YUDISIUM FAKULTAS PERIKANAN DAN ILMU KELAUTAN UNIVERSITAS PATTIMURA PERIODE DESEMBER 2019 SAMPAI DENGAN APRIL 2020 DILAKSANAKAN SECARA DARING

Unpatti,- Pelaksanaan Yudisium Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura yang digelar pada 28 Juli 2020, merupakan proses akademik sebagai penilaian akhir dan penetapan penilaian serta kelulusan bagi mahasiswa yang selama ini telah menempuh studi selama jangka waktu tertentu.

Acara Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Penggelaran Lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Periode Desember 2019 s/d April 2020 dimulai dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dan dibuka oleh Ketua Senat Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti Prof. Ir. J. Leiwakabessy, M.S. Acara dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan, Pembacaan Purna Ikrar Lulusan Sarjana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura oleh salah satu Lulusan Cumlaude atas nama Bella Ayunda Andreana Abbas (IPK.3,70), pengukuhan lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Unpatti dilakukan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas PIK Ir. J. Latumeten, M.Si mewakili Dekan, dilanjutkan dengan penyerahan lulusan kepada Ketua Ikatan Alumni Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang diwakili oleh Dr. R. H. S. Tawari, S.Pi, M.Si dan di akhiri dengan penutupan Rapat Senat Terbuka Luar biasa oleh Ketua Senat.

Yudisium yang dilakukan secara daring melalui Aplikasi Zoom di ikuti Sebanyak 80 lulusan sarjana dari 6 program Studi yakni Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) sebanyak 16 orang, Ilmu Kelautan (IK) sebanyak 9 orang, Budidaya Perairan (BDP) sebanyak 9 orang, Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) sebanyak 17 orang, Teknologi Hasil Perikanan (THP) sebanyak 10 orang dan Agrobisnis Perikanan sebanyak 19 orang.  7 orang lulusan dengan Predikat Pujian yang didampingi 1 orang tua mendapatkan kesempatan secara langsung mengikuti prosesi yudisium yang berlangsung di lantai II Ruang Seminar FPIK yang dihadiri oleh para Senat FPIK dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan. Selain itu Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan juga menyediakan 2 ruangan dengan fasilitas Internet bagi mahasiswa yang tidak memiliki fasilitas internet untuk mengikuti prosesi yudisium.

Perwakilan lulusan terbaik Eirene Tentua (3.94) dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada Dekan beserta para Wakil Dekan, Kabag/ Kasubag, Staf Kependidikan, Kaprodi terkhususnya para Dosen yang selalu membagikan ilmunya, serta berbagai pengalaman kepada para lulusan. “Begitu banyak perjuangan untuk membentuk kami menjadi mahasiswa yang sebenarnya, hingga bisa duduk pada acara yudisium hari ini. Kami sadar kami tidak dapat membalas semua kebaikan serta dedikasi yang telah diberikan dalam bentuk ilmu, pikiran,waktu dan tenaga bapak dan ibu . Semua yang telah kami dapatkan selama menempuh pendidikan  pada Fakultas Perikanan dan Ilmu kelautan merupakan proses pendewasaan kami sebagai insan akademis yang memiliki nilai intelektual dan moralitas, kami yakin apa yang telah kami terima dapat kami amalkan di tengah-tengah keluarga maupun masyarakat sehingga bermanfaat bagi banyak orang.

Sementara itu Ir. J.Latumeten,M.Si mengatakan, dalam rencana strategis kedepan Universitas Pattimura harus berada setingkat dengan universitas kelas dunia, namun demikian untuk mewujudkannya  tidak semudah membalikan telapak tangan karena dibutuhkan koordinasi dan peran Fakultas-Fakultas yang notaben sebagai wadah pengembangan sumber daya manusia. Lanjutnya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan juga merupakan ujung tombak dari Universitas dengan Pola Ilmiah Pokok “Bina Mulia Kelautan”. Sehingga harapannya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelauatan selalu memberikan pelayan pendidikan yang baik dan berkualitas kepada mahasiswa dari waktu ke waktu sehingga menciptan lulusan–lulusan terbaik.

Rektor, Prof. Dr. M. J. Saptenno, SH, M.Hum saat memberikan sambutan mengatakan dengan  adanya Covid -19 kondisi kita saat ini  tidak menetu, semua aspek kehidupan manusia diseluruh dunia terganggu termasuk di Maluku. Kondisi ekonomi, kesehatan, lingkungan dan berbagai hal yang terkait dengan kehidupan termasuk lapangan pekerjaan dan juga pendapatan masyarakat menurun drastis. Lanjut rektor dengan kondisi yang ada seperti ini para lulusan di harapankan dapat menjadi agen perubahan untuk mengambil peran penting bagaimna menciptakan lapangan pekerjaan. “mari membangun komitmen untuk tetap menghadapi tantangan ini, Covid-19 bukan hanya sebagai masalah tetapi peluang untuk menciptakan lapangan pekerjaan”. Harapan rektor, dengan Sumber Daya Alam Maluku yang begitu melimpah para lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan dapat mengelola Sumber Daya Alam yang ada menjadi potensi ekonomi yang luar biasa, sehingga ilmu yang didapat mempu dikembangkan secara kongkrit dalam kehidupan sehari-hari.

Rektor juga memberikan apresiasi kepada pimpinan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan yang dalam kondisi yang cukup memprihatinkan sekarang ini proses pendidikan tetap terus berlangsung dengan baik, ini membuktikan bahwa eksistensi lembaga tetap dijaga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *