Webinar Nasional Pembelajaran Fisika Yang Memerdekakan Di Era New Normal

UNPATTI,- Senin, (7/9) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura Program Studi Pendidikan Fisika menggelar Webinar Nasional Pendidikan Fisika 2020 dengan Tema “Pembelajaran Fisika Yang Memerdekakan Pada Era New Normal”.

Webinar Nasional Pendidikan Fisika 2020 menghadirkan narasumber yakni Prof. Drs. Yohanes Surya, M.Sc (Tokoh pendidikan Indonesia) dengan topik “Mudah Belajar Fisika”, Dr. Dodi Sukmayadi, M.Sc, Ed (Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Terbuka) dengan topik “Sosio-Historis Pendidikan Merdeka” dan Husein Mandati, S.Pd, M.Pd (Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku) dengan topik “Kebijakan Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Provinsi Maluku Dimasa Pandemi Covid-19”.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J. Saptenno, S.H, M.Hum dalam sambutanya mengatakan Webinar Nasional di hari ini patut kita hargai dan diberikan apresiasi yang tinggi karena dalam kondisi Negara yang sedang prihatin dengan adanya Pandemi Covid-19 yang menghantui kehidupan kita namun kita tetap semangat mempersiapkan dan mengikuti webinar di saat ini.

Tema yang di ambil sangatlah menarik yaitu Pembelajaran Fisika yang Memerdekakan di Era New Normal, akan tetapi kita belum berada pada kehidupan yang semestinya atau biasa di sebut Normal Life, beberapa wilayah di Indonesia masih menjadi zona merah termasuk Kota Ambon. Webinar yang pertama tentang kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia mengenai Merdeka Belajar – Kampus Merdeka tentunya perlu dipahami, diprogramkan serta dilaksanakan dengan baik, mengingat kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka adalah sesuatu yang baru di Indonesia akan tetapi sudah tidak asing lagi di luar negri, dimana  dosen maupun  mahasiswa diberikan kebebasan untuk menguasai bidang lain disamping bidang Fisika.

Lanjutnya, dalam kondisi sekarang ini maka pendidikan membutuhkan inovasi dan kreativitas karena pendidikan di tuntut untuk berkembang lebih baik dalam kondisi apapun. Dengan diadakannya webinar di hari ini yang menghadirkan narasumber yang berkompeten dalam pendidkan fisika akan membuka wawasan di bidang Fisik dan diharapkan mampu diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam proses-proses pendidikan melaluli sistim pendidikan yang teratur, sehingga pada akhirnya melahirkan manusia – manusia yang berkualitas.

Rektor mengucapkan terimakasih kepada Prof. Surya dan Dr. Dodi yang bersedia memberikan materi tentang aspek-aspek dalam Pendidikan Fisika yang sangat berharga untuk pengetahuan dan bermakna bagi kehidupan kita.

Rektor berharap bagi dosen agar bekerja keras dalam kegiatan perkuliahan yang bersifat online dengan mempersiapkan materi-materi yang baik terutama materi yang berkaitan dengan pendidikan fisika agar apa yang disampaikan kepada mahasiswa dapat di terima dan dapat di implementasikan nya pada saat mereka sudah mengabdi sebagai pendidik. “seorang pendidik disamping mengajar juga harus mendidik mental dan moral siswanya” ini merupakan tugas dan tanggung jawab seorang pendidik. Bagi Prodi Fisika harapnya bisa melakukan konvensi Internasional tentang Fisika sehingga bisa mendaptkan masukan secara Global, bagi pengembangan penelitian  agar tulisan-tulisanya dapat di publikasikan  pada jurnal yang terakreditasi internasional sehingga Prodi Pendidikan Fisika UNPATTI  dengan karya-karyanya bisa dibaca oleh bangsa lain dan dijadikan sebagai rujukan atau disertasi  oleh para ilmuan dunia.”Bidang Ilmu sangatlah penting, bumi saat ini berada pada posisi yang terluka, dengan berbagai macam penyakit perubahan iklim yang tidak menentu membutuhkan  kajian secara komperhensif dari orang –orang yang secara akademik mempunyai pengetahuan yang tinggi dan kompeten didalam negri maupun di luar negri”. Bagi mahasiswa diharapkan dapat mempelajari materi-materi secara sistimatis dan logis sehingga dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya secara baik dan mampu melahirkan orang-orang yang bisa memahami ilmu pengetahuan.

Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan Prof. Dr. Theresia Laurens, M.Pd memberi apresiasi terhadap pelaksanaan Webinar Nasional Pendidikan sebagai  salah satu bentuk kegiatan akademik yang dilaksanakan Program Studi Pendidikan Fisika.

Prof. Theresia berharap kegiatan Webinar Pendidikan Fisika yang diikuti oleh 271 peserta bisa diikuti dengan baik karena topik yang diberikan ini sangatlah menarik untuk memberikan pemahaman dalam rangka  menjalani aktifitas perkuliahan di era New Normal.

Dekan mengucapkan terimakasih kepada Rektor Universitas Pattimura dan jajarannya yang selalu memberikan motivasi dan dorongan bagi Fakultas Keguruan dan Ilmu pendidikan untuk mengembangkan diri lewat pengembangan program studi, Narasumber yang sudah boleh hadir di ruang virtual Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pattimura untuk berbagi pengetahuan dengan para peserta webianar di hari ini dan juga bagi Panitia dan dan Ketua Program Studi yang memfasilitasi kegiatan Webinar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.