Dekan Fakultas Perikanan Dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, Tutup Usia

UNPATTI,- Universitas Pattimura berduka, Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Prof. Dr. rer.nat. Ir. Abraham S. Khouw, M.Sc., M.Phil, tutup usia, di RS PGI Cikini Jakarta, Sabtu, 14 November  2020,  pukul 23.13. WIB. Jenazah tiba di Ambon, Senin 16 November 2020.

Prof. Semmy sapaan akrab almarhum, dilahirkan di Haruku, 31 Agustus 1965, menamatkan Pendidikan S1 pada Fakultas Perikanan Jurusan Managemen Sumberdaya Perikanan tahun 1988, Lulusan Pascasarjana S2 Program Studi Biologi Universitas New Castle Inggris Tahun 1995 dan menamatkan Program Doctor S3 Biologi pada Universitas Kiel Jerman Tahun 2003.

Jabatan Guru Besar atau Profesor di bidang Ekologi Kuantitatif, Oseanografi Biologi dan Oceanografi Fisika, disandang almarhum sesuai Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 687/A4.5/KP/2008 tanggal 6 Oktober 2008.

Semasa hidup Almarhum pernah menjabat sebagai Sekretaris Pusat Penelitian Lingkungan Hidup Sumberdaya Alam (PPLH-SDA) Universitas Pattimura tahun 2000, Asisten Direktur Program Pascasarjana Universitas Pattimura Periode 2010-2014, dan menjadi Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Periode 2018-2022.

Sejumlah Penelitian yang terpublikasi Nasional dan Internasional, Pengabdian Kepada Masyarakat, menjadi narasumber dan pakar dalam berbagai kegiatan dibidang perikanan dan kelautan, didalam dan diluar negeri, dilakukan almarhum selama 30 Tahun pengabdian di Universitas Pattimura.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum, bertindak selaku Inspektur pada Acara Kedinasan yang berlangsung di Gedung Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, Selasa, 16 November 2020 pukul 13.00 WIT.

Dalam kata-kata pelepasan, Rektor mengucapkan terima kasih kepada almahrum atas dedikasi, pengabdian serta jasa bagi Universitas Pattimura khususnya Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, karena semasa tugas dan pengabdiannya almarhum selalu siap untuk memajukan universitas dalam rentang waktu yang penuh amanah dengan karya dan karsa, yang tercatat dalam sejarah Universitas. Lanjut dikatakan, Almarhum adalah panutan bagi generasi penerus universitas ini. Almarhum adalah pribadi yang bersahaja dan sederhana. “Terima kasih untuk semua pengabdian, dedikasi serta jasa untuk turut serta mengembangkan Univesitas Pattimura, serta penghargaan yang tulus disampaikan kepada keluarga Khouw – Litamahuputty, khususnya istri dan anak yang telah mendukung almarhum semasa hidup dalam pengabdian kepada Univesitas Pattimura”, ujar Prof. Saptenno.

Hadir dalam acara tersebut para Wakil Rektor, para Dekan, Direktur Pascasarjana, para Ketua Lembaga, Sivitas Akademika dan Tenaga Kependidikan Universitas Pattimura, Keluarga dan para pelayat lainnya.

Universitas Pattimura kehilangan satu putra terbaiknya. Selamat Jalan Prof. Semmy, Universitas Pattimura akan selalu mengenangmu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *