“Renewable Energy In Archipelago Region Of Many Small Islands” (Energi Terbarukan Pulau-Pulau Kecil) – Webinar #7

UNPATTI,- Internasional Office kembali melakukan kegiatan Webinar#7 Education Fear 2020. Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Nordhausen University of Applied Sciences, German. Salah satu Universitas yang menjadi mitra Universitas Pattimura dalam pengembangan science.

“Renewable Energy In Archipelago Region Of Many Small Islands” (Energi Terbarukan Pulau-Pulau Kecil) menjadi tema webinar #7 yang diselenggarakan secara virtual, 14 Oktober 2020. Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, yang pernah melakukan kerjasama dengan Nordhausen University of Applied Sciences khususnya tentang pemetaan energy, berperan dalam kegiatan ini.

“Renewable Energy In Archipelago Region Of Many Small Islands” membahas terkait identifikasi tentang sumber daya energi terbarukan yang ada di pulau-pulau kecil, Bagaimana pengembangan sumber daya energi terbarukan di pulau-pulau kecil dan upaya pengembangan energi terbarukan di Maluku dari rumput laut dan kulit durian

Kegiatan ini dipandu oleh Moderator Drs. Philipus J. Patty., M.Sc., Ph.D dan menghadirkan Narasumber :

1. Prof. Dr. Ing. J. Fischer, Hochschule Nordhausen, University of Applied Sciences. Beliau adalah ahli dibidang Energi terbarukan.

Materi : “Joachim Fischer: biofuels and future Mobility : Prespectives and constraints for islands communities”

2. Prof. Dr. Uta Brener, Hochschule Nordhausen, University of Applied Sciences. Beliau adalah ilmuan senior Pusat Penelitian Lingkungan Helmholtz ketua tim proyek: BEC GmbH Biotechnic Köthen.

Materi : “Biogas from renewable resources”

3. Hendrik Elim, PhD, Ketua Pusat Riset Nanoteknologi dan Kreasi Inovatif LP2M dan Dosen Fakultas MIPA dibidang Fisika Nanosains, Nanoteknologi dan Nanomedicine Universitas Pattimura.

Materi : “Mapping Energy in Maluku Archipelago Region : Multitasking View in Physics”

4. Dr. I Wayan Sutapa, M.Sc , Dosen Fakultas MIPA dibidang Kimia khususnya biodesel dan memiliki produk paten “Produksi Biodiesel Menggunakan Rumput Laut Dengan Cangkang Tenang Sebagai Katalisis”.

Materi : “The Potential Natural Bio-Resource as Biofuel Feddstock from Maluku Province”

Dekan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. P. Kakisina, M.Si, pada kesempatan ini menyampaikan tentang pentingnya energi terbarukan bagi dunia. Melalui pemanfaatan energi terbarukan, diharapkan dapat menyelamatkan umat manusia dari ketergantungan terhadap ekploitasi energi terbatas seperti minyak dan gas. Melalui pelaksanaan webinar ini, diharapkan pula dapat memberi pemahaman dan pengetahuan serta sebagai motivasi untuk melakukan kolaborasi bersama dalam bidang energi terbarukan terutama bagi masyarakat akademik di Maluku, mengingat Maluku sebagai daerah kepulauan yang penuh akan sumberdaya alam yang bisa dimanfaatkan.

Konsep energi terbarukan yang dihasilkan dari sumberdaya energy secara alami dan ada pada wilayah Maluku dapat berkelanjutan jika dikelola dengan baik. Para Ilmuan, akademisi akan berkolaborasi untuk menciptakan penelitian dan inovasi guna pengembangan sumberdaya alam khusus di Maluku untuk kemajuan teknologi energi terbarukan dan manfaatnya yang bisa dirasakan oleh masyarakat

Sukses untuk pelaksanaan kegiatan ini semoga Universitas Pattimura dapat terus berinovasi dan berkontribusi secara keilmuan untuk mengembangkan potensi energi terbarukan yang bersumber dari hasil alam Maluku.

Hotumese

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.