Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Dan Pelatihan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Pattimura Tahun 2020

UNPATTI,- Bagian kemahasiswaan Universitas Pattimura mengadakan kegiatan  Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) dan Pelatihan Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Pattimura  Tahun 2020 bertempat di Aula lantai dua Gedung Rektorat dan Auditorium Universitas Pattimura, Jumat (11/12).

Dr Jusuf Madubun, M.Si dalam laporanya mengatakan kegiatan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) bertujuan untuk memberikan pembekalan terhadap mahasiswa-mahasiswa yang telah melaksanakan program wirausaha tahun 2020 yang keseluruhannya  setiap fakultas berjumlah 13 orang pada 9 Fakultas di Universitas Pattimura. Dengan adanya kotntrak kerja antara Universitas Pattimura denga Kementrian Pendidikan Dan Kebudayan maka ditargetkan kepada 200 mahasiswa UNPATTI yang berwirausaha mencakup kelompok-kelompok usaha yang sudah dibentuk pada fakultas dan 2 keramba yang disediakan  oleh universitas dan diminta 80 orang mahasiswa perfakultas dalam pengelolaannya. Dana yang disediakan dalam Program Mahasiswa Wirausha adalah 90 juta rupiah untuk 9 Fakultas di Universitas Pattimura dan dana tersebut sudah dicairkan untuk tiap fakultas dengan jumlah 10 juta rupiah perfakultas.

Lanjutnya Pelatihan Kreativitas Mahasiswa (PKM) bertujuan untuk memacu kreatifitas dan inofasi mahasiswa didalam berbagai bidang yaitu bidang penelitian, pengabdian terhadap masyarakat, penulisan karya ilmiah, gagasan futuristic, penerapan teknologi juga kewirausahaan. Program PKM itu sediri dilakukan deng cara penyususnan proposal oleh mahasiswa didata pada tingkat Universitas, di kirim ke Kementrian dan diseleksi, ketika lolas akan didanai oleh Kementerian selanjutnya proposal tersebut kembali di seleksi untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional.

Dr Madubun berharap dengan kegiatan ini akan memberikan kiat-kiat yang lebih baik kepada para mahasiswa sehingga di tahun 2021 ke 200 mahasiswa ini bisa mempersiapkan proposalnya dengan baik dan lolos seleksi untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional. Untuk para Wakil Dekan Bagian Kemahasiswaan dan Alumni bersama pembina PKM diharapkan untuk membina para mahasiswa dalam penyusunan proposal.

Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H., M.Hum dalam sambutanya mengatakan saat ini ada dua kegiatan penting yang harus dimaknai juga diikuti dengan baik karena merupakan bekal untuk para mahasiswa dalam mengembangkan usahanya dimulai dari sekarang. Kita tahu bahwa Menteri Pendidikan dan Kebudayan sebelum menjadi Mas Mentri beliau merupakan pengusaha yang  sukses dan mempunyai kemempuan akademik yang luarbiasa, sehingga ketika Nadim Makarim menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dibuatlah kebijakan Kampus Merdeka Merdeka Belajar dengan tujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Mahasiswa sudah sangat digampangkan dengan perkembangan teknologi sekarang ini sehingga ketika ingin melakukan sesuatu bidang usaha maupun ingin belajar dalam mengembangkan usaha sudah tersedia dimana-mana. Melalui Program Mahasiswa Wirausaha dan Pelatihan Kreatifitas Mahasiswa yang menghadirkan pembicara dalam bidang ilmu yang berkompeten Prof Saptenno berharap paramahasiswa yang mengikuti kegiatan ini bisa mengambil ilmu yang di berikan dan mampu mengaplikasikannya dalam dunia kerja dan usaha.

“Berwirausaha tidak harus dimulai dari yang besar, berwirausaha itu dimulai dari yang kecil dan tidak boleh ada rasa minder atau rasa malu” ungkap Prof Saptenno.

Pelatihan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) menghadirkan narasumber Dr. Izak Tonny Matitaputty, S.E., M.Si membawakan materi tentang “Strategi Memulai Wirausaha Mahasiswa”, Dr. I. S. Tetelepta, M.Si membawakan materi tentang “Pengolaan Keuangan Dalam Wirausaha Mahasiswa” dengan moderator Fanny M. Anakotta, S.E., M.Si, Z. latuconsina, S.E., M.Sc membawakan materi tentang  “Kewiraushaan Berbasis Aplikasi”, Raden A. A. Asnawi, S.E., M. Si membawakan materi tentang  “Strategi Pemasaran Bisnis Meningkatkan Daya Saing Wirausaha” Mahasiswa dengan moderator Dr. Junus Rahawarin, M.Ag, Dr. jusuf Madubun, M.Si membawakan materi tentang  ‘Membangun Karakter Kewirausahaan Mahasiswa”  dengan moderator dr. Nathalie Kailola, M.Kes.

Pelatihan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Universitas Pattimura tanun 2020 menghadirkan narasumber Dr. Jusuf madubun, M.Si membawakan materi tentang  “Penjelasan umum PKM dan PIMNAS”, Abraham mariwy, S.Pd., M.S membawakan materi tentang  “Kiat Menulis Proposal PKM Bidang Pengabdian (PKM-P) yang Sukses Menembus PIMNAS”, dengan moderator Jhan Marcus Tupan, S.T., M.T,  Ferry Kondo Lembang, S.Si., M.Si  membawakan materi tentang  “Kiat Menulis Proposal PKM Bidang Pengabdian Masyarakat (PKM-M) yang sukses Menembus PIMNAS” dengan moderator Dr. Yosiye Lopulalan, S.Pi., M.Si, Victor O. Lawalata, S.T., M.T membawakan materi tentang  “Kiat Menulis Proposal PKM Gagasan Tertulis (PKM-GT) yang Sukses Menembus PIMNAS” dan I Wayan Sutapa, S.Si., M.Sc membawakan materi tentang  “Kiat Menulis Proposal PKM Artikel Ilmiah (PKM_AI) yang Sukses menembus PIMNAS”, dengan moderator  French O. Pattiruhu, S.Sos.

Leave a Reply

Your email address will not be published.