Kompetisi National University Debating Championship Tingkat Nasional

UNPATTI,- Berdasarkan Surat Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 1258/J3/TU/2020 tanggal 18 Agustus 2020, perihal National University Debating Championship (NUDC), telah diumumkan nama Tim Universitas yang dinyatakan lolos ke Tingkat Nasional. Sesuai daftar terlampir, Universitas Pattimura berhasil lolos ke Tingkat Nasional.

National University Debating Championship merupakan suatu wadah kompetisi dimana mempersiapkan mahasiswa-mahasiswi terpilih dari setiap Universitas di Indonesia. NUDC berjenjang dari Tingkat Regional, kemudian peserta terbaik akan dikirim menuju Tingkat Nasional, yang selanjutnya akan dikirim ke Tingkat International: World University Debating Championship (WUDC).

EDC Universitas Pattimura lewat Kompetisi Internal pada tanggl 25 Juli 2020, akhirnya mengutus 2 (dua) orang mahasiswa sebagai Debater yakni, Jihan Risya Cahyani Prameswari (2017 21 036) dari Fakultas Hukum dan Rahmat Fiqry Tualeka (2017 99 003) dari Fakultas Teknik, serta 1 (satu) orang mahasiswa sebagai N1-Adjudicator (Perwakilan Juri) untuk kegiatan atas nama Mariah Agnes Matakena (2017 21 043) dari Fakultas Hukum. Lanjut, Delegasi Universitas Pattimura mengikuti perlombaan NUDC Tingkat Nasional sebelumnya melewati seleksi Tingkat Regional yang diadakan pada tanggal 1 – 14 Agustus 2020 dengan mengirim Protofolio Tim Debat dari 2017 – 2019 dan Video Penyampaian Pidato (Speech) sebagai Prime Minister dan Deputy Prime Minister berdasarkan mosi yang diberikan oleh Dewan Juri NUDC 2020 kemudian diunggah pada link youtube dan kemudian dikirimkan pada Dewan Juri NUDC 2020 dan Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Dari seleksi tersebut, tim Universitas Pattimura berhasil menjadi salah satu dari 112 tim seluruh Indobnesia dan sekaligus salah satu dari 6 tim Kopertis XXI yang lolos dan masuk pada Seleksi Tingkat Nasional.

Perlombaan NUDC Nasional Tahun 2020 dilaksanakan pada hari Kamis – Selasa, 24 – 29 September 2020 bertempat di Gedung Rektorat Lantai 1 Universitas Pattimura, Jl. Ir. M. Putuhena, Poka, Kota Ambon, yang diselenggarakan secara online/daring menggunakan Aplikasi Zoom. Lanjut, Pelaksanaan Debat dilakukan secara Daring dikarenakan wabah Pandemi Covid-19, tidak dilaksanakan dengan mengumpulkan para peserta dalam satu Daerah dan dilaksanakan secara terpisah dari masing-masing peserta. Jumlah peserta NUDC Nasional Tahun 2020 sebanyak 112 tim yang terdiri dari 224 Debater dan 147 N1-Adjudicatoryang berasal dari Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia.

Dalam NUDC Tahun 2020, terdapat 6 babak penyisihan, dimana dalam babak penyisihan para tim Debaters harus berusaha mengumpulkan Victory Point (VP) dan Speaker Scores sebanyak-banyaknya. Pada akhir babak penyisihan, akan diumumkan tim-tim unggul yang terdiri dalam 2 kategori: Main Draw (Kategori Utama) dan/atau terklarifikasi Novice Draw (Kategori Pemula).

Lanjut, dalam perlombaan tersebut, Universitas Pattimura berhasil menjadi Open Breaking Team di posisi Octofinalist (32 Besar) pada posisi ke-29 Kategori Open Draw dari sedikit Novice Team yang beraking, serta masuk ke dalam Kategori Open Draw. Dalam Kategori Novice, Universitas Pattimura berhasil berada pada TOP 6. Dibabak penyisihan, Unpatti berhasil mengumpulkan VP sebanyak 11 dengan Speaker Score: 912. Unpatti berkesempatan mengikuti babak Open Octofinalist (32 Besar). Selain itu, N1-Adjudicators (Top Adjudicators) dengan menjadi Panelist pada ronde-ronde debat, dan unpatti berkesempatan menjadi Panelist pada ronde Novice Draw Grand Final.

Leave a Reply

Your email address will not be published.