WEBINAR: “Peranan Proteksi Tanaman Dalam Menunjang Pertanian Berkelanjutan Di Pulau-Pulau Kecil”

UNPATTI,- Program Studi Magister Ilmu Pertanian Universitas Pattimura bekerjasama dengan Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) Cabang Ambon dan Perhimpunan Fitopatologi (PFI) komda Maluku menyelenggarakan seminar daring dengan tema “Peranan Proteksi Tanaman Dalam Menunjang Pertanian Berkelanjutan di Pulau-Pulau Kecil”,  Kamis (3/9/2020).

Ketua Program Studi Magister Ilmu Pertanian Universitas Pattimura yang juga merupakan ketua dari Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) Cabang Ambon Dr. Ir. J. A. Leatemia, M.Sc  menjelaskan bahwa  latar belakang dari kegiatan ini  sebenarnya bahwa kami melihat ciri khas daerah Maluku adalah pulau-pulau kecil dan pada masa Pandemi Covid ini berbagai kegiatan ilmiah berlangsung dalam bentuk virtual, untuk itu Program Studi Magister ilmu pertanian berkolaborasi dengan Himpunan Profesi Entomologi Indonesia Cabang Ambon dan Perhimpunan Fitopatologi Komda Maluku berfikir apa yang bisa kami berikan sebagai bentuk sumbangsih bagi Maluku.

Lanjutnya, Perhimpunan Entomologi Indonesia (PEI) Cabang Ambon dan perhimpunan Fitopatologi (FPI) komda Maluku berbicara tentang serangga penyakit tanaman, sedangkan Program Studi Magister Ilmu Pertanian dengan bidangnya yaitu pengelolaan hama dan penyakit tanaman, dengan kolaborasi ilmu ini maka tema yang diangkat guna menunjang pengembangan pertanian di pulau-pulau kecil.

Beliau juga menambahkan bahwa tema yang diangkat kali ini memiliki hubungannya dengan Sustainable Development Goals yang nantinya akan memberikan nilai plus bagi Universitas Pattimura karena telah berperan di dalam Sustainable Development Goals yang dirancangkan oleh PBB. Untuk itu harapannya, seminar ini tidak hanya dilakukan kali ini saja namun ada lagi seminar daring di waktu yang akan datang, dengan tema-tema yang penting di bidang pertanian dan dikaitkan dengan himpunan profesi

Webinar kali ini menghadirkan empat narasumber yakni:

  1. Prof. Dr. Ir, A. S. W. Retraubun, M. SC (Direktur Pascasarjana universitas Pattimura) dengan materi “Prospek dan Tantangan Pengembangan Pertanian Berkelanjutan di Pulau-Pulau Kecil”
  2. Prof. Dr. Ir. A. Kastanya, M.Sc ( Ketua APIKI- Ragion Maluku Jurusan Kehutanan Faperta Universitas Pattimura) dengan materi ” Dusung- Kearifan Lokal Masyarakat Maluku dalam Mendukung Pembangunan Rendah Karbon di Pulau-Pulau Kecil”

3.Prof. Dr. Ir. Damayanti Buchori, M.Sc (Director CTSS; Dept.Plant Protection IPB -Bogor) dengan materi “Pengelolaan Hama di Pulau-Pulau Kecil: Teori dan Konsep”

  1. Prof. Dr. Agr. Sc. Ir. Baharuddin (Dekan Fakultas Pertanian UNHAS) dengan materi “Prospektif Pengembangan Teknologi Perlindungan Tanaman Mendukung Sistem Pertanian Berkelanjutan di Pulau – Pulau Kecil”

Webinar ini diikuti oleh 700 peserta yang terdiri dari praktisi ilmu pertanian, dosen, instansi terkait dan untuk mahaiswa S-1 dan S2 Universitas Pattimura di wajibkan untuk mengikuti Webinar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.