Dr. Fransina S. Latumahina, S.Hut., MP.IPP dan Dr. I. Wayan Sutapa, M.Sc Lolos Menjadi Dataser Pada Program Datasering Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gelombang Ke-2 Tahun 2020

UNPATTI,- Salah satu permasalahan yang dihadapi dunia Pendidikan Tinggi Indonesia adalah masih sangat tingginya disparitas kualitas antar perguruan tinggi, baik antara Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan Perguruan Tinggi Swasta (PTS), antar sesama PTN itu sendiri, ataupun antar perguruan tinggi dengan lokasi yang berbeda. Disparitas ini mencakup berbagai aspek, mulai dari kualitas sumber daya manusia, proses belajar-mengajar, sumber daya pendukung, sampai ke bidang manajemen perguruan tingginya, Senin (16/11).

Dosen menempati posisi yang sangat strategis baik dalam pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi (pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat), maupun dalam pengelolaan perguruan tinggi. Dalam upaya untuk mengimplementasi Peraturan Pemerintah No 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi maka Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menyelenggarakan kembali Program Detasering tahun 2020. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi khusus memberikan pembinaan dalam bidang kualitas keterampilan sumber daya manusia melalui skema non-studi lanjut serta aspek manajerial perguruan tinggi (penguatan kapasitas Institusi) kepada berbagai Perguruan Tinggi yang dianggap masih memerlukan pembinaan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan Program Detasering dengan tujuan yaitu menugaskan pegawai untuk melaksanakan suatu tugas di daerah tertentu. program pembinaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi kepada perguruan tinggi dilakukan melalui Program Detasering dengan menempatkan dosen senior (dinamakan sebagai Detaser) yang berasal dari PTN ternama (disebut sebagai Perguruan Tinggi Sumber atau Pertisum) di Perguruan Tinggi Sasaran (Pertisas) untuk penyelenggaraan Tahun 2020.

Dua Dosen Universitas Pattimura yakni Dr. Fransina S. Latumahina, S.Hut., MP.IPP dan Dr. I. Wayan Sutapa, M.Sc  lolos menjadi  Detaser pada Program Detasering Gelombang ke-2 Tahun 2020.

Dr. Ir. Fransina S. Latumahina, S.Hut., MP.IPP akan ditugaskan sebagai Deteser pada Universitas Baiturrahman Padang, Universitas Islam Blitar, Universitas  Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara dan Universitas Nahdatul Ulama Kalimantan Timur.

Dr. I. Wayan Sutapa, M.Sc akan ditugaskan sebagai Detaser pada STIKES Ibnu Sina Ajibarang Banyumas, Universitas Almuslim Bireuen Aceh, Universitas  Muhammadiyah Kotabumi Lampung Utara, Universitas Nahdatul Ulama Kalimantan Timur dan Universitas Singaperbangsa Kerawang

Selamat dan Sukses. Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.