Lumbung Ikan Nasional Diantara Keberlanjutan Sumberdaya Perikanan, Pertumbuhan Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat – Webinar Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan

UNPATI,- Universitas Pattimura melalui Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan menyelenggarakan webinar “Lumbung Ikan Nasional Diantara Keberlanjutan Sumberdaya Perikanan, Pertumbuhan Ekonomi dan Kesejahteraan Masyarakat”, Kamis (8 Oktober 2020 )

Dasar pelaksanaan kegiatan ini, merupakan implementasi dari sisi keilmuan terkait rencana Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional, yang telah bergulir sejak Tahun 2010. Bahwa arah dan kebijakan strategis, pengembangan wilayah Maluku diarahkan untuk memacu pertumbuhan dan mengembangkan potensi wilayah serta memantapkan peran sebagai Lumbung Ikan Nasional . Hal ini semakin dipertegas oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo MM., MBA yang menunjukan apresiasi dan dukungan untuk pembangunan dan pengembangan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan di Maluku, melalui Lumbung Ikan Nasional.

Kegiatan yang dikemas secara virtual ini diharapkan melahirkan pokok-pokok pikiran yang terkait dengan implementasi LIN sebagai bentuk peran FPIK Univeritas Pattimura hadir bersama dan mensupport Pemerintah Daerah dalam upaya mengimplematasi Maluku sebagai Lumbung Ikan Nasional.

Narasumber pada Kegiatan ini adalah :

1. Ir. H. Abdullah Tuasikal., M.Si, Anggota DPR-RI Komisi IV

“Pandangan dan Peran Legislator RI Dalam Mendukung Maluku Sebagai LIN”

2. Dr. Anton. A. Lailossa, ST., M.Si, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Maluku

“LIN, Perspektif Ekonomi, Sosial dan Ekologis”

3. Dr. Abdul Haris, S.Pi., M.Si, Kepala Kantor Perikananan dan Kelautan Provinsi Maluku

“Kesiapan Pemerintah Provinsi Maluku dalam menyambut LIN”

4. Febry. C. Tetelepta, Deputi I Kantor Staf Kepresidenan RI

“Dukungan Infrastruktur Untuk Keberhasilan Pembangunan Berkelanjutan Melalui LIN di Maluku”

5. Dr. Ir. Augy Syhailatua, M.Sc, Kepala Pusat Oseanografy LIPI Jakarta

“StrategiRiset Kelautan dan Perikanan Untuk mendukung Pembangunan Berkelanjutan melalui LIN di Maluku”  

6. Prof. Dr. Ir. A.W.S. Retraubun, M.Sc, Direktur Pascasarjana Universitas Pattimura

“Posisi, Peran dan Kesiapan FPIK Mengisi Agenda LIN”

Saat membuka pelaksanaan kegiatan ini Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M.J.Saptenno, SH., M.Hum, mengatakan, dengan hadirnya para narasumber dari akademisi, ilmuan, anggota politik dan pemerintah, menandakan kita mempunyai komitmen yang kuat untuk melaksanakan LIN. Lanjutnya, beberapa hal penting yang harus dipersiapkan yakni, konsep pemikiran yang bersifat strategis, data terkait potensi alam Maluku dan Kabupaten Kota di Maluku, sumberdaya manusia dengan etos kerja tinggi dan berorientasi pada pengembangan potensi sumberdaya kelautan, sinergitas antar institusi terkait, teknologi dan strategi budidaya perikanan, infrastrukstur, serta Industri baik industri turunan maupun industri imputan. “Semua harus dipersiapkan secara baik agar dapat menghasilkan pertumbuhan ekonomi yang semakin baik di Maluku dan akan berdampak untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat”.

Disampaikan pula kajian tentang sampah plastik yang menjadi isu global termasuk yang ada pada perairan Maluku harus menjadi fokus penelitian bersama karena pasti mempunyai dampak. Pada kesempatan tersebut Rektor mengajak ilmuan, pemerintah, politisi untuk bersama-sama akademisi mendukung LIN di Maluku yang akan menjadi sentra ekonomi baru untuk meningkatkan kesejahteraan Masyarakat Maluku dan riset yang berkelanjutan.

Plt Dekan Perikanan dan Ilmu Kelautan, Dr. Y. Lopulalan, M.Si, pada akhir kegiatan menyampaikan, semua pemikiran dari para narasumber merupakan pemikiran yang terbaik guna mengawal seluruh proses LIN di Maluku karena untuk mewujudkannya tentu tidak hanya membutuhkan konsep pemikiran saja namun perlu adanya implementasi. Ada tahapan-tahapan yang perlu dilakukan melalui grand design LIN yeng telah disusun. Ada juga muatan pokok pikiran terkait implemtesi LIN yang akan diserahkan bagi pemerintah daerah maupun pemerintah pusat. Sehingga diharapkan adanya kerjasama yang terus terbangun antara FPIK dengan Pemerintah dan Institusi tekait dalam menyusun berbagai kebijakan terkait Lumbung Ikan Nasional.

Lanjut dikatakan, “FPIK Unpatti dengan Sumber Daya Akademisi yang dimiliki siap dari sisi keilmuan untuk mendukung Maluku menjadi Lumbung Ikan Nasional”, ujarnya.

Webinar ini diikuti oleh 1300 partisipan yang terdiri dari para akademisi, ilmuan, prakstisi, mahasiswa, institusi pemerintah, stakeholder dan masyarakat umum dari seluruh Indonesia, dipandu oleh Moderator, Dr. Ir. Delly D.P Matrutty, M.Si, Dosen FPIK Universitas Pattimura. Sukses untuk pelaksanaan webinar ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.