PROMOSI DOKTOR CINDY REGINA MAGDALENA LOPPIES

UNPATTI,- Dosen Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Pattimura, Ir. Cindy Regina Magdalena Loppies, M.Si berhasil meraih gelar doktor usai mempertahankan disertasinya pada ujian promosi doktor di Program Studi Ilmu Kelautan Pascasarjana Universitas Pattimura Ambon, Rabu (2/12/2020).

Pada ujian yang berlangsung di Aula A Kampus PGSD Universitas Pattimura, beliau berhasil mempertahankan disertasi berjudul “Pemanfaatan Gas Limbah Produksi Asap Cair Sebagai Alternatif Pengganti karbon monoksida (CO) dan Filtered Smoke (FS) Dalam Penanganan Steak Tuna (Thunnus albacares)” dan dinyatakan lulus sangat memuaskan dengan memperoleh IPK 3.92.

Saat mempertahankan disertasinya di depan penguji yang dipimpin langsung oleh Rektor Universitas Pattimura, Prof. Dr. M. J. Saptenno, S.H, M.Hum, selaku Ketua Sidang , ia menjelaskan bahwa penelitian yang dilakukan dengan tujuan umum, menganalisis pemanfaatan gas limbah produksi asap cair sebagai alternatif pengganti gas CO dan FS dalam penanganan steak tuna (Thunnus albacores) dan empat tujuan khusus antara lain:  1. Mendeteksi komposisi dari gas limbah produksi asap cair, 2. mengetahui mutu steak tuna loin yang diberi gas CO, FS dan limbah produksi asap cair, 3. Menganalisis perubahan mioglobin steak tuna dengan penggunaan gas CO, FS dan limbah produksi asap cair, 4. Mengetahui dampak penggunaan CO, FS maupun gas limbah produksi asap cair terhadap kualitas nutrisi steak tuna.

Ia menjelaskan pula, manfaat dari penelitian ini dapat memberikan informasi tentang dampak penggunaan gas limbah asap cair terhadap perubahan warna dan mioglobin serta mutu  dan kualitas nutrisi steak tuna, sehingga pada akhirnya gas limbah produksi asap cair dapat digunakan sebagai alternatif pengganti gas CO dan FS dalam penanganan steak tuna.

“berdasarkan tujuan penelitian pertama dan ketiga maka, kebaharuan (novelty) dari penelitian ini adalah gas limbah produksi asap cair dapat menggantikan CO dan FS dalam penanganan steak tuna” tuturnya

Harapnnya untuk insitusi, kedepannya  melalui penelitian pemanfaatan gas limbah produksi asap cair sebagai alternatif pengganti CO dan filtered smoke  dalam penanganan steak tuna yang baru pertama kali dilakukan nantinya dapat dijadikan sebagai bahan ajar kepada mahasiswa. Untuk pemerintah, melalui disertasi ini merupakan  informasi awal bahwa kita sudah bisa melakukan penanganan tuna dengan tidak perlu mengimport bahan dari luar, sehingga kedepannya melalui alternatif penggunaan gas limbah asap cair masyarakat dapat memanfaatkannya untuk meningaktkan kualitas ikan tuna sehingga berpengaruh kepada nilai jual.

Ujian doktor kali ini dipromotori oleh Prof. Dr. Ir. Daniel A.N. Apituley, M.P., Kopromotor oleh Dr. Ir. Raja B. D. Sormin, M.Si dan Dr. Ir. Beni Setha, M.Si., penguji ekternal Dr. Ir. Latif Sahubawa, M.Si, penguji I. Prof. Dr. Ir. F. Riuwpassa, M.S., penguji II. Prof. Ir. T. Moniharapon, M.S., Penguji III, Dr. Ir. F. Pattipeilohy, M.Si., Penguji Akademik Dr. A. O. W. Kaya, S.Pi, M.Si dan Dr. M.R. Wenno, S.Pi, M.Si

Pada pelaksanaan ujian doktor Penguji Eksternal Dr. Ir. Latif Sahubawa, M.Si, melakukan pengujian secara virtual.

Selamat dan Sukses…Hotumese….!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published.