“PENGELOLAAN PERIKANAN LAYANG BIRU (DECAPTERUS MACARELLUS) SECARA BERKELANJUTAN DI PERAIRAN AMBON BAGIAN SELATAN”, DISERTASI FRENTJE D SILOOY

UNPATTI,- Frentje D Silooy berhasil meraih gelar doktor setelah berhasil mempertahankan disertasi hasil penelitiannya dengan judul “Pengelolaan Perikanan Layang Biru (Decapterus Macarellus) Secara Berkelanjutan Di Perairan Ambon Bagian Selatan” pada Sidang Terbuka Promosi Doktor Program Pascasarjana Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Pattimura yang berlangsung di Aula A Kampus PGSD Universitas Pattimura, Rabu, (4 Desember 2020)

Dalam pemaparan yang disampaikan di depan penguji, beliau menjelaskan penelitian penulisan disertasi ini mengkaji tentang kondisi stok ikan layang biru dan pegelolaannya yang berorientasi pada keberlanjutan perikanan dan pencegahan degradasi daerah penangkapan ikan disekitar perairan pulau Ambon dengan tujuan  untuk menganalisis  aspek bio-ekologi (parameter populasi, ukuran minimal yang boleh ditangkap dan parameter lingkungan) dari sumberdaya ikan layang biru di selatan perairan pulau Ambon., menganalisis kondisi teknologi, kelembagaan, sosial dan ekonomi perikanan layang biru diperairan Ambon bagian selatan., menentukan status keberlanjutan dan prioritas kebijakan pengelolaan perikanan layang biru di perairan Ambon bagian selatan.

Lebih lanjut beliau mengatakan, produksi ikan layang selama kurun waktu 8 tahun (2011-2019) di Kota Ambon cenderung menurun. Produksi yang cenderung menurun dan upaya yang semakin bertambah merupakan salah satu ciri yang diduga telah terjadi lebih tangkapan (overfishing). Pemanfaatan dan eksploitasi yang dilakukan terhadap suatu stok sumberdaya ikan seringkali lebih mementingkan kapasitas dan produktifitas tanpa memperhatikan kemampuan stok sumberdaya yang tersedia. Jika pemanfaatan sumberdaya ikan dilakukan secara berlebihan, pada akhirnya sumberdaya akan mengalami tekanan secara ekologi dan selanjutnya menurun kualitasnya. Pengelolaan penataan atau manajemen sumberdaya ikan patut dilakukan dengan baik yang diarahkan antara lain pada ukuran stok harus terjaga, mencegah terjadi penurunan recruitment serta menjaga ukuran stok induk dengan beberapa alternatif tindakan seperti : pengendalian alat tangkap, jeda waktu penangkapan, rotasi daerah penangkapan, ukuran yang layak tangkap. Harapannya, melalui penelitian ini dapat dimanfaatkan  untuk pengembangan ilmu pengetahuan dalam upaya pengembangan perikanan layang biru yang berkelanjutan., Sumber informasi dan bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan pengelolaan dan pengembangan usaha perikanan layang biru di wilayah pengelolaan perikanan Indonesia., Sebagai bahan masukan bagi nelayan dan pelaku industri dalam pengembangan industri perikanan layang biru serta upaya meningkatkan kesejahteraan nelayan di selatan perairan Pulau Ambon dan sekitarnya.

Sidang promosi doktor diketuai oleh Rektor Universitas Pattimura Prof. Dr. M. J Saptenno, S.H, M.Hum., Promotor Prof. Dr. Ir. A. Tupamahu, M.Si., Ko Promotor Dr. Ir. O.T.S. Ongkers dan Dr. It. D. D. Matrutty., M.Si.,  Penguji Eksternal, Prof. Dr. Ir. Najamuddin, M.Sc, Para penguji (Koordinator Prodi) Prof. Dr. Ir. J. Hiariej, M.Sc., Prof. Dr. J. W. Mosse, M.Sc., Ph.D.,  Dr. R. Tawary., S.Pi., M.Si., dan  Dr. Ir. J.M. S. Tetelepta., M.Sc., M.Phil.  Penguji Akademik Dr. Ir. H. Matakupan., M.Si., dan Dr. Haruna S.Pi., M.Si

Selamat dan Sukses…Hotumese!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.