) maupun lembaga donor pendidikan lainnya yang menjadi jejaring

Webinar ini diikuti oleh unsur Pemerintahan, Akademisi dari Perguruan Tinggi di Wilayah Timur Indonesia, dan praktisi pendidikan.

Internasional Office Universitas Pattimura juga akan melakukan Webinar #4 yang direncanakan berlangsung pada tanggal 28 Agustus 2020, dengan menghadirkan narasumber dari University of British Colombia Canada yang merupakan salah satu universitas mitra MoU Unpatti. Kegiatan ini akan membahas tentang isu lingkungan yang terkait pada bidang pertanian dan kehutanan. Selain itu rangkaian kegiatan Webinar lainya akan tetap berlangsung pada bulan September dan beberapa bulan kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *