Focus Group Diskusi – KPI dan UNPATTI “Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi 2020”

UNPATTI,-  Mengikuti dunia penyiaran Indonesia yang berjalan saat ini, sesuai dengan undang-undang 32 tahun 2002, mengamanahkan Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap lembaga penyiaran. Atas dasar hukum tersebut, saat ini sudah memasuki tahun ke 6 dalam pelaksanaan Riset indeks Kualitas program Siaran Televisi.

Pelaksanaan Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode pertama tahun 2020 digelar Komisi Penyiaran Indonesia di dua belas kota di Indonesia dan bekerja sama dengan dua belas perguruan tinggi negeri. Di Maluku KPI  bekerja sama dengan Program Studi Ilmu Komunikasi  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura untuk melaksanakan Riset indeks Kualitas Program Siaran Televisi Indonesia 2020. Kegiatan yang dikemas dalam bentuk Focus Group Diskusi (FGD) di gelar dengan tema “Informan Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi 2020” melaluli ruang Virtual, Kamis (12/11).

Komisioner KPI Pusat, Bapak Hardly Stefano dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada  FISIP UNPATTI  atas support dan komitmen dari FISIP UNPATTI dalam agenda Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi periode pertama tahun 2020, dimana seluruh tahapan proses yang dilakukan periode tahap satu 2020 yang lalu telah berjalan dengan lancar. Hardly Stefano juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh panel ahli dan kepada Universitas Pattimura untuk pergeseran beberapa jadwal yang harus dilakukan beberapa waktu lalu karena terjadi kendala di KPI pusat sehingga baru dapat dilakukan pada saat ini.

Menurut Hardly hasil riset indeks kualitas periode 1 tahun 2020 dari KPI cukup menggembirakan karena merupakan hasil indeks agregrad tertinggi sepanjang riset ini dilakukan dan menyentuh angka berkualitas secara agregard karena dengan standard kulaitas KPI ada pada angka indeks tiga maka hasil riset periode pertama tahun 2020 menunjukan secara agregard indeksnya adalah 3,4. “Ini yang paling tinggi dan telah memenuuhi standard kualitas yang diharapkan KPI”.

“KPI melihat ini sebagai hasil sumbangsih pemikiran dari bapak ibu dari panel ahli Universitas Pattimura yang telah memberikan berbagai masukan dalam setiap kali riset diadakan dan di teruskan  kepada lembaga Penyiaran, dengan itu juga dilakukan berbagai pembenahan” ungkap Hardly.

Hardly berharap hal yang sama bisa tetap dilakukan dan  berharap besar dari  FGD kali ini bisa tetap mengahasilkan hasil – hasil  yang berkualitas, dan  pemikiran – pemikiran  yang bisa menjadi masukan buat KPI dalam membuat kebijakan.

Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Prof. Dr. Tonny D. Pariela, MA dalam sambutanya mengucapkan selamat kepada KPI atas konsistensinya dan berharap sikap KPI tidak pernah berubah dan memastikan bahwa kualitas tayangan program yang dilakukan oleh semua televisi swasta, terutama nasional  dan juga lokal, bisa memberikan kepuasan yang terstandarisasi bagi seluruh pemirsa.

Dekan berharap agar proses FGD ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya, dapat menggali, menemukan dan kemudian merumuskan gagasan-gagasan yang kontributif dalam rangka membentuk kebijakan publik yang relevan, fungsional bagi peningkatan kualitas program penyiaran televisi.

Dekan juga mengucapkan terimakasih kepada KPI pusat juga yang sampai saat ini masih berkenan untuk bekerja sama dengan Universitas Pattimura secara khusus Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Program Studi Ilmu Komunikasi).

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Fakalutas FISIP UNPATTI Ronald Alfredo, M.I.Kom berharap KPI dengan Program Studi Ilmu Komunikasi bisa bekerjasama bukan hanya dalam kegiatan Informan Riset Indeks Kualitas Program Siaran Televisi 2020 tetapi juga dapat di libatkan  dalam kegiatan – kegiatan lainnya sebagai mitra KPI.

Lanjut dikatakan bahwa FGD yang di bangun dapat menyentuh sampai pada siaran – siaran lokal karena penilaian indeks yang di lakukan pada saat ini hanya pada siaran – siaran nasional dan ini menjadi rekomendasi untuk ditindaklanjuti diwaktu mendatang.

FGD ini diikuti oleh pimpinan Fakultas dan para dosen Prodi Ilmu Komunikasi yang menjadi informan ahli terhadap penyelenggaraan kegiatan penyiaran KPI.

Sukses Untuk penyelengaraanya. HOTUMESE!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.