PENGUATAN KAPASITAS (Capacity Building) AGEN PEMBANGUNAN PERDESAAN, DESA LINGKAR KAMPUS

UNPATTI,- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) berupaya untuk terus meningkatkan pembangunan manusia dan kebudayaan melalui penguatan revolusi mental pada berbagai kegiatan di lingkungan Perguruan Tinggi. Gerakan tersebut dimaksudkan untuk mewujudkan perubahan dari yang belum baik menjadi baik, dari yang baik menjadi lebih baik.

Forum Rektor Indonesia turut mendukung instruksi Presiden Nomor 12 Tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental, dengan mendorong perguruan tinggi untuk turut berperan dalam gerakan tersebut.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura mengimplementasikan Gerakan Revolusi Nasional Mental itu melalui kegiatan Penguatan Kapasitas (Capacity Building) Agen Pembangunan Perdesaan, Desa Lingkar Kampus, yang digelar 8 Desember 2020.

“Kami menyambut baik kegiatan yang digagas oleh Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pattimura. Perlu diketahui, Desa Lingkar Kampus meliputi Desa Poka, Rumatiga dan Wayame. Ada 5 kegiatan besar dari Gerakan Revolusi Nasional Mental yakni Kegiatan Gerakan Indonesia Melayani, Indonesia Tertib, Indonesia Bersih, Indonesia Mandiri dan Indonesia Bersatu. “ demikian disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Fredy Leiwakabessy, M.Pd saat membuka kegiatan “Penguatan Kapasitas (Capacity Building) Agen Pembangunan Perdesaan, Desa Lingkar Kampus”, dalam kaitan Gerakan Revolusi Nasional Mental kerjasama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan dengan Forum Rektor Indonesia. Kegiatan berlangsung di Lantai III Aula FISIP Universitas Pattimura, dengan memperhatikan Protokol Kesehatan Covid-19.

“Kami percaya, apa yang dikerjakan oleh Tim dari FISIP dengan potensi Sumberdaya Manusia yang sangat baik, akan memberikan manfaat luar biasa. Baik potensi bagi Institusi maupun bagi seluruh perangkat desa, sehingga kapasitas mereka sebagai agen pembangunan di desa masing-masing dapat berjalan dengan baik”, ujarnya.

Lanjut dikatakan, Fakultas ISIP merupakan salah satu fakultas terbaik di Universitas Pattimura dengan 2 Program Studi terakreditasi “A”. Beliau berharap, kedepan bagi Program Studi lainnya yang belum terakreditasi “A”, dapat mengikuti jejak yang ada. “ Marilah bekerja dengan baik agar Universitas Pattimura dapat terkareditasi unggul untuk peningkatan sumberdaya manusia. dan tentunya ini bagian dari upaya kita bersama untuk meningkatkan kapasitas yang bergunan nantinya bagi Institusi, masyarakat disekitas kampus dan masyarakat umumnya”, tandasnya.

Turut hadir Dekan FISIP UNPATTI, Prof. Dr. T. D. Pariela, M.A., para Wakil Dekan, para Ketua Jurusan, Sekertaris Jurusan., para Ketua Program Studi dalam lingkungan Fakultas ISIP, Camat Pulau Ambon, Kepala Desa Poka, Pejabat Desa Wayame, Kepala Pemerintahan Negeri Rumatiga, para pemateri dan juga peserta lainnya. Hotumese…!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.