WEBINAR PRODI PETERNAKAN PSDKU UNPATTI DI KABUPATEN MBD

UNPATTI,- Program Studi Peternakan PSDKU Universitas Pattimura di Kabupaten Maluku Barat Daya menggelar Webinar dengan tema “Pengembangan Peternakan Lahan Kering Spesifik Pulau-Pulau Kecil”, Kamis (15 Oktober 2020) yang dilakukan secara Daring melalui Aplikasi Zoom.

Webinar kali ini menghadirkan 4 (empat) Narasumber, yakni Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc, sebagai Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI., Prof. Ir. Suhubdy Yasin, Ph.D, sebagai Pakar Nutrisi Ruminansia/Herbivora dan Bioekosistem Padang Pengembalaan, Universitas Mataran – Nusa Tenggara Barat (NTB)., Ir. Wellem nMaahury, M.Si, sebagai Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah, Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD)., Dr. Ir. Jerry Fred Salamena, M.Si, selbagai Ketua Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Pattimura Ambon.

Mewakili Rektor Universitas Pattimura, Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd saat membuka kegiatan Webinar mengatakan, kita patut bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, walaupun ditengah Pandemi Covid-19, namun kita masih diberikan kesehatan yang baik untuk melaksanakan tugas-tugas. “Dalam kerangka pengembangan Universitas kedepan, maka Universitas Pattimura sudah membuka 2 (dua) PSDKU meliputi Kepulauan Aru dengan 6 (enam) Program Studi dan Kabupaten MBD, dengan 6 (enam) Program Studi.

Rektor berharap, kedua Program Studi yang berada di luar kampus utama, segera dijejaki untuk pembentukan Universitas di kedua Daerah tersebut. “Ini disampaikan dari Rektor kepada pengelola untuk menyiapkan Draft Akademik, sehingga dapat terealisasi”, tutur Prof. Leiwakabessy.

Lanjut dikatakan, konteks webinar ini adalah bagian dari salah satu aspek untuk memperkuat Draft Akademik sehingga dapat diusulkan pembukaan Universitas pada kedua Daerah. “Dimana Daerah pinggiran atau terluar saat ini menjadi fokus perhatian dari Pemerintah untuk pengembangan Sumberdaya Manusia maupun Sumberdaya Alam yang ada di daerah masing-masing”, ungkapnya.

Beliau juga mengatakan, Webinar kali ini sangat penting untuk diikuti, karena merupakan salah satu upaya dari Universitas Pattimura untuk mata kuliah pengembangan pola ilmiah pokok atau yang dikenal dengan Manajemen Sumberdaya Kelautan dan Pulau-Pulau Kecil. Lanjut, makna dari pengembangan Sumberdaya Kelautan dan Pulau-Pulau Kecil tidak hanya pada Sumberdaya Alam tetapi pada Budaya dan Kearifan Lokal. “Ini harus kita kembangkan dan upayakan untuk diperhatikan. Potensi peternakan di MBD begitu banyak, sehingga pengetahuan dan keterampilan perlu disiapkan dari Sumberdaya Manusia untuk mengelola potensi Alam”, ujarnya.

Lewat Webinar kali ini, kita akan mendapatkan informasi dari para Narasumber menyangkut hal-hal penting yang harus disiapkan secara Akademik oleh Sumberdaya Manusia maupun Keterampilan yang harus disiapkan untuk dikuasai oleh masyarakat lokal terhadap Peternakan yang baik di Daerah kita.

Harapan dari Webinar ini, ada ide-ide yang perlu diteliti lebih lanjut tetapi dikembangkan menjadi Program Daerah yang kemudian secara komprehensif bisa menyatu dengan program-program pendidikan di kampus PSDKU di MBD.

Leave a Reply

Your email address will not be published.