Yudisium 87 Lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

UNPATTI,- Rapat Senat Terbuka Luar Biasa Yudisium dan Penggelaran Sarjana Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Dalam Rangka Wisuda Sarjana Universitas Pattimura Periode Agustus – Desember Tahun 2020, yang berdasarkan pada Keputusan Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Nomor 299/UN13.1.7/SK/2020 tanggal 24 November 2020 Tentang Yudisium dan Penggelaran Sarjanan (S1) Bagi Lulusan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura Periode Agustus Hingga Desember Tahun 2020, Senin (30/11/20). Kegiatan ini berlangsung melalui Zoom Meeting.

Yudisium 87 lulusan Sarjana FPIK, dengan 11 orang lulusan Predikat “Cumlaude/Pujian”, yaitu :

  1. Dylan Aditya Sandhy, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) masa studi 4 tahun 2 bulan dan IPK 3,89;
  2. Rachel G. Ch. Hutauruk, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) masa studi 4 tahun 2 bulan dan IPK 3,86;
  3. Marsya Chois Tulasekat, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) masa studi 4 tahun 3 bulan dan IPK 3,84;
  4. Trixie Dj. Refualu, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) masa studi 4 tahun 2 bulan dan IPK 3,82;
  5. Nadia Sampe, S.Pi, Program Studi Ilmu Kelautan (IK) masa studi 4 tahun 2 bulan dan IPK 3,79;
  6. Herlina Karo, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) masa studi 4 tahun 1 bulan dan IPK 3,79;
  7. Antonia Laura Aitonam, S.Pi, Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan (MSP) masa studi 4 tahun 2 bulan dan IPK 3,64
  8. Zulfikar A. R. Putra, S.Pi, Program Studi Teknologi Hasil Perikanan (THP) masa studi 4 tahun 3 bulan dan IPK 3,62;
  9. Yuliana Maatoke, S.Pi, Program Studi Budidaya Perairan (BDP) masa studi 4 tahun 3 bulan dan IPK 3,56;
  10. Muti’ah Dewi Sornia, S.Pi, Program Studi Budidaya Perairan (BDP) masa studi 4 tahun 3 bulan dan IPK 3,54;
  11. Ilun Djakiman, S.Pi, Program Studi Ilmu Kelautan (IK) masa studi 4 tahun 1 bulan dan IPK 3,51

dan 76 orang lulusan Predikat Sangat Memuaskan. Dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19 maka, Yudisium FPIK berlangsung di Lantai II Ruang Seminar, Ruang Kuliah 2.1 dan Ruang Kuliah 2.3 dengan memperhatikan Protokol Kesehatan. Lulusan Predikat Cumlaude berlangsung di Ruang Seminar, Lulusan Predikat Sangat Memuaskan berlangsung di Ruang Kuliah 2.1 dan 2.3.

“Saya mengucapkan Selamat kepada saudara-saudari lulusan FPIK periode Agustus hingga Desember 2020 yang berhasil meraih kesuksesannya. Bukan perkara mudah bagi kira semua untuk menyelesaikan studi dan menyandang Gelar Sarjana Perikanan, sebab banyak saudara dan teman-teman kita diluar sangat rindu untuk bersekolah terlebih ditingkat Perguruan Tinggi dan memperoleh Gelar Sarjana. Sebagai Lulusan FPIK, kita tidak hanya sekedar formalitas, tetapi lebih dari itu Sarjana Perikanan yang telah disandang menuntuk akan sebuah kualitas. Perjuangan hingga tahap ini bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal yang baik untuk menentukan masa depan”, tutur Dylan Aditya Sandhy, Wakil Lulusan FPIK Unpatti dalam mengawali sambutannya.

Lanjut dikatakan, banyak kesan manis yang berhasil terekam dalam memori petualangan selama menempuh pendidikan di FPIK hingga saat ini. Pertama, ada rasa senang memiliki banyak teman se-angkatan maupun teman-teman antar Prodi. Kedua, banyak mengenal sosok Bapak/ibu dosen yang cakap dalam dunia Perikanan dan memiliki kepribadian menyenangkan, arif serta bijaksana. “Kita banyak bergulat dalam dunia organisasi, terlibat dalam berbagai event pada lingkungan Fakultas maupun Universitas serta berbagai pengalaman menyenangkan lainnya. Seluruh proses tersebut dijajaki dengan kehadiran orang-orang yang memberi doa, semangat, motivasi bahkan mengorbankan waktu, tenaga dan materil”, ujar Aditya Sandhy.

“Saya mengutip salah satu Quotes yang berbunyi demikian: Ikan yang berhenti berenang, akan tenggelam. Orang yang berhenti berupaya, tubuhnya akan hidup mewadahi jiwa yang mati. Dari Quotes ini, saya mengajak kita selaku Sarjana Perikanan baru, Mari…!!! Kita terus berjuang meraih mimpi, pantang menyerah, yang utama mengandalkan Tuhan dalam segala sesuatu, tetap tersenyum dan rendah hati, Tuhan memberkati kita semua. Selamat berjuang untuk kita semua. Selamat kepada 87 Sarjana Perikanan baru”, unkapnya. Jayalah Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, Hotumese…!!!

Kesempatan yang sama, mewakili Ketua Ikatan Alumni, Ir. Maria Leha, M.Si mengatakan, kita patut mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa sehingga acara Yudisium hari ini dapat dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19. Perlu disyukuri bahwa, agenda-agenda Akademik dapat dilaksanakan walaupun dalam suasana saling menjaga jarak satu dengan lainnya. Lanjut dikatakan, Yudisium yang dilakukan hari ini merupakan gerbang awal bagi para Lulusan untuk memasuki dunia kerja, kembali mengabdi kepada masyarakatdan tunjukkanlah bahwa ilmu yang didapat berguna bagi masyarakat. “Tunjukkan sikap saudara-saudara yang baik sehingga Almamater FPIK UNPATTI mendapat pujian karena sikap dan perilaku saudara-saudara”, tegas Ir Maria.

Beliau menambahkan, sebagai Alumni, kami menyambut saudara-saudara dalam dunia kerja. “Marilah kita bergandeng tangan bersama-sama untuk mewujudkan masyarakat Perikanan yang unggul, bermartabat dan berdaya saing tinggi serta dapat mengabdi bagi nusa dan bangsa.

Pejabat Dekan, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd dalam sambutannya mengakatan, dalam rangka mewujudkan Universitas Pattimura (Unpatti) sebagai World Class University maka peran Fakultas-Fakultas sebagai wadah pengembangan Sumberdaya Manusia, ilmu pengetahuan, teknologi dan seni menjadi penting. “Termasuk didalamnya peran Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) yang seharusnya menjadi motor penggerak pencapaian Visi Universitas Pattimura sekaligus menjawab kebutuhan daerah yang berkarakter kelautan, pesisir dan kepulauan”, tutur Prof Leiwakabessy.

Dikatakan, terkait kondisi tersebut maka Pimpinan, Tenaga Pendidikan dan Tenaga Kependidikan di FPIK UNPATTI berkomitmen untuk memberikan pelayanan pendidikan tinggi di Bidang Perikanan dan Kelautan yang prima dan berkualitas kepada masyarakat, khususnya masyarakat. Komitemen ini terimplementasi dengan cara mengembangkan dan meningkatkan kualitas dan kapabilitas Tenaga Pendidik serta Tenaga Kependidikan di FPIK UNPATTI, baik melalui pendidikan formal maupun non formal. Beliau menambahkan, dari 6 Program Studi di Lingkungan FPIK, 4 di antaranya telah terakrerditasi “A” (unggul) dan 2 terakreditas “B” (baik). Selain itu, FPIK UNPATTI turut mendorong hadirnya 2 Program Pascasarjana Magister dan 1 Program Pascasarjana Doktoral yang berkarakter kelautan, pesisir dan kepulauan.

Lanjutnya, Yudisium dan Penggelaran Sarjana (S1) FPIK UNPATTI periode Agustus – Desember 2020akan dilakukan kepada 87 orang lulusan. Terdapat 11 orang lulusan telah dinyatakan lulus dengan durasi studi <4 tahun dengan Predikat Cumlaude/Pujian dan diberikan tanda penghargaan sebagai suatu apresiasi yang tinggi dari FPIK UNPATTI atas prestasi Akademik yang telah mereka capai. “Kami mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa karena mereka semuanya telah menyelesaikan studinya di FPIK UNPATTI dan menyandang Gelar Sarjana Perikanan (S.Pi) serta siap memberikan kontribusinya pada pembangunan Perikanan dan Kelautan”, ujar Prof Leiwakabessy.

Beliau juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada seluruh Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan, serta Senat FPIK UNPATTI telah memberikan dukungan sesuai peran masing-masing sehingga Yudisium dan penggelaran Sarjana (S1) bagi lulusan FPIK UNPATTI dapat terlaksana. Selamat dan terimakasih kepada orang tua/wali dan keluarga lulusan telah mempercayakan FPIK UNPATTI untuk mendidik mereka sehingga memperoleh Gelar Sarjana Perikanan (S.Pi).

Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutannya mengatakan, saat ini sedang berlangsung kegiatan Akademik yang dilaksanakan FPIK Unpatti dibawah Pimpinan Pejabat Dekan, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd, yang merupakan tugas pertama yang dijabat. “Ada tugas-tugas kedepan yang harus dilaksanakan”, tutur Prof. Saptenno. Lanjut dikatakan, dari beberapa sambutan yang disampaikan, ada harapan yang baru bagi para lulusan dihari ini. “Ada kata saya catat yang disampaikan wakil lulusan: Mari…!!! Kita terus berjuang meraih mimpi, pantang menyerah dan mengawal semuanya untuk kepentingan anak cucu kita. Itu berarti para Lulusan sudah berpikir kedepan untuk mengelola pesisir dan laut serta pulau-pulau kecil dengan baik secara Akademik, tentunya diwariskan kepada generasi berikutnya. Ungkapan juga disampaikan: Ikan yang berhenti berenang, akan tenggelam. Orang yang berhenti berupaya, tubuhnya akan hidup mewadahi jiwa yang mati, merupakan tanda adanya semangat dari lulusan untuk mengelola ilmu pengetahuan yang dimiliki dikaitkan dengan Sumberdaya Alam di Maluku terutama di laut. “Apa yang disampaikan oleh Pejabat Dekat dan yang mewakili Ketua Ikatan Alumni, diharapkan FPIK dapat menjadi ujung tombak dari Universitas Pattimura yang sudah ditetapkan, dan harus diwujudkan”, tegasnya. Beliau menambahkan, bagi para Alumni, banyak peluang lapangan kerja yang ada saat ini, kerja keras merupakan sumber segalanya.

Banyak sekali peluang lapangan kerja yang ditawarkan saat ini. “Saya sebagai Pimpinan Universitas Pattimura mendorong para lulusan untuk mengikuti tes CPNS maupun perusahan di BUMN, tetapi fokus para lulusan adalah dengan mengelola laut secara mandiri dalam suatu kolaborasi berdasarkan Ilmu Pengetahuan yang dimiliki sesuai Visi dan Misi FPIK UNPATTI yaitu unggul dan berkarakter di Bidang Perikanan dan Kelautan berbasis kepulauan”, tandasnya. Lanjut, Unggul berarti lebih daripada yang lain dalam mengelola Sumberdaya Perikanan dan Kelautan. Berkarakter berarti Karakternya kepulauan, karakter kelautan serta karakter kemaritiman dan bukan lagi karakter di wilayah darat.

Prof Saptenno berharap, para lulusan mampu menunjukkan karakter lewat Visi dan Misi FPIK sehingga unggul di Bidang Perikanan dan Ilmu Kelautan, berkarakter kepulauan dan mampu mengembangkan potensi secara baik. Selamat dan Sukses bagi para lulusan FPIK UNPATTI. Hotumese…!!!

Acara dilanjutkan dengan Pembacaan Panca Purna Ikrar oleh Lulusan, Pengukuhan dan Penyerahan lulusan FPIK UNPATTI dan ditutup dengan Doa Syukur oleh Rohaniawan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.